-->

“Mad Silah Tawilah” Pengertian, Jenis, Tutorial Membaca, dan misalnya Lengkap

Mad Silah Tawilah


Mad silah tawilah (thowilah) ialah salah satu aturan dalam Ilmu Tadjwid khususnya hukum ini di bahas secara terang dalam aturan-hukum mad. Adapun sebagai klarifikasi lebih gambalangnya dalam goresan pena ini akan menyampaikan penjelasan mengenai Pengertian, Jenis, Tutorial Membaca, dan pola Mad Silah Tawilah.

Pengertian Mad Silah Tawilah

Mad Silah Tawilah menurut bahasa, Mad artinya yaitu Panjang dan shilah artinya ialah relasi. Sedangkan secara istilah pengertian Mad Silah Tawilah ialah “Madd komplemen (dari Madd Ashli) yang disebabkan oleh Ha’ Dlomir (Kata ganti bena atau orang ketiga tunggal).

Ha’ Dlomir disebuat juga Ha’ Kinayah, yaitu Ha’ komplemen yang membuktikan mufrod mudhzakar ghoib atau orang ketiga tunggal. 

Mad Silah Tawilah

Penamaan dalam Mad Silah Tawilah ini para ulama banyak memberikan alasan wacana penamaan ini, yaitu sebagai penghormatan terhadap Al-Qur’an yang agung, yang tidak mampu ditambahkan ataupun dikurangi.

Jenis-Jenis  Mad Silah

Mad Silah Tawilah ini secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu Mad Silah Tawilah Qosiroh dan Mad Silah Tawilah Towilah.

Mad Silah Tawilah Towilah, menurut Bahasa Towilah artinya ialah Panjang. Sedangkan menurut istilah yaitu Apabila sesudah Ha’ Dhomir terdapat hamzah qothi. Jadi syarat terjadinya Mad Silah Tawilah yaitu adanya karakter hamzah sesudah Ha’ Dlomir.

Cara Membaca Mad Silah Tawilah

Cara membaca Mad Silah Tawilah adalah dipanjangkan 4 atau lima harokat atau dua setengah alif, baik Ha’ Dlomir tersebut berharokat Dhomah ataupun berkharokat kasroh. Hal ini sebagimana keterangan berdasarkan Imam Hafa yaitu setiap madd yang disebabkan hamzah panjangnya emapat perlima harokat. berdasarkan Imam Warosy panjang maddnya adalah emapat harokat, sedangkankan menurut Imam Qolun, ukuran panjangnya ialah empat harokat, dan jaiz menufasil dua harokat.

Contoh Bacaan Mad Silah Tawilah

Berikut inilah beberpa contoh bacaan Mad Silah Tawilah;
Demikianlah goresan pena mengenai Pengertian, Jenis, Cara Membaca, dan acuan Mad Silah Tawilah. biar dengan adanya tulisan ini mampu bermanfaat dan mampu memberikan isu serta pengetahuan bagi para pembeca yang belajar “Ilmu Tajwid”

0 Response to "“Mad Silah Tawilah” Pengertian, Jenis, Tutorial Membaca, dan misalnya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel