-->

Tata Tutorial Tidur Yang Baik Dan Benar Dalam Islam

Tata Tutorial Tidur Yang Baik Dan Benar Dalam Islam - Tidur ialah salah satu kegiatan yang pasti dibutuhkan setiap insan yang ada di dunia ini, apalagi bila banyak melaksanakan aktifitas dan kegiatan di siang harinya. Maka badan kita akan merasa letih dan capek sehinga akan terasa ngantuk yang berat.

Untuk itu diperlukan yang namanya istirahat atau tidur semoga badan kembali bugar. Dan supaya kita mendapatkan istirahat yang maksimal dan baik, maka ada beberapa tata Tutorial istirahat yang harus anda ikuti. Dengan anda mampu melaksanakan istirahat yang maksimal, maka tubuh anda akan siap untuk melaksanakan aktifitas di keesokan harinya dengan penuh semangat dan tenaga yang full.

Dalam Islam tidur di atur dengan Tutorial yang baik sebagai mana tidurnya rosul biar tidur kita bukan hanya sebagai pelepas lelah tetapi juga termasuk pada kategori ibadah yang di ridoi oleh alloh, bukan hanya itu tidur yang baik sperti di syariatkan islam maka tidur yang seperti itu akan sanggup menjaga diri kita dari godaan syetan yang terkutuk, berikut kami sediakan tatacaranya

 Tata Tutorial Tidur Yang Baik Dan Benar Dalam Islam

1. Berintrospeksi diri / muhasabah sesaat sebelum tidur. Sangat dianjurkan sekali bagi setiap muslim bermuhasabah (berintrospeksi diri) sesaat sebelum tidur, mengevaluasi segala perbuatan yang telah ia lakukan di siang hari. lalu jika ia mampukan perbuatannya baik maka hendaknya memuji kepada Allah ta’ala dan bila sebaliknya maka hendaknya segera memohon ampunan-Nya, kembali dan bertobat kepada-Nya.

2. Tidur dini, berdasarkan hadits yang bersumber dari `Aisyah Radhiallaahu anhaَ
“Bahwasanya ia (Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam) tidur pada awal malam dan menghidupkan balasan malamnya (dengan melaksanakan shalat).” (HR. Muslim No 739)

3. Disunnatkan berwudhu’ sebelum tidur, dan berbaring miring sebelah kanan.
َ“Sesungguhnya Rasulullah Muhammad saw bila berbaring di tempat tidurnya, ia letakkan telapak tangannya yang kanan di bawah pipinya yang kanan" (HR. At Tarmidzi)
Dan tidak mengapa berbalik kesebelah kiri nantinya.

4. Disunnatkan pula mengibaskan sperei tiga kali sebelum berbaring, berdasarkan hadits bubuk Hurairah radhiallahu ’anhu bantu-membantu Rasulullah SAW bersabda:
“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah ia mengambil penggalan kain dan mengirapkannya pada daerah tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Bukhari No 5961).

5. Makruh tidur tengkurap. abu Dzar radhiallanhu ‘anhu menuturkan :
”Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah lewat melintasi saya, ketika itu saya sedang berbaring tengkurap. Maka Nabi membangunkanku dengan kakinya sambil bersabda:
”Wahai Junaidib (panggilan abu Dzar), sesungguhnya berbaring seolah-olah ini (tengkurap) merupakan Cara berbaringnya penghuni neraka”. (H.R. Ibnu Majah)

6. Menutup pintu, jendela dan memadamkan api dan lampu sebelum tidur. َ
“Dari Jabir radhiallahu ‘anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Tutuplah pintu, tutuplah baskom dan tempat minum kalian, dan padamkanlah lampu karena sesungguhnya setan tidak mampu membuka (sesuatu yang tertutup), tidak mampu melepas ikatan dan tidak mampu membuka bejana. Dan sesungguhnya tikus dapat menyebabkan rumah seseorang terbakar.” (HR. Turmudzi).

7. Membaca ayat dingklik, dua ayat terakhir dari Surah Al-Baqarah, Surah Al-Ikhlas dan Al-Mu`awwidzatain (Al- Falaq dan An-Nas), lantaran banyak hadits-hadits shahih yang menganjurkan hal tersebut.

8. Membaca doa sebelum dan sesudah tidur dan dzikir sebelum tidur yang shahih dari Rasulullah, seakan-akan:َ
Ya Allah, peliharalah aku dari adzabmu pada hari Engkau membangkitkan kembali segenap hamba-hamba- Mu”. Dibaca tiga kali.(HR. abu Dawud dan di hasankan oleh Al Albani) Dan membaca:ُ
“Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup.” (HR. Al Bukhari).

Nah itulah pembahasan wacana tidur yang baik semoga mampu bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to " Tata Tutorial Tidur Yang Baik Dan Benar Dalam Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel