-->

ISLAM (Bag.1-Babul Minan)

Bismillahirrahmanirrahim...

Segala Puji bagi dewa seru sekalian Alam. Dan Shalawat  dan sejahtera atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan sahabatnya. Waba'du, lalu dari pada itu maka Rukun Islam Lima masalah : Pertama mengucap dua kalimat syahadat, Ke dua sembahyang lima waktu, ke tiga memberi zakat jika ada hartanya, Ke empat puasa bulan Ramadhan, Ke lima pergi haji jika mampu pergi.

Adapun artinya Islam ialah menerima segala perintah Allah Ta'ala dan menjauhkan segala larangannya.

Adapun yang dikata Orang Islam itulah yang mengucap dua kalimat syahadat dan sembahyang puasa.

Adapun artinya akidah yaitu percaya. Dan Rukun-rukunnya enam kasus : Pertama Percaya pada Allah Ta'ala bahwa Allah Ta'ala dewa yang menjadikan Sekalian Alam, Ke dua Percaya pada Malaikat bahwa mereka itu hamba Allah yang mulia yang amat berdasarkan perintah Allah Ta'ala, Ke tiga Percaya kepada sekalian Kitab yang turun dari langit kepada sekalian Rasul, Ke empat Percaya pada sekalian Rasul, Ke Lima Percaya pada Hari akhir zaman dari pada shiroth dan timbangan 'amal dan syurga dan neraka dan Syafa'ah Nabi Muhammad SAW, Ke enam Percaya kepada takdir yang kuasa Allah Ta'ala atas tiap-tiap sesuatu yang Jadi atau yang tidak Jadi.

Adapun Artinya "Asyhadu An laa ilaha illallah" - aku Ketahui dan aku i'tiqad didalam hati ku dan saya nyatakan pada lain dari pada ku bekerjsama Tiada tuhan yang di sembah dengan sebenar-benarnya Hanya Allah Ta'ala dan bantu-membantu Allah Ta'ala kaya dari pada lainnya dan tiap-tiap lainnya berkehendak kepada-Nya.

Dan Artinya "Wa Asyhadu anna Muhammadarrosulullah" - saya Ketahui dan saya i'tiqad di dalam Hati ku dan aku nyatakan pada yang lain dari pada ku  bantu-membantu Nabi Muhammad Hamba Allah dan Pesuruhnya ke pada sekalian Makhluk dan Benar Nabi Muhammad didalam tiap-tiap perkataannya dan perintahnya atau larangannya, bahu-membahu sekalian itu dari pada Allah Ta'ala.

Wallahu a'lam...

Sumber : Kitab "Babul Minan-Pintu segala pengasih didalam masalah rukun-rukun,Halaman 2-3" Karangan Hb.Utsman Bin Abdullah Bin 'Aqil Bin Yahya Al-'Alwi.


Note : Mohon Maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan Ayat,Hadits,Arti,Nama,Gelar/Pangkat. :)

0 Response to "ISLAM (Bag.1-Babul Minan)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel