-->

Idgham Mutajanisain: Pengertian, karakter, dan misalnya


Di dalam kitab-kitab Tajwid, terdapat satu pecahan khusus yang menjelaskan pengertian idghom. Idghom yang dibahas di dalam pecahan tersebut bukan lagi tentang Idghom Bigunnah, Idghom Bilaghunnah, atau Idghom Mimi. Tetapi idghom lain lantaran ada pertemuan dua abjad yang saling mempunyai kesamaan, entah sifat atau pun tempat keluarnya. Salah satu idghom tersebut beliaulah Idgham Mutajannisain.

Idgham Mutajanisain


Ada Kitab dalam hukum tajwid yang membagi idghom ke dalam tiga penggalan, yaitu;
  1. Idghom Mutamatsilain
  2. Idghom Mutaqoribain
  3. Idghom Mutajanisain.
Tetapi ada juga yang membagi idghom ke dalam dua hukum, yaitu Idghom Mutamatsilain dan Idghom Mutajanisain, tanpa Idghom Mutaqoribain. Salah satu kitab yang menjelaskan idghom terbagi menjadi dua yaitu Syifaul Jinan.

Dalam kitab yang sama, Idghom Mutajanisain diartikan dengan pertemuan dua karakter yang mempunyai makhraj sama, tetapi sifatnya berbeda. Tutorial membaca idghom ini tidak lagi memakai ghunnah, tetapi tanpa ghunnah seperti dikala mengucapkan Nun Mati bertemu dengan huruf hijaiyah Lam atau Ro’. Namun, tetap ada huruf tertentu yang Tutorial membacanya menggunakan ghunnah.

Apa saja huruf-huruf yang mempunyai kesamaan makhraj, namun tidak dengan sifatnya? Anda sanggup tahu dengan membaca artikel ini lebih lanjut.

Huruf Idgham Mutajanisain


Huruf Idghom Mutajanisain yang sering ditemui yaitu aksara ت yang bertemu dengan ط atau د. Atau karakter ل yang bertemu dengan huruf ر. Atau karakter د yang bertemu dengan abjad ت. Adalagi abjad Idgham Mutajannisain, yaitu ذ yang bertemu dengan abjad ظ. Dan tambah satu lagi, dikala ada ث bertemu dengan ذ.

Huruf lain masih ada yang tergolong abjad Idghom Mutajannisain. Tetapi, Cara membacanya berbeda dengan karakter sebelumnya. karena yaitu, karakter yang ini Tutorial membacanya dengan memberi dengung, bukan tanpa dengung seolah-olah abjad yang lain. huruf tersebut ialah karakter ب mati yang bertemu dengan م.

Contoh Idgham Mutajanisain

Contoh Idghom Mutajanisain berikut tersaji dalam bentuk tabel. Masing-masing abjad mendapat jatah satu pola. Jadi sebanyak itu abjad Idghom Mutajannisain, sebanyak itu pula teladannya. Pada kolom keterangan, diisi abjad apa yang bertemu di dalam lafadz yang menjadi pola. setuju, ini dia tabelnya.

No
Lafadz
Huruf dan Membacanya
1
فَآَمَنَتْ طَائِفَةٌ
ت mati bertemu dengan ط. Dibaca idghom tanpa dengung.
2
قَدْ أُجِيبَتْ دَعْوَتُكُمَا
ت mati bertemu dengan د. Dibaca idghom tanpa dengung.
3
قد تبين
د mati bertemu dengan ت. Dibaca idghom tanpa dengung.
4
إذ ظلمتم
ذ mati bertemu dengan ظ. Dibaca idghom tanpa dengung.
5
يَلْهَثْ ذَلِكَ
ث mati bertemu dengan ذ. Dibaca idghom tanpa dengung.
6
يابني اركب معنا
ب mati bertemu dengan م. Dibaca idghom dengan dengung.

Kiranya, cukup jelas penjelasan wacana pengertian Idghom Mutajannisain dan teladannya. Demikian juga dengan tumpuan dan hal-hal yang berkaitan dengannya. biar saja, artikel ini sanggup membantu Anda memahami Idgham Mutajannisain dengan lebih dalam. Salam dan terima kasih.

0 Response to "Idgham Mutajanisain: Pengertian, karakter, dan misalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel