-->

cara mengejah karakter alqur'an cuilan 1



بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اسلام عليكم
Kalau sobat sedang membaca postingan ini, berarti sahabat sudah hafal semua huruf-huruf hijaiyah berikut tanda bacanya. karena dua hal tersebut merupakan pecahan dasar dalam mencar ilmu membaca Quran. Kalau teman sudah menghafanya, kita akan lanjut mencar ilmu membaca Quran  ini pada tahap mengejah kata yang akan dibahas pada postingan ini. Mari kita mulai, jangan lupa berdoa ya.


Pertama yang harus teman pelajari dalam tahap mengejah ini ialah membaca semua huruf ber-fathah dibawah ini :
Lakukan cara ejah seakan-akan ( nama abjad→wa→tanda baca=pengucapan ) acuan : bila hurufnya alif berfathah ( اَ ) maka cara ejahnya yaitu → alif wa-fathah = a untuk mempermudah mengejah kita gunakan penyambung kata dalam bahasa arab “wa” yang artinya “dan”. Gunakan selalu Tutorial mengejah ini seterusnya, baik dalam kata yang pendek atau dalam mengejah satu ayat sekalipun.
Jika huruf ba ( بَ ) maka Tutorial ejahnya sama yaitu ba wa fathah = ba, jika abjad “jiem” ( جَ ) berarti jiem wa fathah = ja lakukan seterusnya oleh sahabat hingga huruf ي dan lakukan berulang-ulang sebagai latihan memperlancar.

رَ
ro
ذَ
dza
دَ
da
خَ
kho
حَ
ha
جَ
ja
ثَ
tsa
تَ
ta
بَ
ba
اَ
a
فَ
fa
غَ
gho
عَ
‘a
ظَ
dzo
طَ
to
ضَ
dlo
صَ
sho
شَ
sya
سَ
sa
زَ
za
يَ
ya
ءَ
a
لَا
laa
هَ
Ha
وَ
wa
نَ
wa
مَ
ma
لَ
la
كَ
ka
قَ
qo

Setelah sahabat merasa lancar mengejah huruf berfathah diatas, selanjutnya sahabat akan mengejah karakter ditambah tanda baca kasrah dan domah. Tutorial ejahnya sama seolah-olah yang diatas yaitu ( nama huruf→wa→tanda baca=pengucapan ). acuan : huruf “alif” (اَ اِ اُ  ) diejah seolah-olah ini : alif wa fathah “a”, alif wa kasroh “i”, alif wa domah “u” = “a – i - u” kalau abjad “ba” (ب َبِ بُ   ) maka diejah : ba wa fathah “ba” ba wa kasroh “bi” ba wa domah “bu” = “ba – bi – bu”. Seterusnya sahabat coba sendiri dan lakukan berulang-ulang juga.

اَ اِ اُ  ب َبِ بُ  تَ تِ تُ  ثَ ثِ ثُ  جَ ج ِجُ  حَ حِ ح ُ  خَ خ ِخُ

دَ دِ دُ  ذَ ذِ ذُ  رَ رِ رُ  زَ زِ زُ  سَ سِ سُ  شَ شِ شُ  صَ صِ صُ

ضَ ضِ ضُ  طَ طِ طُ  ظَ ظِ ظُ  عَ عِ عُ  غَ غِ غُ  فَ فِ فُ  قَ ق ِقُ

كَ كِ كُ  لَ لِ لُ  مَ مِ مُ  نَ نِ نُ  وَ وِ وُ  هَ هِ هُ  لَا ءَ  يَ يِ يُ


Pastikan ejahan yang diatas sudah lancar !! sebelum sahabat melangkah ke ejahan berikutnya yaitu menggunakan tanwin. Masih ingat kan tanda baca “tanwin” yang sudah dibahas sebelumnya, kalau sedikit lupa silahkan baca kembali pada postingan mengenal tanda baca/harakat. Nah kalau sudah ingat dan ejahan diatas sudah lancar, maka lanjut pada ejahan berikutnya yaitu menggunakan “tanwin”. Tutorial ejahnya masih sama seolah-olah sebelumnya, referensinya jika karakter “alif”  ( اً اٍ اٌ   ) maka diejah alif wa fathatan “an”, alif wa kasratan “in”, alif wa dommatan “un” = “ an, in ,un “. kalau huruf “ba” (  بً بٍ بٌ ) maka diejah ba wa fathatan “ban”, ba wa kasratan “bin”, ba wa dommatan “bun” = “ban, bin, bun”. Huruf selanjutnya sahabat coba sendiri mengejahnya sampai huruf ya, dan seakan-akan biasa lakukan berulang-ulang sampai teman lancar.

اً اٍ اٌ  بً بٍ بٌ  تً تٍ تٌ  ثً ثٍ ثٌ  جً جٍ جٌ  حً حٍ حٌ  خً خٍ خٌ

دً دٍ دٌ  ذً ذٍ ذٌ  رً رٍ رٌ  زً زٍ زٌ  سً سٍ سٌ  شً شٍ شٌ  صً صٍ صٌ

ضً ضٍ ضٌ  طً طٍ طٌ  ظً ظٍ ظٌ  عً عٍ عٌ  غً غٍ غٌ  فً فٍ فٌ  قً قٍ قٌ

كً كٍ كٌ  لً لٍ لٌ  مً مٍ مٌ  نً نٍ نٌ  وً وٍ و ٌ هً هٍ هٌ  لاَ ءَ  يً يٍ يٌ


 Pastikan teman lancar mengejahnya sebelum sahabat lanjut pada ejahan selanjutnya yaitu mengejah menggunakan tasydid atau syiddah. Tapi sebelumnya lebih baik teman mempelajari ilmu tajwid terlebih dahulu agar teman nantinya mengerti cara membaca Alquran yang benar. untuk mempelajarinya silahkan search saja di google dengan keyword "belajar tajwid lengkap", banyak artikel yang membahas ilmu tajwid. barulah setelah itu menuju pada tahap terakhir dalam panduan ini yaitu mengejah huruf hijaiyyah bag 2.Selamat mencar ilmu dan semoga sahabat diberi kesabaran.


0 Response to "cara mengejah karakter alqur'an cuilan 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel