-->

“Iqlab” Pengertian, Cara Membaca, dan misalnya [Lengkap]

Pengertian Iqlab, Tutorial Membaca Iqlab, dan teladan Iqlab


HukumTajwid.Com- Iqlab menjadi salah satu bahasan penting dalam Ilmu Tajwid. Bahasan ini merupakan kepingan yang ke-3 di dalam aturan nun mati atau tanwin dalam Ilmua Tajwid [( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ )]
Baca Juga: “Ilmu Tajwid” Pokok Bahasaan, Tujuan, dan Dasar hukum

Pengertian Iqlab


Iqlab إقلاب‎ menurut bahasa dialah memindahkan sesuatu dari bentuk asalnya. Sedangkan berdasarkan istilah Iqlab إقلاب‎ ialah menyebabkan suatu abjad kepada makhroj karakter lain denga tetap menjaga ghunnah (sengau pada karakter yang ditukar).
 
Pengertian Iqlab إقلاب‎ berdasarkan aturan nun mati dan tanwin [( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ )] ialah apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan aksara ب (Ba’), maka keduanya ditukar dengan abjad mim tetapi hanya dalam bentuk bunyi tidak dalam bentuk tulisan.
 
Pengertian Iqlab إقلاب di dalam kitab Fathul Atfal , Halaman 10 diartikan apabila ada ( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) bertemu dengan karakter ب maka ditukar kepada abjad mim dengan memakai suara ghunnah dan ikfa’.
 

Cara Membaca Iqlab إقلاب


Cara membaca Iqlab إقلاب dengan sederhana dan benar adalah dengan mengubah bunyi nun mati atau tanwin ( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) menjadi mim. Kedua bibir yang kita miliki dirapatkan untuk mengeluarkan suatu bunyi dengan dibarengi dengung yang mana hal itu keluar dari pangkal hidung. lalu haruslah ditahan sejenak yang kira dua ketukan sebagai suatu tanda bahwa disana terdapat aturan Iqlab إقلاب
 

Contoh Iqlab إقلاب


Sebagi contoh supaya memperjelas bahasan di atas, berikut ini bacaan Iqlab إقلاب
Contoh Bacaan Iqlab
Cara teladan aturan Bacaan Iqlab dalam Bahasa Indonesia
مَنْ بِخَلَ
Mambakhola
جَزَاءًبِمَا
Jazaa Ambimaa
مِن بَعدِ
Mim Ba`di

Penyebab Terjadinya aturan Iqlab إقلاب


Ada beberapa alasan yang menjadi penyepakatan oleh Jumhur Ulama tentang adanya penyebab Iqlab إقلاب
  • Alasan pertama hal ini dikarenakan huruf Nun ( نْ ) dan Tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) mengandung bacaan ghunnah, sedangkan untuk mengucapkan aksara ب  maka bibir haruslah tertutup. Hal inilah yang menjadi penyebab terhalangnya bacaan ghunnah, apabila dibaca dengan Idzhar.
  • Antara aksara ( نْ ) dan Tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) dengan ب berbeda makhroj dan sifatnya. karena itulah ia tidak akan memenuhi syarat apabila dibaca Idghom.
  • Apabila dibaca dengan Ikhfa, juga mustahil. karena berarti masih di antara Idzhar dan Idghom.
Karena hal-hal diatas, Tutorial terbaik berdasarkan Jumhur Ulama ialah dengan menukar ( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) dengan Mim. Disamping lantaran huruf mim memiliki sifat yang sama dengan aksara nun, yakni ghunnah. Juga lantaran makhrojnya sama dengan ب sehingga pengucapannya menjadi simpel dan sifat ghunnahnya tidak hilang.

Demikinalah bahasan mengenai “Iqlab” Pengertian, Tutorial Membaca, dan teladannya [Lengkap]. Semoga dengan adanya bahasan mengenai Iqlab ini dapat menambah pengetahuan dan juga sanggup menyampaikan ilmu dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Trimakasih, baca juga goresan pena lainnya;

0 Response to "“Iqlab” Pengertian, Cara Membaca, dan misalnya [Lengkap]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel