-->

“Tanwin” Pengertian, Cara Baca, dan contohnya Lengkap


Tanwin menjadi salah satu bahasan yang sangat penting dalam ilmu mencar ilmu membaca Al Alquran atau yang biasa juga disebut Ilmu Tajwid. Oleh lantaran itulah pada klarifikasi kali ini akan menyampaikan pembahasan mengenai pengertian, Tutorial baca, dan contoh bacaan tanwin.

Tanwin

Tanwin. Secara pengertian, Tanwin (تنوين) ialah harakat atau tanda baca yang terdapat pada akibat kata dalam gramatikal Bahasa Arab. Biasanya pengucapan Tanwin disamakan dengan pengucapan nun mati. Sehingga, seolah-olah ada nun mati pada akibat kata tersebut.

Jenis-Jenis Tanwin

Tanwin ini mampu dibagi menjadi tiga macam meskipun secara penulisan sama dengan penulisan harakat lainnya. cuilan tulisan tanwin tersebut antara lain adalah sebagai berikut;
  • Tanwin yang ditulis dengan fathah dobel (ــً).
  • Tanwin kasrotan yang ditulis seperti kasroh dobel (ــٍ).
  • Tanwin dlummatan yang ditulis seolah-olah dlummah dobel (ــٌ).

Cara Membaca Tanwin

Ada 5 Cara membaca Tanwin dikala bertemu dengan huruf Hijaiyyah. Tutorial ini juga berlaku sama saat ada nun mati bertemu dengan karakter Hijaiyyah. Itu lantaran Tanwin dan nun mati memiliki bunyi sama, meski secara tulisannya berbeda. Atau, jikalau ditulis dalam bahasa indonesia, bunyi ini menyerupai dengan bunyi aksara konsonan ‘n’ pada akibat kata.

Baiklah, baca lagi artikelnya untuk mengetahui klarifikasi Cara membaca Tanwin saat bertemu huruf Hijaiyyah.


Idhar Halqi (اظهار حلقي)

Ketika ada Tanwin bertemu dengan salah satu dari aksara أ, هـ, ح, خ, ع, غ maka Tutorial membacanya harus jelas. dihentikan ada dengung, dihentikan samar, juga dihentikan terdengar memantul. Bunyi nun mati yang ada pada Tanwin harus benar-benar terlihat.

Idhar sendiri berarti jelas. Sedang istilah Halqi mengacu pada huruf Hijaiyyah yang mewajibkan Tanwin dibaca Idhar. Sehingga, dari dua istilah itu, Cara baca Tanwin dikala bertemu karakter Halqi yang ada enam itu, disebut Idhar Halqi.

Contoh Idhar Halqi ialah سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ. pola ini terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 6. Dalam contoh itu, ada dlummatan bertemu dengan huruf ع. acuan lain adalah lafadz قَوْلاً غَيْرَ. Pada pola tersebut, ada fathatan yang bertemu dengan aksara غ. pola ini masih diambil dari Surat Al Baqarah, tetapi dari ayat ke-59.


Idgham Bighunnah (ادغام بغنّة)

Cara baca ini digunakan ketika Tanwin bertemu dengan salah satu dari aksara ي, ن, م, و. Caranya? bunyi Tanwin dimasukkan ke dalam karakter berikutnya. lalu, disertai dengan dengung dikala membacanya. Sehingga, suara nun mati yang terdengar dikala mengucapkan Tanwin, menjadi hilang total.

Contoh Idghom Bighunnah yaitu هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ. teladan ini diambil dari Surat Al Baqarah ayat 5. Dalam contoh tersebut ada fathatan yang bertemu dengan mim. hukum membaca tanwinnya adalah dimasukkan ke dalam abjad berikutnya, disertai dengung. contoh lainnya ialah غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ. contoh yang ini ada dalam Surat Al Baqarah ayat 7. Terdapat dlummatan yang bertemu dengan wawu pada acuan tersebut.
Artikel terkaitPengertian Idgam Bigunnah dan 5 acuan dalam Al-Qur’an


Idghom Bilaghunnah (ادغام بلا غنّة)

Cara baca ini diwajibkan dikala Tanwin bertemu dengan salah satu dari abjad ل atau ر. Idghom Bilaghunnah yaitu Tutorial membaca Tanwin dengan dimasukkan ke dalam abjad depannya, sama dengan Idhghom Bighunnah. Hanya saja, pada Idghom Bilaghunnah tidak ada suara dengung sama sekali.

Ambil pola هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ. pola tersebut diambil dari  Surat Al Baqarah ayat 2. Pada contoh tersebut terdapat fathatan, sedang di depannya ada karakter lam. pola lain yang juga sama-sama dibaca idghom bilaghunnah ialah مِنْ ثَمَرَاةٍ رِزْقًا. Dalam pola yang diambil dari Surat Al Baqarah ayat 25 itu, terdapat kasrotan yang bertemu dengan karakter ر.
Artikel terkaitIdghom Bighunnah dan Bila Ghunnah” Pengertian, dan contohnya


Iqlab (اقلاب)

Iqlab ialah Cara baca Tanwin ketika bertemu dengan aksara ب. Iqlab artinya adalah mengganti. Maksudnya, suara Tanwin ini diganti menjadi abjad mim saat Tanwin bertemu dengan aksara ب. pola Tanwin yang dibaca iqlab ialah صُمٌّ بُكْمٌ terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 18.
Selengkapnya; “Iqlab” Pengertian, Cara Membaca, dan teladannya


Ikhfa’ Haqiqi (اخفاء حقيقي)

Pengertian ikhfa’ Haqiqi berlaku dikala Tanwin bertemu dengan salah satu karakter 15. abjad-huruf itu yaitu ص, ذ, ث, ك, ج, ش, ق, س, د, ط, ز, ف, ت, ض, ظ. Cara membacanya samar. bunyi nun matinya terdengar samar. Sedang saat Tanwin terbaca, Anda sudah siap dalam posisi akan mengucapkan abjad depannya.

Contoh Ikhfa’ Haqiqi adalah مَرَضٌ فَزَادَهُمُ, terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 10. Juga كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر yang terdapat dalam ayat 20. Pada dua acuan tersebut, ada dlummatan yang bertemu dengan karakter fa’, dan kasrotan yang bertemu dengan huruf qof.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian, Tutorial baca, dan pola bacaan tanwin. supaya dengan adanya tulisan ini bisa menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami “Ilmu Tajwid”. Trimakasih, 

0 Response to "“Tanwin” Pengertian, Cara Baca, dan contohnya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel