-->

Huruf Ikhfa Syafawi dan misalnya


Ada satu Huruf Ikhfa Syafawi yang akan dibahas pada artikel ini. Tetapi memang huruf Ikhfa’ Syafawi hanya ada 1 saja, tidak lebih sebagimana jumlah abjad Iqlab. Meski hanya akan ada satu karakter yang dibahas, baik dibahas terlebih dahulu wacana pengertian dan bagaimana Tutorial membacanya.

Ikhfa Syafawi


Secara kamus, pengertian Ikhfa’ mempunyai arti samar. Tetapi sanggup juga diartikan dengan tertutup. Ini lantaran bunyi asli dari Mim Mati tidak terdengar terang saat suatu bacaan dihukumi dengan bacaan Ikhfa’. Sebaliknya, yang terdengar ialah suara samar antara Mim Mati dibaca Izhar dan Idghom. Tidak Izhar dan tidak Idghom.

Sedang begitu, kata Syafawi adalah satu istilah yang digunakan untuk pemanis hukum Mim Mati. Itu karena Syafawi berarti hal yang terkait dengan bibir. Sedang Mim Mati sendiri ialah karakter yang mempunyai makhraj di bibir. Sehingga, kata Syafawi menjadi tanda bahwa aturan yang sedang dibahas ialah Mim Mati.

Lantas bagaimana dengan pengertian Ikhfa’ Syafawi? Ikhfa’ Syafawi secara pengertian ialah Mim Mati dikala berada di depan Huruf Hijaiyah Ba’. Itu saja. Tidak banyak yang membahas apakah posisi Mim Mati dan Ba’ berada dalam satu kata atau tidak. Tetapi, di dalam Al-Quran hampir tidak ditemukan aturan Ikhfa’ Syafawi yang ada dalam satu kata saja.

Huruf Ikhfa Syafawi


Seperti yang sudah disebutkan di atas, abjad Ikhfa Syafawi hanya ada satu saja, yaitu aksara Ba’. Dalam aturan ini, Mim Mati yang menjadi pembahasan utama, berhadapan dengan abjad Ba’. Kedua karakter itu memang mempunyai makhraj di bibir, tetapi tidak ada yang membolehkan kedua abjad tersebut diidghomkan.

Ini tentu harus menjadi perhatian bagi setiap orang yang membaca Al-Quran. pelengkap, terdapat ghunnah sepanjang satu alif ketika membaca aturan Ikhfa’ Syafawi. Memang, ada sebagian kecil ulama yang tidak memakai ghunnah saat membaca Ikhfa’ Syafawi, tetapi kebanyakan ulama andal Tajwid di Mesir, Andalusia, dan Syam menggunakan ghunnah dikala membacanya.

Huruf Ikhfa Syafawi di depan Mim Mati

Contoh bacaan Ikhfa’ Syafawi disajikan dalam tabel di bawah. Tabel disempurnakan dengan surat dan ayat asal teladan diambil. Dengan begitu, akan mudah bagi Anda untuk menelusuri muasal rujukan tersebut.

No
Contoh
Surat dan Ayat
1
وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ
Al-Baqarah: 8
2
أَنْفُسَكُمْ بِاتِّخَاذِكُمُ
Al-Baqarah: 54
3
آَتَيْنَاكُمْ بِقُوَّةٍ
Al-Baqarah: 63
4
عَلَيْهِمْ بِالْإِثْمِ
Al-Baqarah: 85
5
وَمَا هُمْ بِضَارِّينَ
Al-Baqarah: 102

Ambil teladan yang pertama: وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ. Mim mati pada kata هم tidak dibaca dengan terperinci. Namun juga tidak diidghomkan pada abjad Ba’ di depannya. Ambil tengah-tengah antara Izhar dan Idghom Mim Mati tersebut. Jangan lupa ghunnah, alasannya ialah ghunnah pada Ikhfa’ Syafawi sepanjang satu alif.

Baca Juga;
  1. Hukum Gunnah dalam Ilmu Tajwid Beserta teladannya
  2. Hukum Mim dan Nun Bertasydid dalam Ilmu Tajwid
  3. 30 pola Ikhfa dalam Al-Qur’an Beserta Surat dan Ayatnya

Kiranya, pola lain sanggup disamakan dengan klarifikasi Cara baca satu pola huruf ikhfa syafawi di atas. Dan dengan demikian, paparan ihwal hukum tajwid lengkap menjadi cukup. biar bermanfaat. Salam.

0 Response to "Huruf Ikhfa Syafawi dan misalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel