-->

17 Macam-Macam Makhorijul karakter dan Sifatnya Lengkap

Salah satu bahan yang sangat penting ketika mempelajari ilmu tajwid ialah materi perihal macam-macam Makhorijul abjad dan sifatnya. Pengertian makhorijul abjad ialah istilah untuk menyebut tempat-tempat keluarnya karakter. Dengan mengetahui makhorijul huruf diperlukan seseorang yang berguru bisa lebih simpel mengucapkan dan membedakan bunyi aksara-huruf di dalam Al Quran.

Macam Makhorijul huruf


Secara keseluruhan jenis, jumlah cuilan makhorijul huruf terbagi menjadi 17 macam. Namun, dari 17 macam tersebut, dikelompokkan menjadi 4 kelompok besar. Empat kelompok besar tersebut yaitu Jauf atau rongga verbal; Halq atau tenggorokan; Lisan atau lidah; dan terakhir, Syafatain atau dua bibir.

Di samping empat kelompok tersebut, ada satu lagi kategori makharijul karakter yang tidak memiliki penggalan dari 17 makhorijul karakter yang ada. Makhorijul aksara tersebut adalah khoisyum yang artinya rongga hidung.
Baca juga; Sebutan abjad dan klarifikasi 5 Makhraj karakternya dalam aturan Tajwid [Disertai Gambar]

Jauf (الجَوْف)


Jauf yaitu kategori makhraj yang berada di rongga mulut. Terdapat dua makhraj yang termasuk dalam kategori Jauf. Makhraj pertama ada di tengah-tengah rongga verbal. huruf yang keluar dari makhraj ini ialah abjad alif yang jatuh sesudah harokat fathah. 

Makhraj kedua ada di langit-langit rongga ekspresi. karakter yang keluar dari makhraj ini adalah abjad wawu mati (وْ) dan ya’ mati (يْ). Syaratnya, wawu mati tersebut harus jatuh setelah harakat dlummah. Sedang untuk ya’ mati, syaratnya harus jatuh sesudah harakat kasrah.

Halq (الحَلْق)


Kategori ini terdiri dari tiga makhraj, yaitu pangkal tenggorokan yang menjadi daerah keluarnya huruf hamzah (أ) dan abjad ha’ (هـ); tengah tenggorokan yang menjadi kawasan keluarnya abjad ‘ain (ع) dan huruf cha’ (ح); dan tenggorokan pecahan atas, tempat keluarnya karakter ghoin (غ) dan karakter kho’ (خ).

Lisan (اللِّسَان) 


Pembahasan berikutnya tentang macam-macam Makhorijul karakter dan sifatnya ialah kategori Lisan. Kategori ini terbagi ke dalam 10 makhraj. Makhraj yang pertama adalah pangkal lidah serpihan atas yang merupakan tempat keluarnya karakter qof (ق). Makhraj kedua adalah pangkal lidah bagian bawah yang menjadi tempat keluarnya aksara kaf (ك).

Makhraj ketiga kategori Lisan adalah tengah lidah. karakter yang keluar dari makhraj ini adalah aksara syin (ش), huruf jim (ج), dan aksara ya’ (ي). Khusus untuk abjad ya’ yang keluar dari makhraj ini ialah ya’ hidup atau ya’ mati yang bukan termasuk Mad Thobi’i.

Makhraj berikutnya adalah tepi lidah samping gigi geraham kanan atau kiri. huruf yang keluar dari makhraj ini adalah abjad dlod (ض). Makhraj kelima ialah tepi pengecap sampai pangkal pengecap. aksara yang keluar dari makhraj ini ialah huruf lam (ل). Makhraj keenam adalah ujung lidah. Makhraj ini menjadi kawasan keluarnya aksara nun (ن).

Makhraj berikutnya yaitu punggung pengecap sedikit lebih ke dalam daripada makhraj nun. karakter yang keluar dari makhraj ini ialah huruf ro’ (ر). Makhraj kedelapan adalah daerah keluarnya huruf tho’ (ط), karakter dal (د), juga huruf ta’ (ت). Makhraj ini ialah ujung pengecap dengan menyentuh pangkal dua gigi seri kepingan atas.

Ini berbeda dengan makhraj ujung lidah dan menyentuh dua gigi seri bagian atas. Makhraj ini menjadi daerah keluarnya karakter shod (ز), aksara sin (س), juga karakter shod (ص). Dan makhraj kesepuluh dari makhraj yang masuk kategori Lisan yaitu ujung lidah sedikit keluar dari dua gigi seri bagian atas. karakter yang keluar dari makhraj ini ialah abjad dzal (ذ), karakter dho’ (ظ), juga aksara tsa’ (ث).

Syafatain (شَفَتَيُن)


Makhraj dalam kategori ini yaitu bibir potongan dalam yang menyentuh ujung dua gigi seri pecahan atas. karakter yang keluar dari makhraj ini adalah abjad fa’ (ف). Sedang makhraj berikutnya ialah makhraj yang berada di antara dua bibir.

Huruf yang keluar dari makhraj ini adalah huruf wawu (و) yang mengharuskan membuka bibir saat mengucapkannya, juga karakter mim (م) dan aksara ba’ (ب) yang mengharuskan menutup bibir ketika mengucapkannya.

Khoisyum (الخَيْشُوْم)


Makhraj kategori ini adalah makhraj yang menjadi kawasan keluarnya suara dengung pada karakter yang dibaca ghunnah. Posisinya berada di rongga hidung. karena itu, orang yang sedang terjangkit flue menjadi terganggu ketika membaca aksara yang bersuara dengung.

Demikianlah macam-macam Makhorijul abjad dan sifatnya yang sangat perlu diketahui oleh seseorang ketika mempelajari Ilmu Tajwid secara lengkap. biar artikel yang aku tulis ini mampu memahamkan. Trimakasih, jangan lupa baca juga goresan pena lainnya;
  1. Pembagian Makhroj huruf dan Tutorial Membacanya
  2. Istilah aturan Dalam Ilmu Tajwid dan Bahasannya
  3. Sifat abjad [Pengertian, Jenis, dan klarifikasi]

0 Response to "17 Macam-Macam Makhorijul karakter dan Sifatnya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel