-->

Waktu Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Dan Makan Sahur Sesuai Sunnah

Waktu Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Dan Makan Sahur Sesuai Sunnah - Berbuka puasa ialah sebuah nama untuk pekerjaan membatalkan puasa yang di simbolkan dengan minum atau makan di waktu maghrib baik itu pada bulan ramadhan sebagai puasa wajib, senin kamis, rajab, arafah, asyura, sya'ban sebagai puasa sunnah dan lain sebagainya. Buka puasa menjadi kegiatan wajib yang harus di penuhi oleh orang yang sedang berpuasa apabila sudah tiba pada waktunya yaitu d tandai dengan maghrib.

Selain berbuka ada juga yang di namakan dengan sahur puasa yaitu pekerjaan berupa makan yang di lakukan sebelum di mulainya berpuasa yang umum di kerjakan sebelum imsak karena sehabis datang subuh mereka sudah dihentikan lagi makan dan juga minum. Kedua aktivitas ini yaitu buka puasa dan juga sahur sama-sama penting di penuhi lantaran menunjang pada kelancaran berpuasa sehari penuh terutama selama bulan ramadhan.

Dalam permasalahan kuliner buka dan sahur puasa sebenarnya tidak ada ukuran khusus harus bagaimana yang penting apa yang di makan berasal dari makanan halal, dilarang berlebih-lebihan, di sunnahkan memakan yang manis-masnis terlebih dahulu saat berbuka, dan usahakan apa yang di makan mampu menyampaikan kekuatan pada badan dan tidak mampu mengganggu pada kesehatan seakan-akan halnya lauk pauk, sayur-sayuran dan sejeninya.

Waktu Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Dan Makan Sahur Sesuai Sunnah

Meskipun dikala berbuka apa yang di makan tidak menjadi ukuran namun ada salah satu hal yang perlu di perhatikan dan sunnah untuk di baca yaitu doa buka puasa dan sahur. Dalam agama islam doa ini memiliki peran penting untuk selalu mengiringi setiap kegiatan baik itu jenis pekerjaan umum atau yang berhubungan dengan ibadah, apalagi ini berkaitan dengan buka dan sahur maka di anjurkan untuk selalu di awali dengan membaca doa terlebih dahulu.

Namun mengenai permasalahan doa berbuka puasa terjadi sedikit perbedaan pandangan di kalangan masyarakat alasannya yaitu ada dua bentuk jenis kalimat doa yang umum di amalkan seperti Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ‘ala rizqika afthartu dan zahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insya Allah. Keduanya tersebut berdasarkan pada hadits Bukhari dan Muslim dan debu daud, ada yang memandang bawha salah satunya termasuk hadits dhaif.

Melihat perbedaan yang sering menjadi perdebatan ini maka para ulama dari kalangan madhab syafi'i menggabung kedua doa tersebut seakan-akan yang disebutkan Sulaiman Bujairimi dalam Hasyiyatul Bujairimi. Shingga penggabungan doa ini menjadi teramalkan kedua hadits, karena sekarang banyak orang yang mempertanyakan perihal doa buka puasa sesuai sunnah yang shahih maka jawabannya doanya seakan-akan yang di kutip dalam situs Nu Online sebagai berikut.

Bacaan Doa Buka Puasa

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya-allah ta‘alaa.

Artinya : Duhai Allah, untuk-Mulah saya berpuasa, atas rezekimulah saya berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah berair, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.

Sedangkan mengenai sahur merupakan hal di anjurkan di laksanakan karena dalam sahur memiliki keberkahan tersendiri bahkan rasul saw pun menganjurkan untuk makan sahur meski hanya seteguk air. Waktu sahur ini di lakukan sebelum tibanya waktu subuh, namun lebih utama bila sebelum imsak tujuannya semoga lebih berhati-hati sebagaimana yang telah di ajarkan oleh para ulama terdahulu, dan berikut ialah bacaan doanya.

Doa Makan Sahur

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullahul mutasahhirin.

Artinya : Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.

Jangan hingga di persoalkan doa buka puasa maka yang harus di baca, alasannya manapun yang umum di amalkan sangat baik yang tidak cantik itu mereka yang berbuka namun tidak berdoa terlebih dahulu. Silahkan hafal hingga paham agar mampu nanti di amalkan pada waktunya dan semoga berkah bermanfaat serta silahkan pelajari lagi semua yang berkaitan dengan waktu bacaan doa buka puasa ramadhan dan makan sahur sesuai sunnah dzahaba, allahumma laka shumtu, arafah, yang shahih, rajab, senin kamis, asyura, yg benar arafah dan lain sebagainya.

0 Response to "Waktu Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Dan Makan Sahur Sesuai Sunnah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel