-->

Pengertian Hams, Tutorial Membaca, karakter, dan misalnya di al-Qur’an

Masing-masing abjad memiliki sifat-sifat tersendiri. Sifat-sifat ini menjadi penggalan yang tidak mampu dipisahkan dari proses membaca al-Qur’an. Dan salah satu sifat abjad yang akan diulas di sini adalah sifat hams. Apa pengertian hams, Tutorial membaca, aksara, dan acuannya di al-Qur’an? Simak yang berikut ini.

Hams


Hams merupakan sifat terbalik dari sifat jahr. lantarannya, keduanya sering disandingkan untuk menjadi perbandingan. Jahr berarti terperinci, sedang hams berarti samar. Kedua sifat ini memang berlawanan.

Bagaimana dengan pengertian hams secara istilah? Secara istilah, hams diartikan dengan bunyi lemah lantaran tekanan pada makhraj keluarnya aksara tersebut juga lemah. Inilah yang menyebabkan pengucapan huruf hams menyisakan hembusan nafas.

Hembusan nafas yang mengikuti pengucapan karakter hams juga menjadi bagian dari alasan huruf-huruf tersebut disebut dengan hams. Tentu ini menarik mengingat tidak banyak orang memperhatikan hal ini saat mengucapkan aksara-huruf yang mempunyai sifat hams.

Cara Membaca Hams


Makna dari abjad hams adalah huruf-huruf yang dikeluarkan bersama dengan keluarnya nafas. Pengucapannya pun harus demikian. Harus ada nafas yang keluar. Namun tentu tidak dengan jalan dipaksakan. Hal itu bisa dirasakan dikala seseorang benar-benar mengucapkan karakter-huruf hams.

Jika seseorang mengucapkan huruf-huruf hams tanpa mengeluarkan nafas, berarti ada yang salah dengan Cara pengucapannya. Namun demikian, dengan Tutorial yang benar, sebetulnya seseorang telah mampu memberikan sifat hams pada huruf yang mempunyai sifat ini. Hanya saja, seseorang perlu tahu aksara tertentu memiliki sifat hams, untuk menguatkan sifat tersebut pada abjad yang diucapkan.

Huruf Hams


Apa saja abjad hams itu? Jumlah abjad hams adalah sepuluh. Lebih simpel bila karakter-huruf tersebut diingat dengan lafadz سكت فحثه شخص. Dan suplemen lagi, aksara hams tersebut tidak hanya mempunyai satu sifat saja. Satu karakter bisa mempunyai tiga atau lebih sifat. lantaran itu, bukan artinya abjad yang memiliki sifat hams tidak akan memiliki sifat yang lainnya.

Dalam ulasan pengertian hams, Cara membaca, karakter, dan polanya di al-Qur’an, akan disebutkan aksara hams dan sifat lain yang dimiliki aksara-huruf tersebut;

  1. Huruf sin. huruf sin menjadi salah satu aksara yang memiliki sifat hams. Meski demikian, huruf ini juga mempunyai lima sifat lainnya. Sifat-sifat tersebut ialah sifat rokhowah, istifal, infitah, ishmat, juga shofir.
  2. Huruf kaf. karakter kaf juga menjadi salah satu huruf yang memiliki sifat hams. Tetapi, selain sifat hams, aksara kaf juga memiliki empat sifat lainnya. Keempatnya ialah sifat syiddah, istifal, infitah, juga ishmat.
  3. Huruf ta’. huruf ta’ mempunyai sifat hams. Sifat lain yang dimilikinya yaitu sifat sifat syiddah, istifal, infitah, juga ishmat.
  4. Huruf fa’. Bukan hanya memiliki sifat hams, abjad fa’ juga memiliki sifat rokhowah, istifal, infitah, juga idzlaq.
  5. Huruf cha’. karakter cha’ ialah abjad yang memiliki sifat hams. Namun begitu, aksara cha’ juga mempunyai sifat rokhowah, istifal, infitah, juga ishmat.
  6. Huruf tsa’. abjad tsa’ yaitu salah satu karakter hams. Selain memiliki sifat hams, karakter tsa’ juga memiliki sifat seperti halnya abjad cha’, yaitu sifat rokhowah, istifal, infitah, juga ishmat.
  7. Huruf ha’. aksara ha’ yaitu serpihan dari abjad yang mempunyai sifat hams. Selain itu, sifat dari huruf ha’ yaitu sifat rokhowah, istifal, infitah, juga ishmat. Sehingga total sifat dari aksara ha’ ada 5.
  8. Huruf syin. huruf syin merupakan salah satu karakter hams. Tetapi, abjad ini juga memiliki sifat rokhowah, istifal, infitah, ishmat, juga tafasyi.
  9. Huruf kha’. Salah satu abjad hams adalah kha’. Selain hams, karakter kha’ juga mempunyai sifat rokhowah, isti’la’, infitah, juga ishmat.
  10. Huruf shad. Sifat huruf shad adalah hams. Sifat lain yang dimilikinya adalah sifat rokhowah, isti’la’, ithbaq, ishmat, juga shofir.

Contoh Hams

Berikut ini merupakan teladan hams yang mampu ditemukan dalam huruf hijaiyah. Antara lain sebagai berikut;

Silakan baca lafadz berikut:
مِنْ اَفْوَاهِهِمْ
Rasakan, saat anda mengucapkan abjad fa’, Anda akan mencicipi ada udara yang terdorong keluar dari lisan Anda. Demikian juga ketika Anda mengucapkan karakter ha’ pada acuan tersebut. Untuk memastikan, silakan letakkan telapak tangan di depan ekspresi Anda. Anda pasti bisa melihatnya dengan lebih terperinci.

Demikian ulasan ihwal pengertian hams, Cara membaca, huruf, dan polanya di dalam al-Qur’an. biar bisa dipahami dan memberikan kebermanfaatan bagi segenap pembaca sekalian ya, Salam dan trimakasih.

0 Response to "Pengertian Hams, Tutorial Membaca, karakter, dan misalnya di al-Qur’an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel