-->

Macam Macam Sunah dan acuan

Macam Sunah atau hadist mampu dibedakan menjadi tiga , yaitu sunah qauliyyah , sunah fi'liyyah , dan taqririyyah . Berikut ini penjelasan mengenai ketiga sunah atau hadist tersebut disertai acuannya .

sunah-dan-contoh
Macam - Macam Sunah

Pertama, sunah qauliyyah, 
Yaitu sunah yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw dalam bentuk perkataan . Artinya adalah , sunah yang terdapat dalam hadist - hadist yang bersifat perintah dalam bentuk ucapan Nabi Muhammad saw.

Contoh:

"Setiap amal perbuatan tergantung pada niat, dan setiap orang menerima apa yang dia niatkan. Barang siapa berhijrah ( menuju kebenaran) karena Allah dan Rasul-Nya , maka tolong-menolong hijrah yang ia lakukan benar - benar menuju Allah swt  dan Rasul-Nya. Dan barang siapa berhijrah lantaran dunia atau perempuan yang hendak dinikahi , maka beliau akan mendapatkannya " (Muttafaq Alaih)

"Termasuk hal yang sanggup menyempurnakan keislaman seseorang ialah kerelaannya untuk meninggalkan apa yang tidak berguna" (H.R.Muslim)

Kedua, sunah fi'liyyah ,
Yaitu segala yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw dalam bentuk perbuatan.Sunah ini sanggup ditemukan dalam hadist - hadist Nabi yang memerintahkan kepada sahabat untuk mengikuti perbuatan nabi Muhammad saw.

Contoh : 

"Dalam sebuah perjalanan , Rasullulah saw salat di atas kendaraan menghadap sesuai arah kendaraan.Apabila ia hendak melaksanakan salat fardu, ia turun sebentar , terus menghadap kiblat " (H.R. Muslim)

""Konon Nabi Muhammad saw mengenakan jubah sampai di atas mata kaki" (H.R.Al-Hakim)


Ketiga, sunah taqririyyah 
Yaitu perbuatan teman yang menerima persetujuan dari Nabi Muhammad saw.

Contoh :

"Tidak (maaf) , berhubung (binatang) itu tidak terdapat di kampungku, kami jijik kepadanya! , Khalid berkata, "Segera admin memotongnya dan memakannya, sedangkan Rasullulah saw melihatku"." (Muttafaq Alaih)

Kesimpulan : 
Dari tiga jenis sunah di atas , berdasarkan para ulama , sunah qauliyyah merupakan yang paling tinggi tingkatannya, disusul fi'liyyah dan taqriyyah .
Semoga penjelasan dari ketiga sunah di atas mampu bermanfaat bagi para pembaca .

Sumber : Kumaidi,Irham.2008.Ilmu Hadist untuk Pemula:Jakarta.Arta Rivera.

0 Response to "Macam Macam Sunah dan acuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel