-->

Hukum Shalat Jumat (Fiqih)

Shalat jum’at aturannya wajib berdasarkan dalil dari al-Qur’an, as-Sunnah, dan ijma’ ulama.  Adapun dalil dari al-Qur’an ialah firman Allah Subhanahu wata’ala  surah Al Jum'ah ayat 9.

????????????????????? ?????????????????????? ??????????? ???? ?????? ??????????? ?????????? ????? ?????? ????? ????????????????? ?


Hai orang-orang yang beriman, apabila diserukan kepadamu shalat jum'at, maka bergegaslah untuk mengingat Allah dan tinggalkan daganganmu.

Adapun dalil dari as-Sunnah, ialah hadits yang secara tegas menunjukkan wajibnya shalat jum’at, yaitu hadits Thariq bin Syihab dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam,

 ??????????? ????? ??????? ????? ????? ???????? ??? ????????? ??? ??????????: ?????? ??????????? ???? ?????????? ???? ???????? ???? ????????


Shalat jum’at yaitu hak yang wajib atas setiap muslim dengan berjamaah, kecuali atas empat (golongan) yaitu budak sahaya, wanita, anak kecil, atau orang yang sakit.


Hukum shalat jum'at bagi pria
Maka menurut hadits di atas jelas bahwa hukum shalat jumat bagi laki-laki yaitu wajib dengan dilakukan secara berjamaah.

Hukum shalat jum'at bagi perempuan
Dari hadits di atas pula, disimpulkan bahwa shalat jum'at tidak diwajibkan bagi kaum wanita, akan tetapi bila seorang wanita melakukan shalat jum'at bersama imam shalat jum'at maka shalatnya sah sah saja.

0 Response to "Hukum Shalat Jumat (Fiqih)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel