-->

Huruf Iqlab dan contohnya


Yang akan dibahas dalam artikel ini memang Huruf Iqlab. Namun tentu, pengertian, Tutorial baca, serta pola tidak dilupakan. karena itu, secara sistematis, akan dibahas pengertian Iqlab, sampai lari pada rujukan dan pembahasannya. Kaprikornus, tidak akan ada pertanyaan lagi ‘apa itu Iqlab?’ di belakang.

Iqlab


Iqlab secara bahasa berarti membalik. sanggup juga diartikan dengan mengganti. Dalam Tajwid, Iqlab diartikan dengan satu aturan yang jatuh pada pertemuan Nun Mati atau Tanwin dengan aksara Ba’. lantaran hanya mempunyai satu huruf saja, Iqlab menjadi kepingan aturan paling simpel dihapal dalam pembahasan Nun Mati dan Tanwin.

Menariknya, aturan Iqlab ini hanya ada pada pembahasan hukum Nun Mati dan Tanwin saja. Ini tentu berbeda dengan Izhar, Idghom, atau Ikhfa’ yang juga ada pada pembahasan Mim Mati. Selengkapnya, baca; Hukum Mim Mati Beserta referensinya

Huruf Iqlab


Hanya ada satu karakter yang dimiliki oleh Iqlab. huruf tersebut ialah huruf Ba’. dikala huruf hijaiyah ini berada di depan Nun Mati, maka aturan Iqlab terlaku. Demikian juga dikala karakter ini berada di depan Tanwin, aturan Iqlab juga terlaku. Tidak peduli apakah Tanwin tersebut berupa dlummatain, fathatain, atau kasrotain.

Dalam penjelasan Tutorial baca, Iqlab memiliki proses tertentu. Nun Mati diubah menjadi Mim, karakter yang mempunyai makhraj sama dengan huruf Ba’. Tetapi, Mim gantian dari Nun Mati tersebut tidak diidghomkan dengan Ba’. Sehingga cukup seolah-olah membaca Mim Mati yang disandingkan begitu saja dengan karakter Iqlab Ba’.

Tambahan penting lagi dalam membaca Iqlab yaitu, suara ghunnah yang ada pada bacaan Iqlab. Panjang ghunnahnya pun sama dengan panjang ghunnah pada Idghom Bigunnah atau Nun Tasydid. Berapa? Satu alif. bila dihitung dalam bentuk harakat, maka panjangnya dua harakat.

Contoh karakter Iqlab di depan Nun Mati

Berikut ini yaitu tabel referensi-contoh huruf Iqlab yang berada di depan Nun Mati. Tabel dilengkapi dengan surat dan ayat supaya memudahkan Anda melacak daerah pengambilan rujukan.

No
Contoh
Surat dan Ayat
1
مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ
Arrum: 3
2
فَأَنْبَتْنَا
Luqman: 10
3
بِذَنْبِهِ
Al-‘Ankabut: 40
4
الْأَنْبَاءُ
Al-Qoshos: 66
5
أَنْ تُنْبِتُوا
Annaml: 60

Bagaimana Tutorial membacanya? Ambillah pola pertama, lafadz مِنْ بَعْدِ. Nun Mati diganti dengan Mim menjadi مِمْ بَعْدِ. Dengan catatan, Mim dan Ba’ tidak diidghomkan. Dan, terdapat ghunnah di sana sepanjang dua harakat.

Contoh karakter Iqlab di depan Tanwin

Berikut ini ialah rujukan karakter Iqlab yang berada di depan Tanwin. Perhatikan baik-baik!

No
Contoh
Surat dan Ayat
1
كُلُّ حِزْبٍ بِمَا
Arrum: 32
2
وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ بِمَا
Arrum: 36
3
عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ
Luqman: 232
4
سَمِيعٌ بَصِيرٌ
Luqman: 28
5
نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ
Luqman: 34

Silakan pola-contoh di atas disamakan Tutorial bacanya seperti klarifikasi Tutorial baca huruf Iqlab saat berada di depan Nun Mati dalam hukum tajwid. Tapi yang terperinci, suara Nun Mati yang biasanya muncul pada Tanwin, diganti dengan bunyi Mim Mati. Dan demikian lah paparan ihwal huruf Iqlab. biar sanggup bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Huruf Iqlab dan contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel