-->

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Tata Cara Dan manfaatnya Dalam Bahasa Arab

Puasa Senin kamis merupakan ibadah sunnah yang begitu tinggi tingkatannya serta bisa memberikan aneka macam kebaikan pada setiap orang yang mengerjakannya. Memang Islam merupakan agama yang sangat baik dan berlimpah berbagai kebaikan, itu terbukti dengan banyaknya amalan-amalan dalam agama yang mampu menjadi suatu pahala bagi umatnya, bahkan setiap langkah dan detak jantung kita pun mampu menjadi suatu kebaikan yang di catat oleh allah swt sebagai amal sholeh, itulah agama islam yang begitu sempurna dan hening.

Di dalam agama islam banyak sekali amalan-amalan mulai dari hal yang di wajib kan hingga yang di sunahkan contohnya sholat 5 waktu, sholat sunnah, berzikir, shodaqoh sampai puasa wajib dan sunnah, dan kesemua itu tidak perneh memberatkan umatnya untuk di laksanakan, jikalau tidak mampu maka selalu ada rukhsoh ( dispensasi ) kepad umat nya contohnya saja sholat jumat yang di wajibkan kepada seluruh kaum pria tetapi saat di sedang sakit atau sedang berada dalam perjalanan maka ada keringanan, yaitu boleh tidak melakukannya dan di ganti dengan sholat dzuhur.

Tetapi di sini kami akan fokus pada suatu pembahasan yang di sunnahkan serta sudah menjadi suatu amalan yang alangkah baiknya kita laksanakan yaitu niat puasa senin kamis, puasa senin kamis ini merupakan puasa yang di laksanakan pada hari senin dan kamis dan puasa ini selalu di laksanakan oleh rosullulloh saw, knapa rosul selalu melaksanakannya? terdapat dalam sabdanya yaitu :

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Tata Tutorial Dan manfaatnya Dalam Bahasa Arab

Segala amal perbuatan insan pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu saya bahagia saat amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

" bekerjsama Rasulullah SAW ialah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. dikala ditanya tentang sebab, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, "Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).

Nah maka kita sebagai umat nya yang selalu taat kepada seluruh anutan dan sunnahnya, alangkah baiknya kita melaksanakan puasa ini supaya termasuk kepada golongan andal nirwana karena tidak pernah tertinggal mengikuti sunah nabinya. yang pastinya di hari akibat nanti kita menerima derma alloh dan safaat nabi kita muhammad saw. Bagi kalian yang ingin melaksanakannya kami akan tulis bacaan niatnya di sini barang kali di antara kalian banyak yang belum tahu dan ingin menghapalnya silahkan lihat di bawah ini.

Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumal itsnaini lillahi ta'alaa.

Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah lantaran Allah ta’ala.

Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumal khomiisi lillahi ta'alaa.

Artinya : Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Lalu kapan waktu mengucapkan niat puasa sunnah ini apakah sama dengan puasa wajib yaitu harus sebelum datangnya waktu subuh atau malam hari? dalam hal ini ada dua pendapat para ulama. Pendapat yang pertama menyatakan bahwa niat pada puasa sunnah mampu di lakukan pada siang hari jika lupa pada malam harinya dengan syarat belum melaksanakan hal-hal yang membatalkan pada puasa seperti makan, minum dan yang lainnya. Pendapat yang ke dua yaitu menyatakan bahwa niat pada puasa sunnah seperti senin kami maka tetap harus di laksanakan pada malam hari atau sebelum datangnya waktu subuh.

Pendapat yang pertama keluar dari pernyataan 3 madzhab yaitu syafi'i, Hambali dan juga Hanafi berdasarkan pada sebuah hadist dari Aisyah R.A

"Rasulullah SAW pernah menemuiku pada suatu hari. kemudian dia bertanya, “Apakah kamu memiliki makanan?” aku menjawab, ‘Tidak.’
Lalu beliau menyampaikan, “Jika demikian, saya puasa (sunnah) saja.”

SEmentara pendapat yang kedua terdapat pada madzhab maliki yang menyatakan niat puasa senin kamis harus di lakukan sebelum subuh seolah-olah niat pada bullan ramadhan berdasarkan pada sebuah hadist :

“Siapa yang tidak berniat puasa di malam hari (sebelum subuh) maka tidak ada puasa baginya.”

Terlepas dari perbedaan di atas, maka kita sebagai orang indonesia yang mayoritasnya madzhab syafi'i maka alangkah baiknya kita mengikuti apa yang di di tentukannya.

Mungkin cukup itu saja pembahasan kali ini perihal bacaan niat puasa senin kamis berdasarkan islam dalam bahasa arab dan indonesia dan bacaan doanya mudahan mudahan apa yang kami bahas ini bermanfaat bagi kita semua, dan yang paling penting semoga kita mampu mengamalkan nya. Untuk mampu lebih memperdalam pengatahuan dari puasa sunnah ini maka silahkan pelajari juga semua yang berkaitan dengan bacaan niat puasa senin kamis tata Cara dan manfaatnya dalam bahasa arab ganti, doa berbukanya, biar cepat mampu jodoh, tidak sahur, hari lahir, sekaligus membayar hutang ramadhan, qodho, jawa, nu, daud, dan lain sebagainya.

0 Response to "Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Tata Cara Dan manfaatnya Dalam Bahasa Arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel