-->

Dalil Manfaat Keutamaan Pengertian Puasa Asyura Dan Tasu'a 2019

Pengertian puasa asyura dan tasu'a merupakan ibadah sunnah tahunan yang di kerjakan pada bulan muharram tanggal 9 dan 10 sedangkan untuk nama Asyura sendiri berasal dari bahasa arab yang memiliki arti sepuluh sedangkan tasu'a sama dari bahasa arab artinya sembilan. Kedua puasa ini memiliki aturan sunnah yang di anjurkan pelaksanaannya alasannya di dalam nya menyimpan keutamaan dan manfaat yang cukup tinggi sehingga akan sayang apabila di tinggalkan begitu saja.

Memang apabila melihat dari sisi keutamaan atau manfaat, setiap masing puasa sunnah yang telah di syariatkan dalam agama islam, tentu mempunyai keunggulan tersendiri, tatapi puasa muharram ini mampu di katakan lebih spesial alasannya tidak hanya berada di bulan yang menjadi awal tahun gres tetapi juga berada di bulan yang muliakan oleh allah swt. Dengan begitu akan sangat lebih utama apabila muharram di isi dengan amalan sunnah.

Jika berbicara wacana puasa asyura dan juga tasu'a tentu tidak akan lepas dari sebuah kisan yang berafiliasi dengan kaum quraisy, di mana nabi muhammad saw di suatu dikala sampai di madinah, melihat kaum tersebut sedang melakukan puasa, lantas nabi pun bertanya kepada mereka wacana puasa tersebut, kemudian mereka menjawab bahwa sekarang ialah hari baik dimana junjunan kami musa berpuasa pada hari ini sebagai tanda sukur lantaran di selamatkan dari kejaran musuh maka kami pun berpuasa.

Dalil Manfaat Keutamaan Pengertian Puasa Asyura Dan Tasu'a

Lalu kemudian nabi muhammad saw menegaskan bahwa kami lebih berhak untuk itu, lantas beliau pun berpuasa pada tanggal 10 tersebut atau di sebut dengan asyura. Namun umat islam di madinah berperotes terhadap hal tersebut lantaran menyamai dengan puasanya kaum yahudi, dan sehabis itu nabi pun menegaskan sebenarnya kami di tahun depan akan berpuasa juga tanggal 9 nya. Tetapi belum juga sampai di tahun depan , beliau baginda nabi sudah wafat.

Ceperti yang cukup populer di atas bukan lah sebuah sejarah turun temurun yang tidak di ketahui sembernya, tetapi semua itu terdapat dalam beberapa hadits shahih yang di taerangkan pribadi oleh para ulama dalam kitab-kitabnya. Sedangkan adapun mengenai dalil wacana di perintahnya puasa tasu'a dan asyura tanggal 9 dan 10 muharram, terdapat dalam salah satu hadits yang di riwayatkan oleh imam ahmad yang bunyinya sebagai berikut.

صوموا يوم عاشوراء وخالفوا فيه اليهود وصوموا قبله يوما أو بعده يوما

Artinya : Puasalah kalian pada hari asyura dan berbedalah dengan kaum yahudi Lakukan puasa dari satu hari sebelumnya sampai satu hari sesudahnya.

Sedangkan mengenai yang berhubungan dengan keutamaan atau manfaat dari puasa asyura dan tasua di bulan muharram, terdapat dalam beberapa keterangan dalil berbentuk hadits nabi yang mana beberapa dari salah satunya pertama di riwayatkan oleh imam musli, sebagaimana artinya "Aku tidak pernah mendapati Rasulullah SAW menjaga puasa suatu hari karena keutamaannya dibandingkan hari-hari yang lain kecuali hari ini yaitu hari ‘Asyura dan bulan ini yaitu bulan Ramadhan.

Sampai disini dulu pembahasan yang berkaitan dengan puasa asyura dan hal lainnya. Sebenarnya jika ingin mengupas keseluruhan dari puasa sunnah ini, akan membutuhkan waktu yang cukup lama serta harus menyediakan lapak cukup banyak. Sehingga keterbatasan waktu, hanya itu saja yang bisa kami berikan, mudah-mudahan bisa menambah sedikit pengetahuan dari puasa sunnah. Silahkan cari lagi semua info yang bekerjasama dengan dalil manfaat keutamaan pengertian puasa asyura dan tasu'a 2019 niat jatuh pada tanggal arafah di laksanakan tanggal wajib dan lain sebagainya.

0 Response to "Dalil Manfaat Keutamaan Pengertian Puasa Asyura Dan Tasu'a 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel