-->

Panduan membaca alqur'an untuk pemula

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
 اسلام عليكم 
Banyak dari umat muslim khususnya yang sudah cukup umur belum mampu membaca Alqu’ran, bahkan ada juga yang sudah usianya lanjut pun tidak mampu membaca Alquran. Sekalipun hafal beberapa surat pendek, itupun dikarenakan sering mendengar. Tapi gagap ketika dihadapkan pada tulisan huruf arab dalam Alqur’an. Satu persatu dari hurufnya sih hafal, tapi sulit membacanya dalam rangkaian kata pada ayat.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut, yang paling umum menurut kami yaitu faktor malas sewaktu masih kecil, lebih mementingkan acara tv yang disukai dan kesenangan yang lain hingga susah ketika disuruh orang tua untuk pergi berguru mengaji ke majlis pengajian, atau mungkin juga lantaran faktor lingkungan. risikonya dikala beranjak berakal balig cukup akal baru terasa penyesalan yang besar lantaran dulu tidak memanfaatkan abad kecil utk bersungguh sungguh berguru membaca alquran. 
Saat mulai mengerti akan pentingnya membaca dan mempelajari kandungan Alqur’an, saat mengetahui dahsyatnya manfaat dan pahala membaca alquran, greslah ada cita-cita untuk mampu membaca alquran dengan baik. Memang mampu saja membaca terjemahannya atau dari aksara latin, namun tetap saja membaca Alqur’an dengan huruf arab lebih utama, karena ada aturan dalam membacanya seolah-olah dari makhrajnya yaitu melafadzkan huruf yang benar, sampai tajwidnya yang mengatur aturan-hukum bacaan yang akan dibahas pada postingan yang lain. 
Meskipun begitu, tidak ada kata terlambat untuk mencar ilmu, berapapun usia sahabat bukanlah dilema utk berguru membaca Alqur’an dari nol sekalipun. bila merasa malu untuk mencar ilmu langsung pada ustad di tempat sobat, sanggup meminta sahabat teman yang sudah lancar untuk mengajarkan. bila sahabat sahabat mengerti akan pahala mengembangkan ilmu, pasti akan senang hati bersedia mengajarkan asalkan niat sobat untuk mencar ilmu benar-benar mantap dan mau bersungguh-sugguh. 
Atau sanggup juga melalui media internet seakan-akan pada artikel ini yang insyaallah akan menyampaikan panduan membaca alquran dari nol. Bagi teman yang mualaf pun bila ingin mencar ilmu membaca Alqur'an silahkan menyimak goresan pena ini dan postingan yang lain sebagai langkah-langkahnya. kami akan memaparkan apa yang admin sanggup, sekaligus mengkaji kembali biar menjadi pelajaran bagi admin pribadi khususnya. bila ada kesulitan atau ada materi yang sulit dipahami, kita akan pelajari bersama. Semoga mampu memudahkan teman dalam praktek belajar membaca. Terlepas dari itu, yang namanya berguru tentu ada proses, membutuhkan kesabaran, berusaha maksimal, dan dengan pondasi niat yang sungguh-sungguh, Insyaallah dimudahkan. 
Ada beberapa tahapan sampai sahabat bisa membaca alquran dengan lancar, silahkan ikuti setiap tahap berikut ini : 
  1. Mengenal huruf hijaiyah 
  2. Mengenal tanda baca/harakat 
  3. Cara mengejah huruf hijaiyyah bag 1 
  4. Hukum tajwid (silahkan search di google dengan keyword "belajar ilmu tajwid lengkap") 
  5. Cara mengejah huruf hijaiyyah bag 2 
Selamat mencar ilmu, semoga diberi fasilitas ! hingga bertemu kembai di postingan berikutnya.
واسلام عليكم

0 Response to "Panduan membaca alqur'an untuk pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel