-->

Doa Menyembelih Memotong hewan Quban Idul Adha Milik Sendiri Dan Untuk Orang Lain

Menyembelih Qurban yaitu salah satu ibadah sunnah muakkad yang harus di kerjakan oleh umat muslim yang telah sanggup, sebab makna dari qurban ini sendiri bisa menyebabkan sebagai pencerah jiwa yang berafiliasi dengan ketaqwaan hambanya kepada allah swt. Selain itu bisa menjadi sarana untuk memupuk keikhlasan dan kejujuran diri serta mempererat tali persaudaraan, silaturahmi dan rasa solidaritas yang tinggi.

Memang pada bulan dzulhijjah, terutama tanggal 10 pertama memiliki keunngulan lebih jikalau di gunakan untuk melaksanakan ibadah contohnya puasa sunnah, di mana allah akan memberikan suatu pahala besar bagi orang yang iklas melaksanakannya teladan pada puasa arfah yang akan bisa menghapus dosa dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan tiba. Serta pada tgl 10 terdapat hari raya yang di isi dengan shalat idul adha dan sebagainya.

Sejarah yang mengharuskan umat islam untuk berqurban ini yaitu berawal dari sebuah dongeng nabi ibrahim yang di perintahkan untuk menyembelih anak satu-satunya yang kemudian di ganti oleh allah dengan binatang yang di bawa oleh malaikat dari surga. Juga bisa di jadikan suatu teladan yang baik dari kisahnya habil dan kabil yang pada saat itu nabi adam mendapatkan perintah dari allah supaya kedua anaknya tersebut berqurban dari hasil tani dan ternaknya.

Lalu kedua anaknya pun segera melaksanakan perintah tersebut, sabil melaksanakan qurban dengan hewan ternak yang terbaik dan semata-mata mencari rido allah, sedangkan qabil berqurban denga tidak lapang dada atau terpaksan dan beliau berqurban dengan buah-buahan yang bau. dan dari keduanya tersebut habil lah yang di terima allah swt.

Doa Menyembelih Memotong binatang Quban Idul Adha Milik Sendiri Dan Untuk Orang Lain

Ketika seseorang akan melaksanakan ibadah menyembelih qurban di hari raya idul adha, hal yang harus di perhatikan yaitu menentukan hewan ternak yang akan di qurbankan, baik itu dari usianyaa hingga kesehatannya dan usahakan memilik binatang yang terbaik, gemuk dan banyak dagingnya. Sedangkan hewan atau binatang yang boleh di jadika qurban yaitu domba, sapi, unta, kambing, serta waktu pelaksanaannya sebaiknya langsung sesudah shalat ied idul adha selesai

Doa Menyembelih binatang Qurban Milik Sendiri

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.


Doa Ketika Menyembelih binatang Qurban Milik Orang Lain

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنْ فُلَانٍ

Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.


Kemudian ditambah lafadz doa dibawah ini

اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ

Artinya : Ya Allah, terimalah kurban dari fulan dan keluarga fulan," (dengan menyebut namanya)

فَكُلُواْ مِمَّا ذُكِرَ اسْمُ اللّهِ عَلَيْهِ إِن كُنتُمْ بِآيَاتِهِ مُؤْمِنِينَ

Artinya : Maka makanlah binatang-binatang (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, bila kau beriman kepada ayat-ayat-Nya. (QS. Al-An'am: 118)

وَلاَ تَأْكُلُواْ مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ

Artinya : Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. bahwasanya perbuatan yang semacam itu ialah suatu kefasikan. (QS. Al-An'am: 121)

Di antara syarat-syarat binatang yang akan di qurbankan yaitu yang akan di qurbankan haruslah binatang ternak yang halal bukan hasil mencuri dan berutang serta milik sendiri, Juga harus sudah sampai pada usia yang sebagai mana telah di tentukan dalam syariat islam seakan-akan untuk unta tepat telah mencapai umur lima tahun, sapi dua tahun, kambing 1 tahun dan domba enam bulan. Kesemua hewan tersebut haruslah terbebas dari cacat, buta, sakit yang jelas, sangat kurus dan yang lainnya.

Ulaan di atas yang membahas seputar doa qurban bisa di hafal serta amalkan pada waktunya, semoga apa yang di bahas ini bermanfaat bagi kita semua, silahkan pelajari semua hal yang berafiliasi dengan doa menyembelih memotong hewan quban idul adha milik sendiri dan untuk orang lain ternak, aqiqah, sesuai sunnah, serah terima, tata Tutorial, kambing, sapi, niat dan lain sebagainya.

0 Response to "Doa Menyembelih Memotong hewan Quban Idul Adha Milik Sendiri Dan Untuk Orang Lain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel