-->

Idgham Mimi: Pengertian, Tutorial Baca, aksara, dan misalnya

Selain Idghom Bigunnah atau Bilagunnah dalam aturan Nun Mati dan Tanwin, ada Idghom lain yang juga dikenal. Idghom tersebut yaitu Idgham Mimi. Bedanya, idghom ini bukan kepingan dari aturan Nun Mati, tetapi potongan dari aturan Mim Mati. Bagaimana pengertian, Tutorial baca dan lain-lain terkait idghom ini, Anda mampu membaca di bawah.

Idgham Mimi

Terdapat tiga macam aturan dalam pembahasan hukum Mim Mati. Ketiganya yaitu Idzhar Syafawi, Ikhfa’ Syafawi, dan Idghom Syafawi. Idghom Syafawi ini yang lantas memiliki beberapa nama sekaligus. Kadang, ada yang menyebutnya dengan Idghom Mitsli, kadang ada juga yang mengenalnya dengan Idghom Mimi.

Baca Juga;

Alasan penyebutan idghom ini dengan nama Idghom Mimi yaitu, abjad idghom ini berupa mim. dikala aturan Mim Mati ini terjadi, terciptalah pertemuan dua mim: mim mati yang menjadi pangkal pembahasan aturan Mim Mati, serta mim abjad idghom tersebut.

Lantas bagaimana Idghom Mimi secara pengertian? Secara pengertian, Idghom Mimi adalah aturan Mim Mati dikala bertemu dengan huruf Mim. Tidak kasus apakah Mim Mati dan Mim aksara Idghom Mimi mampu berada di dalam satu kata saja, atau berada di dua kata berbeda. Namun, seolah-olahnya tidak akan Anda temukan di dalam Al-Quran Mim Mati dan Mim berada dalam satu kata yang sama.

Cara Membaca dan huruf Idgham Mimi

Cara membaca Idgham Mimi sebetulnya Praktis. Dua Mim yang bertemu tersebut dilebur dan dijadikan satu. bunyinya akan menyamai suara Mim Tasydid. karena ialah, Mim Tasydid yaitu campuran dari Mim Mati dan Mim hidup jikalau diuraikan. Maka, baik suara Idghom Mimi atauu Mim tasydid mempunyai suara yang sama.

Dan lantaran secara bunyi sama, suara Ghunnah yang terdengar pada pengucapan Mim Tasydid, juga terdengar pada pengucapan Idghom Mimi. Panjang ghunnahnya pun bukan hanya satu harakat, tetapi dua. hurufnya saja yang satu, yaitu Mim. Hanya Mim.

Contoh Idgham Mimi

Contoh Idghom Mimi berikut akan disajikan dalam bentuk tabel. penjelasannya pun berada di dalam tabel, Jadi akan lebih memudahkan.

No
Lafadz
Penjelasan
1
وَكَمْ مِنْ قَرْيَةٍ
Di depan Mim Mati terdapat Mim. Dibaca seperti Mim Tasydid, termasuk suara ghunnah sepanjang dua harakat.
2
كُلَّمَا أَضَاءَ لَهُمْ مَشَوْا فِيهِ
Pada kata لهم terdapat Mim Mati. Di depannya terdapat Mim pada awal kata مشوا. Terjadilah hukum Idghom Mimi.
3
إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ
Mim Mati pada akhir kata اليكم bertemu dengan Mim berharakat pada awal kata من. hukum bacaannya yaitu Idghom Mimi.

Cukup praktis, bukan, memahami Idghom Mimi? Namun, tetap harus hati-hati membaca Al-Quran. Jangan lupa untuk lebih teliti. alasannya banyak orang membaca Al-Quran kurang begitu memperhatikan ghunnah yang ada pada Idghom Mimi.

Dan demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara singkat akan tetapi lengkap dalam hukum tajwid, biar artikel yang telah dibagikan perihal Idgham Mimi ini berguna bagi Anda. Terima kasih.

0 Response to "Idgham Mimi: Pengertian, Tutorial Baca, aksara, dan misalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel