-->

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri 2019 Dan Bacaan Takhbirnya

Idul fitri merupkan suatu hari yang sangat di istimewakan seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia, sehingga tidak heran kalau dikala hari tersebut datang mereka menyambutnya dengan penuh kegembiraan, rasa suka cita di luapkan dengan banyak sekali hal acara yang menjadi simbol dari rasa suka cita hati umat islam.

Namun dikala hari Idulfitri idul fitri tersebut ada salah satu amalan ibadah yang dihentikan di tinggalkan oleh setiap umat islam baik itu pria, wanita anak muda dan yang lainnya yaitu melaksanakan sholat ied idul fitri yang memiliki hukum sebagai sunnah muakad yaitu ibadah sunnah yang sangat di anjurkan sebagaimana baginda rosulpun tidak pernah meninggalkannya.

Selain itu pada idul fitri ini menyimpan berbagai keutamaan dan faedah, seolah-olah dalam sebuah riwayat di katakan bahwa barang siapa yang membacakan subhanalloh walhamdulillah 300 kali pada hari raya tersebut dan di hadiahkan untuk orang yang sudah meninggal maka seribu nur akan masuk ke setiap kuburan dan nanti allah akan menghadiahkan pula 1000 nur di kuburnya. Bahkan dalam riwayat lain di katakan bahwa iblis menjerit pada hari idul fitri tersebut karena seluruh umat nabi muhamad di ampuni dosanya.

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri

Sedangkan waktu melaksanakan sholat idul fitri ini yaitu setelah selesai puasa ramadhan atau tepatnya pada tanggal 1 syawal serta di laksanakan sesudah terbitnya matahari, atau kira-kira pukul setengah tujuh pagi hari, yang mana bukan hanya bisa di lakukan di dalam mesjid tetapi juga boleh di lapangan atau di daerah yang terbuka kalau akomodasi ibadah khusus tidak memungkinkan menampung orang banyak.

Tata Tutorial Sholat Ied Idul Fitri

Dalam tata Tutorial melaksanakan sholat sunat ied idul fitri ini berbeda dengan ibadah pada umumnya yang mana di dalam sholat hari raya ini terdapat takhbir sebanyak yang telah di tentukan yang di lakukan sesudah takhbirotul ikhram baik itu pada rakaat pertama atau ke dua, serta terdapat khutbah yang di bacakan oleh khotib setelah tamat sholat. Berikut yaitu rinciannya.

1 Niat sholat sunat ied idul fitri

Bagi Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholi sunnatan 'idilfithri rakataini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : aku niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala


bagi Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholi sunnatan 'idilfithri rakataini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : aku niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum lantaran Allah Ta'ala

2, takhbirotul ikhram.

Nah sesudah takhbirtul ikhram ini di lanjut mengangkat tangan lagi yaitu untuk takhbir sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali pada rakaat ke dua. bila telah akhir melakukannya di lanjut membaca surat fatihah, sementara untuk garakan dan bacaan lainnya sama seakan-akan sholat pada umumnya. Namun di antara takhbir yang tadi harus membaca doa seperti halnya :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Stelah tamat di lanjut mendengarkan khotib khutbah, yang mana pada khutbah pertama di mulai dengan bacaan takhbir sembilan kali dan di khutbah kedua sebanyak tujuh kali bacaan. serta isi dari khutbah di anjurkan hal-hal yang bersangkutan dengan puasa seakan-akan hikmahnya puasa, shadaqah dan zakat fitrah.

Setelah simpulan melaksanakan sholat idul fitri ini sebaiknya seluruh jamaah di lanjutkan mesafahah bersama tetapi antara pria dan wanita di pisahkan. lalu sehabis bubar alangkah baik pula jika melakukan ziarah kubur serta bersilaturahmi kepan sanak saudar dan kerabat.

itulah sedikit pembahasan dari bacaan doa tata Cara niat sholat hari raya idul fitri termasuk dilaksanakan ketika matahari setinggi, aturannya, ialah, idul adha, pengertian sholat idul fitri, bacaan sholat idul fitri pendidikan serta hal-hal lainnya yang bersangkutan kedalamnya.

0 Response to "Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri 2019 Dan Bacaan Takhbirnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel