-->

Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan Dan Puasa Syawal

Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan Dan Puasa Syawal - Puasa Qadha dan sayawal merupakan puasa yang mempunyai tingkatan aturan yang berbeda, namun keduanya di anjurkan untuk di laksanakan karena terdapat berbagai keterangan yang memrintahkan puasa tersebut terutama puasa ganti ramadhan atau qadha.

Puasa qadha ialah puuasa yang di laksanakan dengan tujuan mengganti puasa yang batal di bulan ramadhan, baik itu batalnya lantaran sakit sehingga tidak sanggup, karena ada halangan perempuan seperti haid, sedang di perjalanan yang cukup jauh serta yang lainnya. Maka dengan itu harus menggantinya di bulan lain seakan-akan bulan syawal, serta mempunyai hukum fardlu atau wajib.

Sedangkan puasa syawal merupakan puasa 6 hari yang di lakukan pada bulan syawal yaitu di mulai dari tanggal 2,3,4,5,6,7 tetapi bila tidak mampu pada tanggal tersebut boleh di hari lainnya asal masih bulan syawal, yang mana puasa ini memiliki fahala yang sangat besar yaitu di ibaratkan puasa setahun, Puasa syaal ini mempunyai aturan sunnah.

Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan Dan Puasa Syawal

Dalam tata Tutorial puasa qadha atau syawal tidak ada perbedaan baik itu yang membatalkan pada puasa atau hal yang lainnya sama juga dengan puasa sunnah lainnya misalnya puasa nisfu sya'ban. Perbedaannya terletak pada bacaan niatnya saja yaitu sebagai berikut :

Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

Artinya : aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan lantaran Allah Ta'ala

Bacaan Niat Puasa Sunnah 6 Hari Bulan Syawal

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam haru bulan Syawal lantaran Allah

Perlu di ketahui puasa qadha ini harus di segerakan jangan sampai menunda-nundanya, apalagi di kerjakan saat bulan ramadhan akan datang lagi contohnya bulan rajab atau sya'ban, meski pun pada dasarnya tidak ada yang melarang, namun lebih baik jikalau bulan syawal sudah beres.

Itulah pembahasan sedikit wacana niat puasa qadha dan syawal agar menjadi suatu pengetahuan yang bermanfaat terutama bagi saya yang menulisnya umumnya untuk kita semua, mohon maaf atas segala kekurangannya.

0 Response to "Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan Dan Puasa Syawal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel