-->

Contoh Teks Khutbah Jum'at Bulan Muharram 2019 Keutamaan 10 Hari Asyura 1441 H

Contoh Teks Khutbah Jum'at Bulan Muharram 2019 Keutamaan 10 Hari Asyura 1441 H - Diantara 12 bulan yang ada pada kalender hijriyah, salah satunya merupakan muharram, termasuk pula pada bulan yang di agungkan lantaran selain menyimpan kisah sangat penting dalam perjuangan agama islam, tetapi di muahrram ini juga banyak amalan yang akan di beri pahala berlipat ganda.

Nah untuk itulah di sini kami mengambil judul keutamaan dan bencana bulan muharram, dengan tujuan biar para jemaah andal jum'at termotivasi dan senantiasa memperbanyak amal shaleh di bulan ini, seakan-akan puasa tanggal 9 dan 10. Serta praktis-mudahan dengan adanya tragedi penting tersebut semakin mempertebal keimanan kita kepada allah swt.

Silahkan anda pelajari khutbah selengkapnya di bawah ini, semoga aja mampu menjadi rujukan yang baik.

Contoh Teks Khutbah Jum'at Bulan Muharram 2019 Keutamaan 10 Hari Asyura 1441 H

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ

Alhamdullillah, saat ini kita telah di pertemukan lagi dengan muharram, bulan agung bulannya allah, Ada sebuah peritiwa yang sangat perlu kita sambut kedatangannya karena di dalamnya banyak hal yang bisa di pelajari serta akan sanggup meningkatkan ketaqwaan kita terhadap allah swt, yaitu pada tanggal 10 muharram. Di anta sejarah besar yang terjadi pada hari tersebut yaitu :

1. hari pengampunan allah swt kepada Nabi Adan as.

2. Hari Di selamatkannya nabi nuh as oleh allah dari banjir (topan)

3. Hari di selamatkannya nabi ibrahim as dari api raja namrud

4. Hari di turunkannyakitab tauret kepada nabi musa as.

5. Hari di selamatkannya nabi yusuf as dari dalam sumur

6. Hari di sembuhkannya kembali penglihatan nabi yakub as.

7. Hari di sembuhkannya penyakit nabi ayub as.

8. Hari di keluarkannya nabi yunus as dari dalam perut ikan Hut.

9. Hari di mana laut merah menjadi terbelah dua untuk di Jadikan jalan penyebrangan oleh nabi musa dan para pengikutnya

10. Hari di berikannya kerajaan alam semesta kepada nabi sulaiman as.

11. Hari di Kaprikornuskannya alam dunia.

12. Hari pertama kali di turukannya hujan dari langit

13. hari Pertama kali turunya rahmat ke dunia ini.

Itulah beberapa sejarah penting yang di ceritakan dalam sebuah hadist nabi saw, yang di riwayatkan oleh debu hurairah yang terdapat dalam kitab I'anatut-tholibin juz 11 hal 267.

Haririn yang di muliakan allah

Pada sepuluh muharram ini terdapat salah satu peristiwa penting sangat menarik yang pernah di lalui oleh nabi nuh as beserta para pengikutnya yaitu selamatnya mereka dari peristiwa bajir atau angin ribut. Nabi nuh merupakan anak dari nabi syis bin nabi adam, umur dia yaitu 100 tahun. Ketika umur 40 tahun dia suah di angkat menjadi rosul dan mulai mengadakan dakwah kepada kaum kafir selama 950 tahun.

Selama 950 tahun nabi nuh as dakwah, hanya 80 orangyag setia dan mengikutinya beserta sebagian keluarganya. lantaran selama tersebut umat nabi nuh terus membangkan dan terus menerus melaksanakan banyak sekali dosa nabi nuh memohon atau berdoa kepada allah swt supaya kaumnya tersebut di hancurkan.
Berikut yaitu bacaan doanya :

رَبِّ لا تَذَرْ عَلَى الأَرْضِ مِنَ الكافِرِينَ دَيّاراً * إِنَّكَ إِنْ تَذَرْهُمْ يُضِلُّوا عِبادَكَ وَلا يَلِدُوا إِلّا فاجِراً كَفّاراً

Robbi laa tadar 'alal ardhi minal kaafiriina dayyaron, Innaka intadarhum yudillu 'ibadaka walaa yaliduu illa faziron kaffaron.

Artinya : Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorang pun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi. sesungguhnya jika Engkau biarkan mereka tinggal, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hamba-Mu, dan mereka tidak akan melahirkan selain anak yang berbuat maksiat lagi sangat kafir.

Hadirin Yang Di Muliakan Allah

Lantas doa nabi nuh as pun di kabulkan oleh allah swt berupa tibanya banjir yang menenggelamkan alam semesta ini, banjir tersebut di mulai dengan datangnya hujan selama 40 dan 40 malam sehingga keluarlah aneka macam sumber air secara terus menerus dari dalam tanah
Dan gunung-gunung pun tengelam termasuk pepohonan, Semua insan, hewan-hewan dan semuanya mati terkecuali nabi nuh beserta 80 orang pengikutnya dan beberapa binatang dan burung yang berjodoh-jodoh selamat di atas bahteranya nabi nuh as, bahkan anaknyapun yang berjulukan kan'an ikut tenggelam di dalam banjir tersebut lantaran dia mengingkari ayahnya nabi nuh as.
Kejadian ini di mulai dari bulan rajab dan berakhir pada tanggal 10 muharram.

Hadirin yang di muliakan allah

Peristiwa banjirnya nabi nuh as ini menyimpan makna sangat mendalam yang mampu di ambil oleh kita untuk Kaprikornus aliran dalam kehidupan sehari-hari di antaranya.

1. Dengan keagungannya allah swt, mampu menurunkan sebuah siksa dengan Tutorial di luar logika insan saperti banjir yang sanggup menenggelamkan seluruh jagat raya ini. Begitu pula siksaan yang datang kepada kaumnya nabi musa as berupa hama dan menghabiskan semua tanaman kaumnya Serta peristiwa yang terjadi pada kaum Ad dan banyak lagi yang lainnya.

2. Di mana-mana allah swt menurunkan atau memberikan sebuah petaka apapun itu bentuknya, hal tersebut merupakan suatu teguran biar insan berpikir dan bertobat kepada allah swt.

3. Di mana-mana allah swt menyampaikan sebuah siksaan kepada orang orang yang kufur dan berdosa, maka orang shalih tidak berdosa pun akan kebagian madzaratnya, seperti nabi nuh as dan pengikutnya harus rela dalam waktu cukup usang di atas air. Sebagai mana firman allah swt

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Wattaquu fitnata laa tusiibannal-ladziina dholamuu minqum khoossotan wa'lamuu annalloha sadiidul 'iqob.

Artinya : Dan peliharalah diri kalian  dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kalian dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya. (QS. Al Anfal ayat 25).

Namun untuk orang yang sholeh justru akan menambah fahala. Sedangkan tandanya merasa takut yaitu dengan Tutorial memperbanyak bacaan istighfar serta melaksanakan amar ma'ruf nahyi munkar. Jangan membiarkan orang-orang terlarut dalam dosa tapi harus selalu saling menasehati, sebagai mana sabda rosululloh saw;

Idza doharol bida'u wasakatal 'alimu fa'alaihi la'natullohi

Artinya : Di mana-mana sudah nampak perbuatan atau kelakuan-kelakuan yang bertolak belakang dengan agama, Sedangkan orang yang tahu (berilmu) tidak peduli atau tidak menasihatinya, maka murkanya allah akan datang kepadanya terlebih pada orang yang berbuat maksiatnya.

4. Adanya kesalahan(dosa-dosa) anak tidak mampu di tolong leh ayahnya meskipun orang shalih, terlebih jikalau orang tuanya tidak mau mendidik anaknya maka orang bau tanah tersebut akan terbawa pada kecelkaan yang di lakukan anaknya.

5. Pertama kali adanya teknik dari pembuatan bahtera atau kapal laut di pelopori oleh nabi Nuh as.

Hadirin yang allah muliakan

Dalam Rangka memperingati atau menyambut hari asyura ini, di sunnahkan kepada seluruh umat muslim untk :

1. Melaksanakan puasa sunnah pada tanggal 9 dan 10 bulan muharram atau puasa bulan muharram

2. Memperbanyak shalat sunnah, membaca dzikir dan istighfar pada waktu malamnya.

3. Memperbanyak silaturahmi terutama ke para ulama, menjenguk orang sakit, menyantuni fakir miskin terutama anak pada anak yatim, memperbanyak bacaan al-qur'an dan sebagainya.

وَقَالَ الْأَجْهُوْرِيُّ أَيْضًا: ذَكَرَ
السَّيِّدُ الْمَدْعُوُّ غَوْثَ اللهِ فِيْ كِتَابِ الْجَوَاهِرِ؛ أَنَّ مَنْ
قَالَ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ (سَبْعِيْنَ مَرَّةً): حَسْبِيَ اللهُ وَنِعْمَ
الْوَكِيْلُ، نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. وَقَالَ فِيْهِ هَذَا
الدُّعَاءَ (سَبْعَ مَرَّاتٍ) لَمْ يَمُتْ تِلْكَ السَّنَةَ، وَمَنْ دَنَا
أَجَلُهُ لَمْ يُوَفَّقْ لِقِرَاءَتِهِ، وَهَذَا هُوَ الدُّعَاءُ

Kesimpulan dari khutbah bulan muharram ini yaitu :

1. Siksa dosa di alam dunia yaitu untuk orang yang berdosa

2. Penting sekali dakwah ke masyarakat umum

3. Anak pembangkang tidak akan mampu di tolong oleh orang tuanya dari siksa allah swt.

4. Taubat dari dosa harus cepat-cepat di lakukan sebelum mati menjemput

5. Ilmu teknik yaitu wahyunya allah

6. Adanya petaka yang bermacam-macam di luar nalar manusia merupakan peringatan dari allah swt.

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
مَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ الْمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتَنِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَر

Nah itulah contoh dari khutbah jum'at bulan muharram 2019 tentang keutamaan dan tragedi pada tanggal 10 hari asyura singkat terbaik terbaru 1440 h mudah-mudahan membawa berkah bagi kita semua. Amin...

0 Response to "Contoh Teks Khutbah Jum'at Bulan Muharram 2019 Keutamaan 10 Hari Asyura 1441 H"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel