-->

“Idghom Bighunnah dan bila Ghunnah” Pengertian, dan misalnya [Lengkap]


Pengertian Idghom Bighunnah dan jika Ghunnah dan acuan Idghom Bighunnah dan jikalau Ghunnah


HukumTajwid.Com- Idghom (إدغام) menurut bahasa ialah memasukkan sesuatu kepada sesuatu. Sedangkan menurut istilah idghom (إدغام) adalah bertemunya huruf yang bersukun dengan karakter yang berharakat sehingga kedua karakter tersebut menjadi satu abjad dan abjad yang kedua menjadi bertasyid. lalu lisan mengucapkan abjad tersebut dengan sekali ucapan.
Baca Juga: 4 Tingkat -Tingkat (Tempo) Bacaan Dalam Al-Qur’an dan Bahasannnya [Lengkap]

Pengertian Idghom (إدغام) Dalam hukum Nun Mati Dan Tanwin ( نْ ) dan ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ )
 
Idghom (إدغام) dalam pengertian aturan nun mati dan tanwin yaitu apabila nun mati dan tanwin menghadapi salah satu karakter enam, yaitu ya’, ra’, mim, lam,wawu dan nun dinamakan idghom.
Idghom dalam hukum nun mati dan tanwin dibagi menjadi dua potongan yaitu :
 

Pengertian Idghom Bighunnah (إدغام بِغُنَّة)

Secara bahasa idghom artinya memasukan dan bighunnah artinya dengan dengung. Jadi idghom bighunnah إدغام بِغُنَّة yaitu apabila nun mati dan tanwin bertemu dengan salah satu abjad idghom yang empat maka dinamakan idghom bighunnah. Keempat aksara idghom bighunnah ialah ya’, nun, mim, wawu.
 

Cara Membaca Idghom Bighunnah إدغام بِغُنَّة

Cara membaca Idghom Bighunnah إدغام بِغُنَّة yaitu dengan memasukkan suara nun mati dan tanwin kepada aksara idghom bighunnah yang ada dihadapannya sehingga menjadi satu ucapan, seperti satu aksara. Pada waktu mengidhomkan bunyi harus ditasyidkan kepada aksara idghom bighunnah yang ada di depan nun mati dan tanwin, lalu ditahan kira-kira dua ketukan dengan menggunakan ghunnah ketika membaca.
 

Contoh Idghom Bighunnah إدغام بِغُنَّة


Contoh Idghom Bighunnah
Bacaan Idghom Bighunnah dalam Bahasa Indonesia
لِمَنْ يَرَى
Limayyaraa

Pengertian Idghom jika Ghunnah (إدغام بلاغنًة)

Bila ghunnah artinya tidak memakai ghunnah (dengung/sengau). Idghom jika ghunnah dalam pengertian hukum nun mati dan tanwin yaitu apabila ada nun mati dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf lam dan ra, dinamakan idghom kalau ghunnah. Dari kedua penjelasan tersebut, maka hukum idghom kalauhunnah terjadi apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari dua huruf, yaitu lam dan ra.
 

Cara Membaca Idghom jikaghunnah (إدغام بلاغنًة)

Cara membaca idghom jikaghunnah ialah dengan memasukan bunyi nun mati dan tanwinsepenuhnya dengan karakter lam dan Ra, tanpa memakai dengung. Pada waktu mengidhomkan bunyi harus ditasyidkan kepada karakter lam dan ra’ seraya menahan sejenak.

Contoh Bacaan Idghom jikaghunnah


Contoh Bacaan Idghom jikalaughunnah
Bacaan Idghom bilaghunnah dalam Bahasa Indonesia
فَمَنْ رَبُكُمَا
Famarrobbukumaa
 
Demikinalah bahasan mengenai “Idghom Bighunnah dan kalau Ghunnah” Pengertian, dan teladannya [Lengkap]. agar dengan adanya bahasan ini dapat meningkatkan kemampuan dan juga keilmuanmu di dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Pengertian Idhgom Kamil dan Idghom Naqish 
  2. “Iqlab” Pengertian, Cara Membaca, dan contohnya [Lengkap]
  3. Pengertian Alif Lam Syamsiyyah dan polanya dalam Al-Qur’an
  4. Hukum Mim dan Nun Bertasydid dalam Ilmu Tajwid

0 Response to "“Idghom Bighunnah dan bila Ghunnah” Pengertian, dan misalnya [Lengkap]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel