-->

Pengertian Wudhu, Syarat Syarat dan Penjelasannya

Assalamu'alaikum wr. wb update artikel dari panduan bacaan sholat kali ini perihal pengertian wudhu syarat syarat dan klarifikasinya. Wudhu termasuk syarat sahnya sholat, sebagaimana mandi, wudhu sebelum sholat hukumnya bisa sunnah dan mampu wajib. Bagi orang yang sebelum sholat tapi sudah mempunyai wudhu, sunnah hukumnya untuk memperbarui wudhunya, khususnya sholat fardhu. Dan wudhu wajib hukumnya dilakukan oleh orang-orang yang sedang hadas kecil, semisal orang habis buang air kecil atau besar, menyentuh kemaluan, tidur atau hilang kecerdikan, menyentuh lawan jenis yang bukan mahram.
Dalil berikut ini menjelaskan hal diatas, Allah SWT berfirman :
وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا
Artinya : "Dan bila kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau kembali dari daerah buang air, maka bertayamumlah kamu dengan bubuk yang suci" (QS. Al-Nisa: 43)

Pengertian Wudhu dan Penjelasannya

Pengertian Wudhu, Syarat Syarat dan Penjelasannya
Ilustrasi Wudhu : Source image.google.com
Wudhu menurut bahasa berarti bersih dan indah, sedang menurt syara' artinya membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil. Berwudhu mampu memakai air atau menggunakan abu yang istilahnya disebut tayamum. Air yang digunakan dalam berwudhu harus suci dan mensucikan, Macam macam air contohnya air hujan, air sumur, penderasan, bahari atau sungai, air dari lelehan salju atau es, air dari tangki besat atau bak yang biasanya lebih dari 2 kullah.

Hukum Wudhu Wajib dan Sunnah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Wudhu wajib dilaksanakan bagi seorang muslim jikalau hendak sholat, thawaf dan menyentuh Al Qur'an. Menyentuh Al Qur'an berdasarkan ulama 4 madzab ialah wajib, hal ini merujuk pada Al Qur'an surat Al Waqi'ah ayat 77-79 :

إِنَّهُ ۥ لَقُرۡءَانٌ۬ كَرِيمٌ۬ (٧٧) فِى كِتَـٰبٍ۬ مَّكۡنُونٍ۬ (٧٨) لَّا يَمَسُّهُ ۥۤ إِلَّا ٱلۡمُطَهَّرُونَ
Artinya : "Sesungguhnya Al-Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan." (QS. Al-Waqi'ah: 77-79)
Wudhu sunnah dilakukan bagi :
1. Seseorang yang mengulangi wudhu ketika hendak sholat
2. Seseorang yang akan tidur, tapi dalam keadaan junub
3. Seseorang yang hendak mandi wajib (junub)
4. Seseorang yang akan mengulangi kekerabatan badan dengan istri/suami
5. Seseorang saat sedang marah
6. Seseorang saat adzan dan iqomat
7. Seseorang yang hendak ziarah
8. Seseorang yang hendak membaca kitab-kitab

Syarat Syarat Wudhu dan Penjelasannya

syarat syarat wudhu
Ada syarat-syarat wudhu yang perlu diketahui yaitu :
1. Islam
Syarat wudhu yang pertama ialah ia harus seorang islam yang telah membaca syahadat sebagai rukun islam. Tidak sah wudhunya bagi seorang yang bukan beragama islam.
2. Tidak Berhadas besar
Syarat wudhu yang kedua yaitu tidak berhadas besar, misalnya haid, nifas, keluar mani dan junub. Sehingga wajib melaksanakan mandi besar dahulu
3. Menggunakan Air Suci dan Mensucikan
Syarat wudhu yang ketiga yakni menggunakan air suci dan mensucikan seakan-akan pada klarifikasi diatas
4. Tamyis
Syarat wudhu yang keempat adalah tamyis, dapat membedakan baik buruknya suatu pekerjaan
5. Mengetahui mana yang wajib (fardhu) dan mana yang sunnah
6. Tidak ada sesuatu yang menghalangi air sampai ke anggota wudhu seolah-olah getah, cat, dan sebagainya
Demikianlah artikel mengenai pengertian wudhu, syarat syarat dan klarifikasinya lengkap dengan dalil yang ada di dalam Al Qur'an. Semoga berguru kali ini mampu memberikan pengetahuan dan wawasan wacana wudhu. Artikel berikutnya mengenai rukun wudhu dan sunnah beserta penjelasannya. Terima kasih telah mencar ilmu di website sederhana ini. Wassalamu'alaikum wr. wb

0 Response to "Pengertian Wudhu, Syarat Syarat dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel