-->

Awal 1 Dzulhijjah Dan Idulfitri Idul Adha 2019 / 1440 H Jatuh Pada Hari Tanggal Berapa

Menetapkan jatuhnya tanggal hari raya idul adha yang secara pribadi di tetapkan oleh pihak kemenag tidak di lakukan ketika menjelang idul adha datang tetapi sudah dari laksanakan semenjak tanggal 1 dzulhijah dengan Tutorial rukyatul hilal. Berbeda dengan ketika akan menentukan jatuhnya idul fitri yang di laksanakan menjelang datangnya waktu tersebut. Tidak hanya kerena leberan idul adha berada pada tanggal 10 tetapi juga dengan sudah mengetahui awal bulan dzulhijah masyarakat mampu eksklusif melaksanakan puasa idul adha dan peribadahan lain serta mempersiapkan kurban.

Melihat dari kalender islam yang sudah beredar serta perhitungan hisab maka Tanggal 1 Dzulhijjah 1440 H Jatuh Pada Hari Jum'at 2 Agustus 2019, Maka untuk Lebaran Idul Adha Tanggal 10 Dzulhijjah 1440 H Jatuh Pada hari ahad 11 Agustus 2019. Tanggal ini kami ambil dari sumber kelender hijriyah dan hasil hisab Yang mudah-mudahan sama dengan penentuan yang di tetapkan oleh pihak kementrian agama pemerintah indonesia.

Sebanarnya metode penetapan awal tanggal bulan hijriyah di kenal dengan 2 Cara yang sudah umum di lakukan oleh umat yaitu rukyatul hilal atau dengan Cara melihat nampaknya hilal dan dengan Cara hisab yaitu perhitungan. Sedangkan yang di jadikan pegangan oleh pemerintah indonesia ialah metode rukyatul hilal, meskipun hanya memakai hilal bukan berarti hisab di larang di gunakan sebab tetap sah untuk di gunakan.

Awal 1 Dzulhijjah Dan Idulfitri Idul Adha 2019 / 1440 H Jatuh Pada Hari Tanggal Berapa

Untuk menentukan tanggal tahun hijriyah tidak sembarang orang mampu melaksanakan hal ini, karena harus di sertai dengan keilmuannya yang sudah mempeni baik itu yang berkaitan dengan hilal atau hisab, sehingga yang melakukan hal ini rata-rata kebanyakannya di kerjakan oleh kalangan kiyai atau para santri yang sudah mengaji dan mempunyai ilmu hal tersebut serta berpengalaman. Begitu juga pemerintah ketika akan menjatuhkan tanggal hijriah, terlebih dahulu mereka akan menghimpun para jago dari aneka macam kalangan serta ormas-ormas islam lalu di bentuk sebuah tim untuk di berikan tugas melihat hilal di banyak sekali titik.

Dengan adanya 2 ketetapan dalam menentukan awal bulan hijriyah, maka jangan heran apabila terkadang hari raya pun jatuhnya berbeda, seperti misalnya yang terjadi beberapa waktu kebelakang yaitu perhitungan hisab dan hasil rukyatul hilal dari kemenag berbeda. Tetapi perbedaan ini tidak harus di jadikan dilema sebab keduanya bersumber pada ilmu yang sudah di akui dalam agama islam yang sudah tidak perlu lagi di perdebatkan.

Jika harus menentukan, mana sebaiknya yang di ikuti? jawabannya maka bagi mereka yang tidak tahu Tutorial menentukan kedua Tutorial penentuan tanggal karena awam dalam keilmuan, maka sebaiknya ikuti pihak pemerintah atau kiayai di kawasan masing-masing, meski memang ada sebagian yang mengatakan bahwa rukyatul hilal lebih di unggulkan. Semoga saja adanya goresan pena ini menjadi pengetahuan bagi kalian masing-masing agar mampu lebih siap untuk menjalankan peribadahan pada bulan dzulhijjah ini.

Mari sama-sama jadikan bulan dzulhijjah dan hari raya idul adha 2019 ini sebagai momen terbaik demi meningkatkan seg ala jenis peribadahan terutama puasa sunnah dan melaksanakan ibadah qurban. Untuk mengetahui semua amalan yang harus di kerjakan pada idul adha silahkan kalian pelajari lagi semua yang masih berkaitan dengan awal 1 dzulhijjah dan Lebaran idul adha 2019 / 1440 H jatuh pada hari tanggal berapa dan lain sebagainya.

0 Response to "Awal 1 Dzulhijjah Dan Idulfitri Idul Adha 2019 / 1440 H Jatuh Pada Hari Tanggal Berapa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel