-->

Idzhar Syafawi: Pengertian, Tutorial Baca, dan contohnya

Idzhar Syafawi merupakan kepingan dari Hukum Mim Mati bilalau bertemu dengan huruf-huruf Hijaiyah. Sebelumnya, terdapat tiga pembagian aturan Mim Mati: Idghom Mimi, Ikhfa’ Syafawi, dan Izhar Syafawi. Dan perihal apa pengertian aturan yang terakhir, bagaimana Tutorial membacanya, juga apa teladannya, Anda mampu membacanya tuntas pada artikel ini.

Idzhar Syafawi


Hukum Izhar Syafawi ini terjadi kalau ada mim mati bertemu dengan abjad-huruf selain Mim dan Ba’. Maka secara pengertian pun demikian, Izhar Syafawi ialah aturan Mim Mati dikala di depannya terdapat karakter selain Mim dan Ba’. Mengapa? lantaran bila Mim Mati bertemu Mim, maka aturan bacaannya ialah Idghom Mimi, sedang dikala Mim Mati bertemu Ba’, aturan bacaannya ialah Ikhfa’ Syafawi.

Dengan demikian, abjad Izhar Syafawi ialah yang paling banyak dibanding dengan dua aturan Mim Mati yang lain. Dan lantaran itu, mencari pola aturan bacaannya ini pun terlihat lebih praktis. Baca, juga; “Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Tutorial Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah

Cara Membaca Idzhar Syafawi


Secara arti kata, Izhar adalah terperinci. Dalam hal ini, terperinci ialah membunyikan dengan bekerjsama bunyi Mim Mati atau pun bunyi huruf yang ada di depan Mim Mati tersebut. Dengan kata lain, bunyi masing-masing karakter terpisah, sanggup dibedakan mana yang Mim Mati, mana yang bunyi abjad di depan Mim Mati tersebut.

Maka tidak dibenarkan membunyikan Idzhar Syafawi dengan samar. Tidak dibenarkan juga membunyikannya dengan panjang, seolah ada bunyi Ghunnah di dalamnya. Namun begitu, yang harus diperhatikan yaitu, membunyikan Izhar Syafawi tidak boleh dipantulkan. jelas, namun tidak memantul. karena, Mim Mati bukan cuilan dari Huruf Qolqolah. Sehingga perlu hati-hati dan teliti dalam membaca Izhar Syafawi.

Contoh Idzhar Syafawi

Contoh-contoh Izhar Syafawi berikut penjelasannya disajikan dalam bentuk tabel. Sehingga ini akan memudahkan Anda untuk menganalisa sekaligus mengetahui pribadi alasan lafadz tersebut diberi aturan Izhar Syafawi.

No
Lafadz
Penjelasan
1
أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُم
Terdapat dua acuan Izhar Syafawi pada lafadz tersebut. Yang pertama Mim Mati pada kata ام bertemu dengan huruf ل. Yang kedua, Mim Mati pada kata لم bertemu dengan huruf ت.
2
أُرْسِلَ إِلَيْهِمْ وَلَنَسْأَلَنَّ الْمُرْسَلِينَ
Mim mati pada kata اليهم bertemu dengan و. Di sinilah aturan Izhar Syafawi terlaku.
3
وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيهَا
Mim pada kata لكم yang mati itu, bertemu dengan ف. Maka lafadz ini dibaca dengan aturan Izhar Syafawi.
4
ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ
Lafadz ini memiliki mim mata pada kata صورناكم, sedang di depannya terdapat huruf ث pada awal kata ثم. lantaran itu, hukum bacaan lafadz tersebut yaitu Izhar Syafawi.

Akhirnya, Mim Mati pada empat teladan tersebut harus dibaca terperinci, tanpa dengung sama sekali. bunyinya terdengar sebagai bunyi Mim Mati, sedang huruf di depannya pun demikian halnya. Dan lagi, Mim Mati tersebut dihentikan dipantulkan. Kaprikornus jangan hingga lafadz ام لم dibaca ame lame. 

Demikian serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkap terkait pengertian, Tutorial baca, dan teladan Idzhar Syafawi. biar adanya penjelasan dan artikel ini mampu bermanfaat kepada segenap pembaca semuanya. Terima kasih

0 Response to "Idzhar Syafawi: Pengertian, Tutorial Baca, dan contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel