-->

Menelusuri Tradisi Islam di Nusantara

Tradisi Islam di Nusantara ini muncul sebagai akibat anutan agama yang dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran Islam akan merasuk ke dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat hingga menjadi tradisi dan tata cara hidup. Sebelum kedatangan Islam masyarakat Nusantara telah memeluk agama Hindu-Buddha, sehingga penduduk Nusantara telah mempunyai budaya, tata cara hidup dan etika yang mengakar kuat. Tumbuhnya Islam mengakibatkan adanya akulturasi budaya.

Akulturasi merupakan proses percampuran antara unsur kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain sehingga terbentuk kebudayaan yang gres tanpa menghilangkan sama sekali ciri khas masing-masing kebudayaan lama. Kedatangan anutan Islam di Nusantara juga mengalami proses akulturasi dengan kebudayaan Nusantara dikala itu. Berikut ini yaitu seni budaya Nusantara yang telah mendapatkan pengaruh dari aliran Islam.

A. Nama-Nama Bulan dalam Jawa
Masuknya Islam ke Indonesia, membawa pengaruh pada sistem penanggalan. Islam memakai kalender Hijriah yang berpatokan pada perputaran bulan. Bentuk akulturasi antara penanggalan Islam dengan penanggalan Jawa dapat terlihat pada penamaan bulan sebagai berikut:
No Bulan Hijriyah Bulan Jawa Jumlah Hari
1 Muharam Sura 30
2 Safar Sapar 29
3 Rabi’ul awwal Mulud 30
4 Rabi’ul akhir Bakda mulud 29
5 Jumadil awal Jumadil awal 30
6 Jumadil balasan Jumadilakir 29
7 Rajab Rejeb 29
8 Sya’ban Ruwah 29
9 Ramadhan Pasa 30
10 Syawal Sawal 29
11 Zulqaidah Apit 30
12 Zulhijjah Besar 29/30/(29/30)
Jumlah 354/355

B. Seni Bangunan Masjid
Wujud akulturasi terlihat dalam bangunan masjid kuno, yaitu dilihat dari bentuk bangunan, menara dan letak masjid.
  1. Kebanyakan bentuk bangunan masjid di Jawa berbentuk seperti pendopo yang berbentuk bujur sangkar dan tersusun ke atas semakin kecil dan tingkat teratas disebut dengan limas. Jumlah tumpang biasanya gasal. Bentuk masjid seakan-akan ini disebut dengan meru. Bentuk tumpang ini merupakan akulturasi dengan Hindu, di mana pura milik orang Hindu berbentuk tumpang.
  2. Menara berfungsi sebagai tempat menyerukan azan. Bentuk akulturasi ini terlihat pada menara Masjid Kudus yang terbuat dari terakota yang tersusun seolah-olah candi, sedangkan di Banten bentuk menara menyerupai mercusuar di Eropa.
  3. Kebanyakan masjid di Indonesia terletak di sebelah barat alun-alun istana atau keraton. Selain itu masjid juga diletakkan akrab dengan makam, terutama makam raja-raja.
Seni Bangunan Masjid
C. Seni Ukir dan Kaligrafi
Seni ukir yang dimaksud yaitu seni ukir hias untuk hiasan masjid, bangunan makam di kepingan jirat, nisan, cungkup dan tiang cungkup. Seni ukir hias ini antara lain berupa dedaunan, motif bunga (teratai), bukit-bukti karang, panorama alam, dan tabrakan kaligrafi.
Kaligrafi
Kaligrafi adalah seni menulis indah dengan merangkaikan karakter-huruf Arab atau ayat suci al-Qur'an, hadis, asma Allah Swt., shalawat maupun kata-kata hikmah sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Kaligrafi Islam sering disebut dengan istilah khat. Kaligrafi sebagai motif hiasan dapat dijumpai di masjid-masjid kuno, seolah-olah ukir-ukiran yang terdapat pada masjid di Jepara dan sekitarnya.

D. Seni Tari
Di beberapa daerah di Indonesia terdapat bentuk-bentuk tarian yang berkaitan dengan bacaan shalawat.
  1. Tari Zipin ialah sebuah tarian yang mengiringi musik qasidah dan gambus. Musik yang yang mengiringinya berirama padang pasir atau tempat Timur Tengah. Tari Zipin biasa dipentaskan pada upacara atau perayaan tertentu misalnya: khitanan, ijab kabul dan peringatan hari besar Islam lainnya. 
  2. Tari Seudati dari Aceh. Seudati berasal dari kata Syaidati yang berarti permainan orang-orang besar. Disebut sebagai Tari Saman lantaran mula-mula permainan ini dimainkan oleh delapan orang. Saman berasal dari bahasa Arab yang artinya delapan. Dalam tari Seudati para penari menyanyikan lagu tertentu yang berupa shalawat
Tari Zipin
E. Seni Musik
Kebudayaan Islam kita juga mengenal seni musik berupa rebana, hadrah, qasidah, nasyid dan gambus yang melantunkan lagu-lagu dengan syair Islami.
  1. Hadrah ialah salah satu jenis alat musik yang bernafaskan Islam. Lagu-lagu yang dibawakan yaitu lagu yang bernuansa Islami yaitu tentang pujian kepada Allah Swt. dan sanjungan kepada Nabi Muhammad saw. 
  2. Qasidah artinya suatu jenis seni bunyi yang menampilkan nasihat-nasihat keislaman. Lagu dan syairnya banyak mengandung dakwah Islamiyah yang berupa nasihat-nasihat, shalawat kepada Nabi dan doa-doa.
  3. Biasanya qasidah diiringi dengan musik rebana. Sejarah pertama kali penggunaan musik rebana ialah ketika Rasulullah saw. hijrah dari Mekah menuju Madinah. Sesampainya di Madinah Rasulullah saw. disambut dengan meriah di Madinah dengan lantunan musik rebana.
Qasidah
F. Seni Pertunjukan
Seni pertunjukkan wayang kulit merupakan perpaduan kebudayaan Jawa dengan unsur keislaman. Dahulunya lukisan seperti bentuk insan, kemudian para wali mengubah bentuknya. Dari yang semula lukisan wajahnya menghadap lurus kemudian agak dimiringkan.
Seni Pertunjukan
Sumber kisah dalam mementaskan wayang diilhami dari Kitab Ramayana dan Mahabarata. Tentunya para Wali mengubahnya menjadi cerita-cerita keislaman, sehingga tidak ada unsur kemusyrikan di dalamnya. Salah satu lakon yang terkenal dalam pewayangan ini ialah Jimas Kalimasada yang dalam Islam diterjemahkan menjadi Jimad Kalimat Syahadat.

G. Seni Sastra
Ditinjau dari corak dan isinya, kesusastraan zaman Islam dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis karya sastra yang sesuai dengan anutan Islam di antaranya sebagai berikut.
  1. Babad yaitu dongeng yang sengaja diubah sebagai cerita sejarah. Babad merupakan gabungan antara fakta sejarah, mitos dan doktrin. Contohnya Babad Tanah Jawi, Babad Cirebon, Babad Mataram, Babad Surakarta, Babad Giyanti, dan Babad Pakepung. Di tempat Melayu, babad dikenal dengan nama sejarah sarasilah (silsilah) atau tambo, yang juga diberi judul hikayat. Contohnya Tambo Minangkabau, Hikayat Raja-raja Pasai, dan Hikayat Sarasilah Perak.
  2. Hikayat adalah dongeng atau dongeng yang biasanya penuh dengan keajaiban dan abnormalitas.  Di antara hikayat yang terkenal adalah hikayat Raja-raja Pasai, Hikayat 1001 malam, Hikayat Bayan Budiman dan lain-lain.
  3. Suluk adalah kitab-kitab yang menguraikan soal tasawuf. Sunan Bonang berbagi ilmu suluk dalam bentuk puisi yang dibukukan dalam Kitab Bonang. Hamzah Fansuri menghasilkan karya sastra dalam bentuk puisi yang bernafaskan keislaman, contohnya Syair Perahu dan Syair Dagang. Syekh Yusuf, seorang ulama Makassar yang diangkat sebagai pujangga di kerajaan Banten, berhasil menulis beberapa buku wacana tasawuf.
Hikayat 1001 malam
H. Kesenian Debus
Kesenian debus difungsikan sebagai alat untuk membangkitkan semangat para pejuang dalam melawan penjajah. Debus merupakan seni bela diri untuk memupuk rasa percaya diri dalam menghadapi musuh.
Pertunjukan Debus
Kesenian ini mempertunjukkan aksi kekebalan tubuh terhadap benda-benda tajam. Filosofi  dari kesenian ini yaitu kepasrahan kepada Allah Swt. yang menyebabkan mereka memiliki kekuatan untuk menghadapi ancaman.

0 Response to "Menelusuri Tradisi Islam di Nusantara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel