-->

Bacaan Niat Sholat jenazah perempuan laki-laki Banyak Dan Artinya

Sholat jenazah atau sering juga di sebut sholat mayit merupakan salah satu kesunnahan yang mempunyai aturan fardhu kifayah yaitu wajib di kerjakan oleh sebagian kaum muslim terutama yang berdekatan dengan si mayat tersebut, kalau di salah satu kampung ada yang meninggal dan sama sekali tidak ada yang menshalatkannya, maka satu kampung itu semuanya berdosa.

Namun melihat zaman kini banyak sekali orang-orang yang tidak peduli untuk melaksanakan shalat jenazah, meskipun itu tetangga dekatnya sendiri, lantaran berbagai faktor alasan, ada yang merasa takut dan banyak juga karena tidak tahu tata Cara dan bacaan shalat mayat. Makanya disini kami akan mencoba membahasnya secara lengkap, dengan keinginan orang-orang tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan shalat mayit tersebut.

Memang perlu di akui bahwa dalam pelaksanaan sholat mayit ini agar berbeda dengan pada umumnya, kalau yang lainnya sholat sunnah di kerjakan dengan adanya sujud ruku dam tasyahud akibat, maka dana menshalkan jenazah ini hanya ada empat takhbir saja yang di tutp dengan salam, sehingga setidaknya untuk pelaksanaannya memerlukan pengetahuan khusus.

Bacaan Niat Shalat mayit Dan Tata Caranya

Sebaiknya kalian simak pembahasannya di bawah ini, pelajari dengan baik. lantaran bagaimana pun niscaya shalat ini suatu dikala akan kita laksanakan.


Syarat-Syarat Melaksanakan Shalat mayit
  • Orang yang melakukan sholat jenazah harus memenuhi syarat sahnya shalat pada umumnya. contohnya ialah menutup aurat, suci dari hadast, menghadap kiblat dll.
  • Jenazah yang akan dishalati harus sudah dimandikan serta dikafani
  • Jenazah diletakkan disebelah mereka yang akan menyolati, kecuali jikalau dilaksanakan di atas kubur atau shalat ghaib.

Posisi Bagi Imam Pada Shalat mayat
Dalam shalat mayat ada aturan-aturan tertentu yang mesti di patuhi terutama bagi seorang imam, ketika seorang imam menshalati mayat maka posisi imam harus ada di sebelah kepalanya mayit, bila mayitnya laki-laki/pria, jika mayitnya perempuan/wanita maka posisi imam harus berada di sebelah belahan tengahnya (pinggang), sebagai mana dalam sebuah hadist di katakan:

“Saya shalat di belakang Nabi sallallahu’alaihi wa sallam terhadap perempuan yang meninggal lantaran nifasnya, kemudian beliau berdiri di tengahnya.” HR. Bukhori, 1331 dan Muslim, 964.

Tata Tutorial Dan Bacaan Shalat jenazah

1. Niat
Sebagaimana halnya shalat-shalat yang lainnya baik yang fardlu maupun sunat misalnya Cara shalat hajat, niat merupakan suatu hal yang tidak boleh di tinggalkan lantaran menjadi salah satu rukun dalam setiap shalat begitu juga dalam shalat mayit.

Niat Shalat mayit jikalau mayitnya Laki-Laki

Niat, Doa Dan Tata Cara Shalat Jenajah

Usholli ala hadal mayyiti arba'a takbirotin fardlu kipayatin ma'muaman lillahi taala

Jika mayitnya Perempuan


Bacaan Niat Shalat mayit dan Tata Cara Shalat jenazah

Usolli ala hadihil mayitati arba'a takbirotin fardlu kipayatin imaman/ma'muman lillahi taala

2. melakukan takbir yang pertama sambil di dalam hati menghadirkan niat di lanjut membaca surat fatihah

Bacaan Niat Shalat mayit dan Tata Cara Shalat mayat

3. melakukan takbir yang kedua di lanjut membaca shalawat kepada nabi sebagai mana bacaan shalawat di dalam tahiyat shalat.

Bacaan Niat Shalat mayat dan Tata Cara Shalat jenazah

4. melakukan takbir yang ke empat di lanjut membaca doa

Niat, Doa Dan Tata Cara Shalat Jenajah

Doa ini di baca kalau mayitnya laki-laki adapun untuk perempuan maka hurup (HU)di ganti menjadi (HA) kalau mayitnya dua maka karakter (HU) di ganti menjadi (HUMA) kalau mayitnya tiga atau lebih maka di ganti menjadi (HUM) begitu juga untuk doa pada takhbiran ke empat.

5. melaksanakan takbir yang ke empat di lanjut membaca doa

Niat, Doa Dan Tata Cara Shalat Jenajah

6. Salam

Demikian pembahasan kami wacana niat sholat mayit semoga bermanfaat bigi kita semua, mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kesalahan pada tulisan dan pembahasannya. Dan juga jangan lupa untuk mengupas semua yang berkaitan dengan bacaan niat sholat mayit perempuan anak anak laki laki remaja banyak lebih dari satu beserta artinya shalat sesuai sunnah, tata Cara, doa takbir ke 4, sesudah, latin, dalam bahasa arab, beserta bacaannya memandikan, ghaib dan yang lainnya.

0 Response to "Bacaan Niat Sholat jenazah perempuan laki-laki Banyak Dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel