-->

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doanya (Fiqih)

Seperti telah kita ketahui bahwa yang namanya niat itu tempatnya di dalam hati. Jadi bila teman fiqih semua mau melaksanakan shalat tahajud, maka cukup niat di dalam hati saja, maka itu sudah sah sholatnya.

Namun demikian, masih ada sobat yang bertanya dan meminta bagaimana ucapan niat sholat tahajud. Barangkali karena kebiasaan, maka jikalau niat shalatnya tidak diucapkan, seolah-olah ada yang kurang.

Tidak salah memang, karena para ulama salafi dengan hasil ijtihadnya membolehkan bahkan mensunatkan mengucapkan atau melafadzkan niat sholat, termasuk niat shalat tahajud. Memang bid'ah, namun dikategorikan bid'ah hasanah, lantaran ada sebagian orang yang merasa terbantu kekhusyuannya ketika memulai shalat dengan mengucapkan niat  terlebih dahulu, disamping niat di dalam hati.

Tentu saja kita bebas menentukan pendapat sesuai dengan akidah masing-masing, yang penting tidak saling menyalahkan. Toh, kedua pendapat masing-masing ada yang mempertanggungjawabkannya dan ada dasarnya. Saya pun terkadang mengambil keduanya, lantaran tidak termasuk kategori talfiq.

Baiklah, bagi sobat yang suka menyertakan lafadz ketika niat, berikut ini lafadz niat shalat tahajud, baik arab, latin dan artinya.

????????? ??????? ???????????? ???????????? ???????????? ??????????? ??????? ??????? ????????


Usholli sunnatat tahajjudi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Aku niat melaksanakan shalat sunat tahajud 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, ketika ini, lantaran Allah ta'ala.

Adapun mengenai tatacara dan doanya, silahkan baca artikel fiqih lainnya yang berjudul shalat tahajud dan doanya.

0 Response to "Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doanya (Fiqih)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel