-->

“Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah


“Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah


HukumTajwid.Com- Idzhar Halqi pada dasaranya menjadi salah satu pembahasan yang penting dalam ilmu tajwid. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini aturan Tajwid akan memberikan bahasan mengenai bahan Idzhar.

“Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah


Pengertian Idzhar Halqi


Idzhar berdasarkan bahasa ialah al-bayan artinya terang, Halqi artinya tenggorokan. Sedangkan izhar menurut istilah ialah mengeluarkan setiap karakter dari makhrojnya tanpa menggunakan dengung pada aksara yang dibaca izhar. Izhar berdasarkan pengertian aturan Nun Mati dan Tanwin ialah apabila nun mati dan tanwin menghadapi salah satu dari karakter (Halaq) yang enam, maka dinamakan izhar Halqi. 
 
Adapun yang menjadi karena terjadinya aturan izhar adalah karena jauhnya makhroj. abjad idzhar keluar dari tempat kerongkongan  (Halqi) sedangkan makhroj nun dan tawin berbeda di ujung pengecap. Akan terjadi kesulitan pengucapan apabila diberi hukum lain. Demikian pula huruf nun atau tanwin termasuk karakter yang simpel pengucapannya sedang karakter halqi termasuk berat. Dengan demikian tidak mungkin diberi hukum ikhfa’ apabila dengan idghom.
 

Tingkatan Izhar


Dilihat dari segi jauh dan dekatnya kedudukan enam aksara izhar maka terjadi tiga tingkatan aturan idzhar, yaitu :
  • Izhar a’la, izhar yang tinggi atau besar lengan berkuasa, yaitu pada abjad hamzah dan ha’
  • Izhar ausath, izhar pertengahan, yaitu pada huruf ain dan kho’.
  • Idzhar adna, izhar yang rendah atau lemah, yaitu pada huruf ghoin dan kho’.

Cara mengucapkan idzhar


Secara teoritis, pengucapan izhar yang baik ialah dengan mengucapkan huruf nun mati dan tanwin sesuai dengan makhroj dan sifat yang dimilikinya lalu diiringi pengucapan karakter izhar juga sesuai dengan makhroj dan sifatnya.
 
Pengucapan berlangsung secara lunak tanpa terputus antara kedua huruf, tetapi tidak pula tercampur sampai keluar bunyi gres ibarat qolqolah. Masing-masing karakter diucapkan sesuai ketentuannya dengan lembut tanpa dipaksa.
 

Sifat Ghunnah abjad Nun


Ghunnah atau dengung merupakan sifat asli dari karakter nun. Dengan terjadinya huruf idzhar, apakah sifat ghunnah tersebut masih ada atau menjadi hilang? sebagaian ahli tajwid beropini bahwa dengan terjadinya izhar, sebelum mengucapkan izhar, ghunnah nun telah hilang. Sebagian lagi berpendapat bahwa ghunnah tetap ada dan tidak terpengaruh dengan adanya izhar.
 
Demikianlah pembahasan mengenai “Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Tutorial Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah. supaya dengan adanya bahasan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaca yang memerlukan. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

0 Response to "“Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel