-->

Al Imam Ali Karromallohu Wajhah

Imam Ali kw yaitu ayah Al Hasan ra dan Al Husin ra. ia ialah anak angkat Rosululloh SAW dan merupakan salah satu menantu Rasulullah SAW. dia Imam Ali kw yaitu suami Siti Fathimah Az Zahra ra, sedang ayah dia yaitu debu Thalib bin Abdul Muttalib, salah seorang paman Rasulullah SAW, yang juga menjadi ayah angkat baginda Rasulullah SAW. dia bubuk Thalib sangat berjasa kepada Rasulullah SAW, terutama dalam menghadapi Kuffar Quraisy.

 Sebenarnya nama asli bubuk Thalib adalah Abdu Manaf. Tapi oleh lantaran putra sulungnya berjulukan Thalib, maka ia mendapat panggilan abu Thalib, yang artinya ayahnya Thalib.
Adapun ibu Imam Ali kw, ialah Fathimah binti Asad ra. dia termasuk orang-orang yang ikut hijrah ke Madinah.

 Fathimah binti Asad juga merupakan ibu angkat Rasulullah SAW, sebab sebagaimana kita ketahui, bahwa semenjak ibu kandung Rasulullah SAW wafat, dimana ketika itu dia masih berumur enam tahun, maka Fathimah binti Asadlah yang menjadi pengganti ibunya.
 Oleh lantaran itu, Rasulullah SAW merasa sangat sedih pada saat ibu angkatnya itu meninggal.
           Pada waktu pemakamannya, telah terjadi satu bencana yang tidak biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dimana ketika itu Rasulullah SAW  ikut  turun  ke dalam  kuburnya.  Kemudian  ia  merebahkan  badannya  di sebelah ibu angkatnya seraya  berdo’a dan dengan penuh harapan semoga ibunya itu tidak hingga dihimpit (dijepit ) oleh tanah.
         Demikian Fathimah binti Asad ra, ibu Imam Ali kw, hingga kini makamnya selalu diziarahi oleh banyak orang di pemakaman Baqi’ di kota Madinah.
 Dalam buku-buku sejarah disebutkan bahwa dia Imam Ali kw lahir di dalam Ka’bah. Di mana di saat ibunya sedang berada di dekat Ka’bah, tiba-tiba merasa akan melahirkan. dia segera masuk ke dalam Ka’bah dan tidak beberapa usang, lahirlah seorang bayi laki-laki yang kemudian diberi nama Ali. sesungguhnya, waktu lahir dia diberi nama Haidaroh oleh ibunya, tapi kemudian diganti Ali oleh ayahnya.

         Kemudian setelah akil balig cukup akal, Imam Ali kw dikenal sebagai seorang pahlawan yang gagah berani yang selalu mendampingi Rasulullah SAW. Beliau dikenal sebagai seorang Mujahid yang ditakuti oleh lawan-lawannya. Seorang yang telah mengalahkan pendekar-pendekar Kuffar, seolah-olah Amer bin Abdi Wud dari Mekah, Mirhab dari Khaibar serta pendekar-pendekar Kuffar yang lain yang tidak terhitung banyaknya.
          Dalam kehidupan sehari-hari, Imam Ali kw dikenal sebagai orang yang wara’ (sangat berhati-hati dalam masalah aturan syariat), serta dikenal sebagai orang yang taat beribadah. Hal ini sesuai dengan kesaksian Siti Aisyah Ummul Mu’minin, dimana ia pernah berkata bahwa dari orang pria yang paling dicintai Rasulullah SAW ialah suami Fathimah (Imam Ali kw). Seorang yang menurut Siti Aisyah ra, sebagai orang yang tekun melakukan shalat dan puasa.
          Imam Ali kw juga dikenal sebagai orang yang alim, yang menguasai berbagai ilmu agama. Rasulullah Saw pernah bersabda:

أنا مَدِينَةُ العِلْمِ وَعَلِىٌّ بَابُهَا
( الترمذى والحاكم والطبرانى والبزار )
“Saya ialah kotanya ilmu dan Ali yaitu pintunya.”
(HR Thurmudhi, Hakim, Thobaroni dan Bazzar)

           Di samping sifat-sifat mulia itu semua, Imam Ali kw adalah salah seorang Ahlul Bait, yang telah disucikan sesuci-sucinya oleh Allah SWT.        
           Allah berfirman:
  اِنَّمَا يُرِيدُ الله لِيُذْهِبَ عَنْكُمْ الرِّجْسَ اَهْل البَيت وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا
                                                  ( الاحزاب : 33 )
           “Sesungguhnya Allah hendak menghapuskan segala noda dan kotoran (dosa) dari kalian Ahlul Bait dan hendak mensucikan kalian sesuci-sucinya.”                             
                                                                                                   (QS. Al Ahzab: 33)
          Selain mendapat keistimewaan dan keutamaan yang diberikan oleh Allah kepada Ahlul Bait, Imam Ali kw juga mendapat keistimewaan-keistimewaan yang diberikan oleh Allah kepada para Sahabat. Hal mana karena dia disamping sebagai seorang Ahlul Bait, beliau juga termasuk sahabat Rasulullah SAW.

           dia ialah orang yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya serta dicintai oleh setiap Mu’min.
           Hal ini dikuatkan oleh keterangan Rasulullah SAW, di mana menjelang perang Khaibar dia berkata kepada para teman: “Besok aku akan memberi (menyerahkan) bendera kepada seorang yang mencintai Allah dan RasulNya serta dicintai oleh Allah dan RasulNya.”
           Ternyata besoknya yang diberi bendera adalah Imam Ali kw, sang hero yang ditakuti oleh lawan-lawannya.
              Dalam Sahih Bukhari juga disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda kepada Imam Ali:
أنْتَ مِنِّى وَأنَا مِنْكَ                   ( البخارى )
 Engkau sebagian dari saya dan saya sebagian darimu.”
                                                                         (HR. Bukhari)
         Kemudian Rasulullah SAW juga pernah bersabda:
لاَ يُحِبّكَ  اِلاّ  مُؤْمِنٌ  وَلاَ  يُبْغِضُكَ اِلاّ  مُنَا فِقْ  
                    ( مسلم وترمذى )
  “Tidaklah mengasihimu, kecuali seorang Mu’min dan tidaklah membencimu, kecuali seorang Munafiq.”
                                                       (HR. Muslim, Turmidzi )
        Begitu pula Abi Said Al Khudri ra pernah berkata;

اِنَّ كُنَّا لَنَعْرِفُ المُنافِقِين بِبُغْضِهِمْ عَلِى بن ابى طالب
                                  ( الترمذى )
Kita dahulu mengetahui orang orang Munafig, dengan kebencian mereka kepada Ali bin Abi Tholib.                                                                  ( HR Thurmudhi )

Namun antara para sahabat, mereka saling menghormati dan mencintai.
Pernah terjadi, satu ketika Rasulullah SAW sedang duduk-duduk di masjid bersama para teman. Ruangan itu penuh sesak, hampir tidak ada tempat lagi bagi orang yang baru datang. Mereka dengan khusyu’ mendengarkan petuah-petuah Rasulullah SAW. Bagaikan ada burung yang hinggap diatas kepala mereka.Begitulah akhlak anak bimbing Rasulullah SAW .
           Dalam suasana yang demikian itu, tiba-tiba muncul Imam Ali kw. Dan seolah-olah biasanya ia pribadi mencari daerah duduk. Tapi rupanya saat itu ruangan masjid benar-benar penuh.
           Pada saat Imam Ali kw melihat ke kanan dan ke kiri mencari daerah, tiba-tiba Sayyidina Abu Bakar ra yang duduk disebelah Rasulullah SAW bergeser-geser dan sambil memberi arahan memanggil Imam Ali kw untuk duduk diantara dirinya dan Rasulullah SAW.
         Melihat apa yang dilakukan oleh Sayyidina bubukbakar ra tersebut, Rasulullah SAW segera menoleh ke Sayyidina bubukbakar ra dan berkata:
لاَ يَعْرِفُ الفَضْل لاَِهْلِ الفَضْل اِلآ ذَوُو الفَضْل
(الرياض النظرة وفضائل الصحابة والال للنقشبندى، وابن السمان)
           “Tidak mengetahui keutamaan bagi orang yang utama terkecuali orang yang utama.”
Demikian para teman, mereka saling kasih sayang dan saling hormat menghormati. mampu kita lihat bagaimana Tutorial Sayyidina abubakar ra memberi tempat kepada Imam Ali kw.
Bukannya dia yang memilih mendekat ke Rasulullah SAW, tapi beliau justru memberi kesempatan kepada Imam Ali untuk duduk di sebelah Rasulullah SAW.
 Hal ini memperlihatkan adanya relasi yang sangat baik dan saling menghormati antara Imam Ali kw dengan para teman lantarannya kami tidak sependapat dengan golongan Syi’ah yang suka menggambarkan seakan-akan Imam Ali kw itu dimusuhi  para teman.
 Sebab terperinci sekali, bahwa pendapat yang demikian itu tidak didukung oleh bukti-bukti yang sayarat. Tujuan mereka hanya akan menyerang dan menjelekkan para sahabat. Padahal kesannya justru dapat mendiskriditkan Imam Ali kw.
 Benar apa yang pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW bahwa kelak akan ada satu golongan yang sepintas lalu seakan-akan menyayangi Ahlul Bait, dan tanda-tanda mereka suka mencaci maki debu Bakar dan Umar.
   Kalau mereka itu benar-benar menyayangi Imam Ali kw, maka semestinya mereka harus mengikuti Imam Ali kw. Tapi kenyataannya mereka itu justru tidak suka mengikuti apa-apa yang dikerjakan dan diajarkan oleh Imam Ali kw. Sebagai contoh, lihat Cara mereka memperingati hari Asyura, samakah dengan apa yang dikerjakan oleh Imam Ali kw ? 
   ( Mengenai hari Asyura tersebut, kami akan bahas tersendiri ).

            Diantara keistimewaan Imam Ali kw yaitu bahwa beliau itu tidak pernah sujud kepada berhala. Itulah sebabnya para ulama ketika menyebut nama ia selalu ditambah dengan kata “Karromallahu Wajhahu” dan dalam tulusan-tulisan sering disingkat dengan KW.
Kemudian ia juga dikenal sebagai orang yang pertama masuk islam dari kalangan anak anak, sebab dikala itu umur Imam Ali kw gres sepuluh tahun, bahkan ada riwayat lain yang menyampaikan delapan tahun.
Begitu pula dia juga dikenal sebagai orang laki laki pertama yang sholat bersama Rosululloh SAW.
Dalam hal ini Zeid bin Argom berkata;

اَوَّلُ مَنْ صَلَّى مَعَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم عَلِىّ
                                  ( رواه احمد )
 Orang yang pertama sholat bersama Rosululloh SAW adalah Ali.
                                                                           ( HR. Ahmad )

Imam Ali kw juga pernah berkata:

اَنَا اَوَّلُ رَجُل صَلَّى مَعَ رسول الله صلى الله عليه وسلم
                                    ( رواه احمد )
Saya adalah orang laki pertama yang Sholat bersama Rosululloh SAW.
                                                                                                      ( HR. Ahmad )

           Adapun mengenai wafat Imam Ali kw, maka semua hebat sejarah menyatakan bahwa Imam Ali kw wafat di kota Kufah. ia dipukul dengan pedang oleh Abdurahman bin Mul’jam, seorang yang asalnya Syi’ah, kemudian berhianat dan bergabung dengan Khowarij, gara-gara Imam Ali kw berdamai dengan sahabat Muawiyah.

           Yang disayangkan, makam Imam Ali kw tidak diketahui dengan niscaya. Namun riwayat yang besar lengan berkuasa menyatakan ia dimakamkan malam hari di Darul Imaroh di Kota Kufah. Rupanya waktu itu oleh keluarganya dirahasiakan, sebab takut dari orang-orang Khawarij, yang dikuatirkan akan menggali makam beliau. Begitu pula mungkin takut dari pengikut-pengikut Ibin Saba’ (orang-orang Syi’ah) yang selalu mengkultuskan beliau, bahkan dikala itu ada yang menganggapnya sebagai dewa.
Bertindak selaku imam dalam sholat jinazah ialah Sayyidina Hasan ra.

             Tapi yang aneh, orang-orang Syi’ah sekarang beranggapan bahwa makam Imam Ali kw berada di kota Najaf di Irak.
             Padahal jarak antara kota Kufah dengan kota Najaf lebih kurang tujuh puluh kilometer dan ketika itu untuk membawa mayat beliau ke Najaf akan memakan waktu berhari-hari.
              Makara tidak mungkin makam itu merupakan makam Imam Ali kw. karenanya tidak ada ulama Sunni yang mengatakan bahwa itu yaitu makam Imam Ali kw.
              jika makam yang ada di Najaf itu benar-benar makam Imam Ali kw, pasti yang lebih tahu adalah keturunan Imam Ali kw, yaitu para Habaib. Tapi kenyataannya tidak satu orangpun dari para Habaib yang menyampaikan dan mengakui bahwa itu ialah makam Imam Ali kw.
              Adapun mengenai makam yang ada di Najaf tersebut, maka berdasarkan beberapa ulama, bahwa makam tersebu ialah makam Mughiroh bin Syu’bah. Tapi oleh pengikut-pengikut Ibin Saba’, sejak kala ketiga makam itu disulap menjadi makam Imam Ali kw.
              Rupanya mereka menyesal, setelah diantara mereka ada yang membunuh Imam Ali kw. karenanya dalam usahanya menutupi perbuatan mereka yang biadab itu, dibuatlah daerah untuk memuja Imam Ali kw, dan sekaligus sebagai kawasan untuk menyesali perbuatan mereka.
              Selanjutnya untuk menguatkan pendapat mereka tersebut oleh ulama-ulama Syi’ah, dibuatkan kisah-cerita palsu dengan mencatut nama Imam Ja’far As-Shodiq ra.

Sumber dari buku "Amirulmukminin Ali Bin Abi Tholib Wa Ahlul Kisa' "

0 Response to "Al Imam Ali Karromallohu Wajhah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel