-->

[4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya

4 Jenis-Jenis Waqaf dan penjelasannya


HukumTajwid.Com- Waqof الو قف jika ditinjau dari alasannyanya terbagi menjadi 4 jenis, diantarnya yaitu Waqof Idtharory, Waqof Intizhory, Waqof Ikhtibary, dan Waqof Ikhtiyary. Berikut klarifikasi mengenai Jenis-Jenis Waqaf tersebut;

Baca Juga: Pengertian Waqof menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Jenis-Jenis Waqaf



Waqaf Ikhtibari  (Menguji Atau Mencoba)

Maksudnya adalah waqaf yang dilakukan untuk menguji qari’ atau menjelaskan supaya diketahui Tutorial waqaf dan ibtida’ yang bantu-membantu. Waqaf ini pada hakekatnya hanya dibolehkan dikala dalam suatu bentuk belajar-mengajar, yang bahu-membahu juga dilarang waqaf menurut kaidah ilmu tajwid.

Waqaf Idhthirari (Terpaksa)

Maksudnya ialah waqaf yang dilakukan dalam keadaan terpaksa, mungkin lantaran kehabisan nafas, batuk atau bersin dan lain sebagainya. Apabila terjadi waqaf ini, hendaklah mengulang dari kata tempat berhenti atau kata sebelumya yang tidak merusak arti yang dimaksud oleh ayat.

Waqaf Intizhari  (Menunggu)

Maksudnya adalah waqaf yang dilakukan pada kata yang diperselisihkan oleh ulama’ qiraat antara boleh dan dihentikan waqaf. Di dalam menghormati adanya bentuk perbedaan pendapat tersebut, sambil menunggu adanya komitmen, sebaiknya waqaf pada kata itu, lalu diulangi dari kata sebelumnya yang tidak merusak arti yang dimaksud oleh ayat, dan diteruskan hingga tanda waqaf berikuitnya. Dengan demikian terwakili dua pendapat yang berbeda itu.

Waqaf Ikhtiari (Pilihan)

Maksud dalam Waqaf Ikhtiari   ini adalah waqaf yang dilakukan pada kata yang dipilih, direncanakan dan disengaja, bukan lantaran adanya bentuk dan alasannya-sebab lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai [4] Jenis-Jenis Waqaf dan penjelasannya. Semoga adanya pembahasan ini dapat menyampaikan manfaat dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi hukum Waqof dan Ilmu Tajwid. Trimakasih, baca juga goresan pena  Perbedaan Taglizh dan Tafkhim dalam Ilmu Tajwid

0 Response to "[4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel