-->

Ikhfa Syafawi: Pengertian dan contohnya

Baik Ikhfa Syafawi, Idzhar Syafawi, ataupun Idghom Mimi yaitu pecahan-bagian hukum tajwid yang berkaitan dengan Mim Mati. Ketiganya mempunyai Tutorial baca berbeda. lantaran itu, perlu pemahaman yang baik biar mampu membedakan betul masing-masing aturan Tajwid tersebut. Sayangnya, dalam artikel ini hanya akan dibahas satu aturan saja, yaitu Ikhfa’ Syafawi. supaya berkenan.

Ikhfa Syafawi


Bila dibahas secara bahasa, pengertian ikhfa’ berarti samar. Ikhfa’ ini yaitu penanda aturan bagaimana Tutorial membaca bacaan ini nanti. Sedang begitu, Syafawi berarti hal yang terkait dengan bibir.

Disebut demikian karena ini membahas Hukum Mim Mati, sedang Mim yaitu huruf yang mempunyai makhraj di bibir. Sehingga istilah Syafawi menjadi penanda, bahwa Ikhfa’ yang dimaksud ialah Ikhfa’ dalam aturan Mim Mati.

Lantas, bagaimana Ikhfa’ Syafawi secara pengertian? Ikhfa’ Syafawi secara pengertian yaitu bacaan dikala ada mim mati yang di depannya yaitu huruf Ba’. Cukup itu, sesimpel itu.

Huruf dan Tutorial Baca Ikhfa Syafawi

Jika karakter pada Idghom Mimi yaitu Mim, maka pada aturan Ikhfa’ Syafawi, abjadnya ialah Ba’. Baik Mim ataupun Ba’, keduanya yaitu huruf hijaiyah yang dikecualikan dalam aturan bacaan Mim Mati supaya tidak dibaca Izhar. Dan lantaran abjadnya hanya satu, tentu akan mudah untuk mengingat bahwa karakter Ikhfa’ Syafawi hanyalah Ba’, bukan yang lain. Selengkapnya, baca; 30 teladan Ikhfa dalam Al-Qur’an Beserta Surat dan Ayatnya

Cara membacanya dengan menyamarkan suara Mim Mati, bukan diidghomkan meskipun Mim dan Ba’ mempunyai makhraj yang sama. Sedang dalam proses menyamarkan tersebut, terdapat suara dengung yang harus diperhatikan.

Meskipun bunyi dengungnya juga tidak terdengar dengan jelas, panjang dengung tidak kurang dari dua harakat. Dengung ini sering dipahami sebagai proses pengucapan dari Mim Mati menuju karakter Ba’.

Contoh Ikhfa Syafawi

Contoh huruf Ikhfa’ Syafawi berikut tersaji dalam bentuk tabel. Dengan penyajian semacam ini diperlukan mampu mempermudah pola-contoh tersebut untuk dianalisa dan dipahami.

No
Lafadz
Penjelasan
1
عَلَيْهِمْ بِعِلْمٍ
Pada kata pertama dalam lafadz tersebut, terdapat Mim Mati yang diikuti dengan abjad Ba’ pada awal kata berikutnya. Terjadilah aturan bacaan Ikhfa’ Syafawi.
2
وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ
Mim Mati pada kata هم, beriringan dengan huruf ب pada awal kata selanjutnya. Lafadz ini bukan dibaca Izhar, bukan dibaca Idghom, melainkan Ikhfa’ Syafawi.
3
وَهُمْ بِالْآَخِرَةِ
Seperti halnya klarifikasi pada rujukan nomor 2, pola nomor 3 ini mempunyai Mim Mati pada jawaban kata هم. lalu diteruskan oleh huruf ب pada awal kata berikutnya.

Contoh-contoh tersebut dibunyikan dengan samar. Artinya, bunyi Mim Mati tidak terdengar begitu terperinci. Terdapat suara dengung dengan panjang dua harakat saat membunyikan bacaan ini. Kaprikornus, perhatikan ini baik-baik. Jangan terburu-buru menuju abjad Ba’!. Selengkapnya, baca; 30 acuan Ikhfa Syafawi dalam Al-Quran Beserta Surat dan Ayatnya

Demikian klarifikasi terkait pengertian dan tumpuan Ikhfa Syafawi. biar sanggup membantu Anda yang tengah membutuhkan artikel semacam ini. Terima kasih.

0 Response to "Ikhfa Syafawi: Pengertian dan contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel