-->

Hadits aturan tentang Larangan Merayakan Tahun baru menurut Islam

Hadits aturan ihwal Larangan Merayakan Tahun gres berdasarkan Islam - Tahun gres yaitu sebuah momen yang sering di manfaatkan oleh kebanyakan orang untuk melaksanakan aneka macam hal yang tidak semestinya di kerjakan, misal salah satunya mengadakan perayaan di malam hari dengan berkumpul di lapangan, jalanan sambil berpoya-poya memakai petasan serta kembang api yang sama sekali tidak ada keuntungannya kalau di lihat dari sisi permasalahan agama bahkan justru kemadharatan yang ada.

Penomena ini tidak hanya terjadi dikala ini, namun sudah usang membudaya di kalangan umat islam, jikalau hanya sekedar mengingatkan bahwa tahun besok sudah berganti contohnya dengan mengirim sms ucapan tahun gres, itu belum seberapa, namun yang lebih patalnya lagi sekarang ini orang-orang justri tidak hanya sebatas itu saja di mana memanfaatkan momen ini di gunakan banyak hal termasuk maksiat di dalamnya. Di akui atau tidak sekarang ini banyak sekali belum dewasa muda yang memanfaatkan tahun baru untu mengajak pacarnya keluar semalaman.

Padahal bagi kalangan muslim khususnya jikalau mengkaji dari sejarah adanya tahun baru masehi ini sungguh tak pantas untuk mengikuti perayaan tersebt, lantaran ini bukan tahun gres islam. berdasarkan sejarah tahun baru masehi ini pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM oleh seorang kaisar roma Julius Caesar yang merupakan seorang pemimpin militer dan politikus romawi yang kekuasaannya terhadap Gallia Comata memperluas dunia Romawi hingga Oceanus Atlanticus, melancarkan serangan romawi pertama ke Britania, dan memperkenalkan pengaruh Romawi terhadap Gaul (Perancis kini), sebuah pencapaian yang balasan pribadinya masih terlihat hingga kini.

Ketika zaman mulai berubah ke arah yang lebih modern tata Tutorial perayaan tahun gres masehipun ikut berkembang yang mana kegiatan-acara penyambutan di lakukan dengan Tutorial terbaru lebih modern mulai dari menebarkan kembang api, arak-arakan saling menyampaikan ucapan tahun gres Happy New Years) dan banyak lagi yang lainnya yang mana budaya tersebut kini sudah merambah ke aneka macam golongan ras dan agama bahkan hampir semua orang memandang momen ini seakan menjadi kewajiban yang harus di penuhi.

Hadits hukum tentang Larangan Merayakan Tahun gres berdasarkan Islam

Untuk kalangan non muslim merayakan tahun gres masehi ini tidak apa-apa karena memang tahunnya mereka maka mereka pula yang harus memeriahkannya, namun yang menjadi heran kenapa umat muslim pun malah ikut-ikutan bahkan seakan lebih meriah dari pada yang mempunyai tahunnya. Hal ini lah yang harus di klarifiasi secara serius biar umat islam tidak tererumus dengan apa yang di lakukannya.

Hukum Merayakan Tahun baru Masehi Bagi Umat Islam

Sepertitelah di bahas di atas bahwa perayaan tahun gres masehi ini bukan tradisi umat muslim maka janganlah mengikutinya apalagi jika di dalamnya terdapat hal-hal yang kebanyakan tidak bermanfaat apalagi ada sifat maksiat. lantaran tidak mampu di pungkiri bahkan mampu di lihat eksklusif antara prayaan tahun baru masehi dan hijriyah berbeda khususnya di indonesia. bila masehi banyak yang merayakan dengan Tutorial hura-hura sedang di tahun gres hijriah lebih banyak di isi dengan keislman seperti di adakan banyak tausiah dan hingga perlombaan-perlombaan yang islami.

Merayakan tahun gres masehi bagi umat muslim di larang, karena termasuk tasyabbuh (menyerupai) dengan orang kafir atau orang fasiq bahkan bisa mencapai hukum haram.

وقال الإمام الغزالي الشافعي في إحياء علوم الدين 2 / 16
بيان مراتب الذين يبغضون في الله وكيفية معا ملتهم:
فإن قلت: إظهار البغض والعداوة بالفعل إن لم يكن واجباً فلا شك أنه مندوب إليه والعصاة والفساق على مراتب مختلفة فكيف ينال الفضل بمعاملتهم وهل يسلك بجميعهم مسلكاً واحداً أم لا؟ فاعلم أن المخالف لأمر الله سبحانه لا يخلو إما أن يكون مخالفاً في عقده أو في عمله، والمخالف في العقد إما مبتدع أو كافر والمبتدع إما داع إلى بدعته أو ساكت والساكت إما بعجزه أو باختياره: فأقسام الفساد في الاعتقاد ثلاثة: الأول: الكفر، فالكافر إن كان محارباً فهو يستحق القتل والإرقاق وليس بعد هذين إهانة، وأما الذمي فإنه لا يجوز إيذاؤه إلا بالإعراض عنه والتحقير له بالاضطرار إلى أضيق الطرق وبترك المفاتحة بالسلام، فإذا قال: السلام عليك، قلت: وعليك. والأولى الكف عن مخاطبته ومعاملته ومؤاكلته ، وأما الانبساط معه والاسترسال إليه كما يسترسل إلى الأصدقاء فهو مكروه كراهة شديدة يكاد ينتهي ما يقوى منها إلى حد التحريم، قال الله تعالى: لا تجد قوماً يؤمنون بالله واليوم الآخر يوادون من حاد الله ورسوله الآية، وقال صلى الله عليه وسلم: (( المسلم والمشرك لا تتراءى ناراهما)) وقال عز وجل: يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا عدوي وعدوكم أولياء تلقون إليهم بالمودة الآية

Tasyabbuh ini di bedakan atas beberapa jenis tergantung dari niat atau tujuannya seakan-akan :

Bila TASYABBUH-nya tidak sengaja memalsukan sama sekali tetapi sekedar menjalani sesuatu yang kebetulan sama dengan mereka maka tidak haram tetapi makruh.

Bila penyerupaan (TASYABBUH)-nya dengan tujuan hanya menjiplak tanpa disertai untuk turut menyemarakkan kekafirannya hukumnya tidak kafir namun berdosa.

Bila penyerupaan (TASYABBUH)-nya dengan tujuan memalsukan orang kafir untuk turut menyemarakkan kekafirannya maka aturannya menjadi kafir.

fathul barri X/ 273 (piss-ktb.com)

Maka dari pembahasan masalah tasabuh di atas dapat di simpulkan bahwa bagi umat muslim tidak di perkenankan untuk ikut serta merayakan tahun baru masehi.

Lalu bagaimana dengan kasus memberi ucapan tahun baru masehi baik kepada mereka non muslim atau ke sesama muslim? Memang di dalam agama islam di haruskan kepada umatnya untuk memiliki sipat toleransi, namun toleransi tersebut ada aturan dan batasannya yaitu yang hanya sebatas dhahir artinya tidak hingga mengakibatkan ekses menyukai serta tidak menyebabkan persepsi salah di kalangan orang awam. Bebeda halnya dengan kebanyakan yang terjadi kini ini yang mana umat islam malah menyebabkan saling melontarkan kata ucapan selamat menjadi suatu yang harus di lakukan yang lebih parahnya lagi antar sesama umat islam saling mengirim ucapan tahun gres masehi.

مسألة : ي) : حاصل ما ذكره العلماء في التزيي بزي الكفار أنه إما أن يتزيا بزيهم ميلاً إلى دينهم وقاصداً التشبه بهم في شعائر الكفر ، أو يمشي معهم إلى متعبداتهم فيكفر بذلك فيهما ، وإما أن لا يقصد كذلك بل يقصد التشبه بهم في شعائر العيد أو التوصل إلى معاملة جائزة معهم فيأثم ، وإما أن يتفق له من غير قصد فيكره كشد الرداء في الصلاة.

Bughyah al-Mustarsyidiin I/528

فالحاصل أنه إن فعل ذلك بقصد التشبه بهم في شعار الكفر كفر قطعاً أو في شعار العيد مع قطع النظر عن الكفر لم يكفر، ولكنه يأثم وإن لم يقصد التشبه بهم أصلاً ورأساً فلا شيء عليه

Bila perbuatan tersebut dilakukan ada rasa senang dengan tujuan menjiplak mereka dalam rangka (ikut serta) syiar atas kekufuran mereka maka hukumnya kufur secara niscaya

Bila bertujuan ikut meramaikan hari rayanya orang kafir (tanpa memandang kekufuran mereka) hukumnya berdosa

Bila tidak bertujuan seolah-olah tersebut di atas hukumnya makruh

Sampi di sini semoga kita semua mengerti sampai mana selayaknya kita sebagai umat muslim dalam menyambut tahun baru, semoga saja pembahasan dari hukum tahun gres ini sedikit bisa menjadi pencerahan untuk kita semua. Silahkan pelajari dengan baik dari cari informasinya semua hal yang berkaitan dengan hadits aturan perihal larangan merayakan tahun gres berdasarkan islam, ulang tahun, haram, asal usul tahun baru masehi, sejarah, hijriyah, cina, masehi, bagi umat islam dan lain sebagainya.

0 Response to "Hadits aturan tentang Larangan Merayakan Tahun baru menurut Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel