-->

Pengertian Istifal, Tutorial Membaca, aksara, dan misalnya di al-Qur’an


Mengerti sifat karakter adalah hal penting yang perlu dipelajari saat membaca Quran. Salah satu macam sifat karakter hijaiyah itu ada yang disebut dengan istifal. Lantas, apa sebenarnya pengertian istifal, Tutorial membaca, karakter, dan contohnya di al-Qur’an? Berikut ini ulasannya.

Istifal


Istifal sering disandingkan dengan isti’la’. Pasalnya dua sifat ini yaitu dua sifat yang saling bertolak belakang. bila istifal artinya merendahkan-dan ini yaitu makna istifal dari segi bahasa, maka isti’la’ adalah artinya naik.

Bagaimana penjelasan istifal secara istilah? Secara istilah, istifal didefinisikan dengan melebarkan lidah jauh dari langit-langit dikala tengah mengucapkan karakter-huruf istifal. Jauh dari langit-langit artinya merendah hingga erat pada cuilan ekspresi bawah.

Cara Membaca Istifal


Huruf hijaiyah istifal dibaca dengan menjauhkan lidah dari langit-langit. pengecap cenderung melebar semacam ganjal pada rongga lisan potongan bawah. Tutorial ini tentu sangat berbeda dengan Tutorial baca huruf lawan dari istifal. karakter isti’la’ dibaca dengan mendekatkan pengecap ke langit-langit.

Dalam kitab-kitab hukum tajwid juga disebutkan, sifat istifal dimiliki oleh tarqiq. Artinya, setiap aksara istifal selalu dibaca tipis atau tarqiq. Atau dibaca secara ramping. ekspresi tidak akan menjadi penuh dikala mengucapkan karakter-huruf yang tarqiq.

Huruf Istifal


Sudah ditulis di atas, bahwa huruf yang sudah memiliki sifat isti’la’ tidak akan memiliki sifat istifal. Lantas apa saja aksara-huruf yang mempunyai sifat istifal? Berikut ini karakter-hurufnya:

  1. Huruf tsa’. Selain mempunyai sifat istifal, aksara ini juga memiliki sifat hams, rokhowah, infitah, juga ishmat.
  2. Huruf ba’. abjad ini memiliki sifat istifal, jahr, syiddah, infitah, idzlaq, juga qalqalah.
  3. Huruf ta’. huruf ta’ mempunyai istifal, hams, syiddah, infitah, juga ishmat.
  4. Huruf ‘ain. Selain istifal, sifat yang dimiliki huruf ‘ain ialah sifat jahr, pertengahan antara syiddah dan rokhowah, infitah, juga ishmat.
  5. Huruf za’. huruf ini mempunyai sifat istifal, jahr, rokhowah, infitah, ishmat, juga shofir.
  6. Huruf mim. Selain istifal, aksara ini memiliki sifat jahr, tawasuth, infitah, juga idzlaq.
  7. Huruf Nun. adalah menjadi belahan ulasan pengertian istifal, Tutorial membaca, abjad, dan polanya di al-Qur’an, menyebut sifat-sifat karakter nun. huruf nun mempunyai sifat istifal, infitah, idzlaq, juga tawasuth antara rokhowah dan syiddah.
  8. Huruf ya’. Sifat abjad ya’ yaitu istifal. Selain itu ada sifat lain yang juga dimiliki ya’, yaitu: sifat jahr, rokhowah, infitah, juga ishmat. Menariknya, kalau aksara ini dimatikan dan sebelumnya ialah huruf dengan harakat fathah, aksara ya’ juga akan memiliki sifat layn.
  9. Huruf jim. aksara jim mempunyai sifat istifal, jahr, syiddah, infitah, juga qalqalah.
  10. Huruf wawu. Wawu merupakan karakter yang memiliki sifat istifal. Tetapi, karakter ini juga memiliki sifat jahr, rakhawah, infitah, dan ishmat. Menariknya, jikalau aksara wawu ini mati, sedang sebelumnya terdapat aksara yang menyandang harakat fathah, maka karakter wawu akan mempunyai satu sifat lagi. Sifat tersebut yaitu sifat layn.
  11. Huruf dal. aksara dal ialah penggalan dari huruf yang memiliki sifat istifal. Namun, dal juga mempunyai sifat lain. Sifat tersebut yaitu sifat jahr, syiddah, infitah, ishmat, juga qalqalah.
  12. Huruf cha’. Tidak hanya memiliki sifat istifal, karakter ini juga memiliki sifat hams, rokhowah, infitah, juga ishmat.
  13. Huruf ra’. huruf ra’ memiliki sifat istifal, jahr, tawasuth, infitah, idzlaq, inhiraf, juga tikrar.
  14. Huruf fa’. Sifat aksara fa’ ialah istifal, hams, rokhowah, infitah, juga idzlaq.
  15. Huruf ha’. Sifat abjad ha’ adalah istifal, hams, rokhowah, infitah, juga ishmat.
  16. Huruf hamzah. Selain istifal, sifat abjad ini adalah jahr, syiddah, infitah, juga ishmat.
  17. Huruf dzal. abjad ini mempunyai sifat istifal, jahr, rakhawah, infitah, juga ishmat.
  18. Huruf sin. Selain istifal, karakter sin juga mempunyai sifat hams, rokhowah, infitah, ishmat, juga shofir.
  19. Huruf lam, sifatnya yaitu istifal, infitah, tawasuth, jahr, idzlaq, juga inhiraf.
  20. Huruf syin. Sifatnya ialah istifal, hams, rokhowah, infitah, ishmat, juga tafasyi.
  21. Huruf kaf. Sifatnya ialah istifal, hams, syiddah, infitah, juga ishmat.

Contoh Bacaan Istifal


Dalam lafadz يَعْمَلُون, Anda akan rasakan bagaimana pengecap turun ke dasar ekspresi ketika mengucapkan karakter ya’. Demikian juga ketika mengucapkan karakter ‘ain yang mati, huruf mim, juga lam. Semua itu dapat Anda rasakan dengan mengucapkannya pelan.

Demikian ulasan ihwal pengertian istifal, Tutorial membaca, karakter, dan teladannya di al-Qur’an. biar dengan adanya tulisan ini bisa menyampaikan wawasan, pengetahuan, serta bermanfaat ya bagi pembaca sekalian. Salam.

0 Response to "Pengertian Istifal, Tutorial Membaca, aksara, dan misalnya di al-Qur’an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel