-->

Awal bulan mulia Ramadhan 2019 1440 H Jatuh Pada Tanggal Berapa? Keputusan Hasil Sidang Isbat

Kemenag merupakan sebuah kiprahgkat pemerintah yang tergabung dalam organisasi kenegaraan dengan kiprah sebagai pengatur dan pembimbing perihal permasalahan kenegaraan serta di pinpin oleh seorang menteri yang jago di bidangnya. Segala urusan yang berhubungan dengan keagamaan berada di bawah pengawasannya termasuk juga memilih sebuah perkara yang ada hubungannya dengan keagamaan seolah-olah salah satunya dalam menentukan awal bulan ramadhan.

Ramadhan merupakan salah satu bulan yang berada pada tahun hijriyah serta menjadi penanggalan bagi seluruh umat islam di dunia tak terkecuali indonesia yang mana penanggalan ini sudah ada jauh sejak lama ketika zaman para sahabat nabi dan masih sah di gunakan umat muslim hingga kini. Dalam menentukan waktu-waktu ibadah seperti halnya puasa maka agama islam akan berpadu pada tahun hijriyah ini bukan masehi alasannya ini merupakan penanggalan dari zaman rosul.

Sebenarnya setiap tahun, kalender hijriah pasti beredar luas sehingga masyarakat bisa mengetahui kapan awal dari suatu bulan, namun kendati demikian ketika akan menentukan awal bulan ramadhan ramadhan sebagian dominan islam akan langsung melakukan penelitian dan penghitungan awal ramadhan di mulai, biasanya ini di kerjakan eksklusif oleh para ahli dari kementrian agama sebagai mana juga di lakukan ketika akan memilih jadwal imsak untuk setiap daerahnya.

Ketika menjelang bulan ramadhan tiba, pihak kemenag akan membentuk sebuah tim yang beranggotakan para mahir kemudian nantinya tim tersebut di sebarkan kebeberapa titik yang telah di tentukan guna untuk mementau hilal. sesudah itu lalu kementrian agama akan melaksanakan sidang isbat yang hadiri oleh pihak-pihak ketua organisasi islam guna menyampaikan dan mendengarkan dari hasil tim pemantau hilal tadi serta mendengarkan pemaparan dari ahli hisab serta hebat astronomi.

Awal bulan mulia Ramadhan 2019 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Hasil Sidang Isbat

Namun apabila teryata hilal tersebut tidak bisa di lihat atau tidak nampak di kerenakan ada beberapa faktor seolah-olah cuaca yang mendung, hujan dan semisalnya maka awal bulan ramadjan di tentukan dengan Cara menyempurnakan bulan sya'ban menjadi 30 hari. Tentu hal ini bukan pendapat yang di hasilkan dari logi saja namun ketentuan ini tertera dalam hadits dan dalil-dalil shahih seakan-akan bunyinya yaitu

صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته، فإن غبي عليكم فأآملوا عدة شعبان ثلاثين

Dari debu Hurairah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: berpuasalah jikalau telah melihat hilal dan berhari rayalah bila telah melihat hilal, apabila terhalang oleh mendung maka sempurnakanlah bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari”. (HR Bukhari dan Muslim).

Puasa Ramadhan 2019 Jatuh Pada Tanggal?

Jika dari kalender hijriyah yang telah di tentukan serta sudah tersebar di masyarakat maka AWAL BULAN RAMADHAN 1440 H JATUH PADA Hari Senin, 6 Mei 2019. Namun di lantarankan dalam sebuah hadits di terangkan bahwa seakan-akan di atas yaitu harus terlihat dulu hilal atau di sempurnakan bulan sya'ban menjadi 30 hari, maka dalam hal ini masyarakat tetap harus tabah menunggu hasil dari sidang isbat yang akan di lakukan oleh pihak kemenag.

Karena kini media info sudah di miliki setiap perorangan baik itu kategori televisinya, gadget, dan jenis lainnya maka ketika sidang isbat tersebut sedang di lakukan maka kita mendengarkannya sampai balasan lewat media tersebut. biar nanti mampu langsung tahu kapan puasa ramadhan di mulai.

Itulah kiranya pembahasan tentang ramadhan 2019 jatuh pada tanggal serta hal-hal lainnya, semoga sedikit dari isu ini bisa memberikan manfaat besar untuk kita semua dan jangan lupa pelajari semua yang bekerjasama dengan awal bulan ampunan ramadhan 2019 jatuh pada tanggal berapa? hasil sidang isbat tahun, 1, acara hari raya idul fitr dan yang lainnya.

0 Response to "Awal bulan mulia Ramadhan 2019 1440 H Jatuh Pada Tanggal Berapa? Keputusan Hasil Sidang Isbat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel