-->

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Beserta Dalilnya 2019

Tanda-Tanda datangnya Malam Lailatul Qadar Beserta Dalilnya 2019 - Malam lailatul qadar merupakan salah satu momen yang paling di tunggu-tunggu oleh segenap umat muslim di seluruh dunia, alasannya pada malam tersebut tersimpan aneka macam keistimewaan serta keutamaan begitu besar yang tidak terdapat pada malam lainnya, yaitu barang siapa yang menemukannya atau menerimanya maka dia akan di beri keunggulan, rahmat serta barokah dari alloh swt dalam segala hal serta doanya akan langsung di kabulkan.

Namun tidak sembarangan orang bisa merasakan semua itu, alasannya merupakan hanya merekalah yang terpilih yang bisa menerima malam lailatul qadar ini. Meskipun begitu barang siapa yang mencarinya maka beliau akan mendapatkannya yaitu dengan Tutorial memperbanyak amalan serta selalu mendekatkan diri kepada alloh swt setiap waktu terutama selama bulan ramadhan.

Banyak sekali dalil yang menjelaskan tentang malam lailatul qadar ucapan bulan ramadhan ini, baik itu dari hadist nabi hingga ayat-ayat al-quran seperti pada surat al-qadar dan yang lainnya. Yang mana dalil-dalil tersebut menunjukan wacana datangnya serta keitimewaannya malam lailatul qadar, seperti salah satunya yang terdapat dalam surat alqadar :

Tanda-Tanda datangnya Malam Lailatul Qadar  Beserta Dalilnya 2019

بسم الله الرحمن الرحيم

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya : “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Alquran) itu pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin RABB-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar.”

Juga terdapat dalam beberapa hadist shahih yaitu :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُجَاوِرُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَيَقُولُ تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Dari Aisyah ra berkata : “merupakan Nabi SAW biasa mencari Laylatul Qadar pada 10 malam yang terakhir.” (HR:Bukhari)

أَنَّ رِجَالًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُرُوا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْمَنَامِ فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَى رُؤْيَاكُمْ قَدْ تَوَاطَأَتْ فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ فَمَنْ كَانَ مُتَحَرِّيهَا فَلْيَتَحَرَّهَا فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ

Artinya : Dari Ibnu Umar ra : “Ada beberapa orang pria sahabat Nabi SAW yang bermimpi melihat Laylatul Qadar pada 7 malam terakhir, maka sabda Nabi SAW : saya juga melihat apa yang kalian mimpikan itu jatuhnya pada 7 malam terakhir, maka barangsiapa yang ingin mencarinya maka carilah pada 7 malam terakhir tersebut.”

Serta banyak lagi hadist lainnya yang menjelaskan lailatul qadar tersebut. Dari beberapa hadis ada yang menyampaikan bahwa malam lailatul qadar ini tibanya pada malam 10 terakhir bulan ampunan ramadhan dan ada juga yang menyebutkan tanggal 27 ramadhan, maka dari itu alangkah baiknya jikalau sebagai umat muslim yang mengharapkan di pertemukan dengan malam tersebut untuk lebih memeperbanyak amalan-amalan terutama dari mulai sepiuluh terakhir ramadhan, karena hanya allahlah yang maha tahu kapan datangnya malam tersebut sementara kita sebagai hambanya hanya di tugaskan untuk mencari atau berusaha.

Ada sebuah keterangan yang menyatakan bahwa ada beberapa dalil yang membicarakan gejala lailatul qadar, namun itu semua tidaklah nampak kecuali setelah malam tersebut berlalu (Fathul Bari 4: 260)..

وَقَدْ وَرَدَ لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ عَلَامَاتٌ أَكْثَرُهَا لَا تَظْهَرُ إِلَّا بَعْدَ أَنْ تَمْضِي

Seperti halnya dalam hadist yang artinya yaitu dari ibnu abas ra, rosululloh saw bersabda Lailatul qadar merupakan malam yang penuh fasilitas dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu cuek, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.

Jadi saat malam tanda lailatul qadar ini tiba maka suasana alam terasa nyaman dan damai, tidak gerah atau panas begitu juga tidak acuh taacuh, bulan terlihat cerah tapi tidak memancarkan sinarnya kesetiap penjuru, begitu juga pada pagi harinya matahari keluar dengan tidak begitu cerah namun terasa damai serta penuh ketenangan. kalau gejala tersebut datang maka kemungkinan lailatul qadar telah datang. (wallahualam bisawab).

0 Response to "Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Beserta Dalilnya 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel