-->

“Idghom Mutamatsilain” Pengertian dan misalnya [Lengkap]



“Idghom Mutamatsilain” Pengertian dan polanya [Lengkap]


Setelah kita menyampaikan penjelasan ihwal pengertian idghom secara umum atau menurut istilah dan bahasa. Pada ulasan kali ini HukumTajwid.Com akan mengemukakan wacana pengertian idghom mutamatsilain dan polanya.
Baca: Pengertian Idgam berdasarkan Bahasa dan Istilah [Lengkap]

Pengertian Idghom Mutamatsilain



Mutamatsilain intinya mempunyai arti dua hal yang sama. Sehingga apabila digabungkan arti Idghom Mutamatsilain yaitu bertemunya dua huruf yang sama, baik mahroj ataupun sifatnya. Seedangkan dalam nazam kitab nihayatul qoulil mufid dan hidayatul mustafid idghom mutamatsilain terjadi apabila dua huruf bertemu, yang makhroj dan sifatnya sama, maka mereka dinamai dengan (idghom) mutamatsilain.

Dengan adanya penjelasan serta pengertian idghom mutamatsilain diatas dapatlah dikatakan bahwa Idghom Mutamatsilain terjadi apabila ada abjad yang sama, baik makhroj atapun sifatnya bertemu. misalnya saja Ba’ (ب) bertemu dengan Ba’(ب), Ta’(ت)  bertemu dengan Ta’ (ت), Kaf (ك) bertemu dengan Kaf (ك), dan seterusnya.

Contoh Idghom Mutamatsilain



Contoh yang dapat diberikan selain pada gambar diatas dalam bacaan Idghom Mutamatsilain, sebagai berikut;
ا ضرب بعصا ك = Idrib Bhi Ashoka.

Dimana dalam pola ini terjadi atau bertemunya karakter Ba’ (ب) dengan abjad Ba’ (ب) sehingga memiliki hukum Idghom Mutamatsilain.

Cara Membaca Idghom Mutamatsilain

Cara membaca Idghom Mutamatsilain ialah dengan memasukan aksara yang pertama kepada huruf yang kedua, sehingga menjadi satu huruf dalam pengucapannya, bukan dalam goresan pena. Tutorial memasukan abjad dilakukan dengan mentasydidkan abjad kedua. lalu apabila ditemukan bacaan idghom terjadi pada abjad qolqolah maka qolqolah dalam bacaannya tidak di nampakan.

Pengecualian Idghom Mutamatsilain

Setidakanya ada pengecualian dalam bacaan Idghom Mutamatsilain, ialah aturan Idghom Mutamatsilain tidak berlaku apabila wawu bertemu dengan huruf wawu atau ya’ bertemu dengan karakter ya.

Demikianlah setidaknya pembahasan ihwal Pengertian Idghom Mutamatsilain, teladan Idghom Mutamatsilain, dan Tutorial membaca Idghom Mutamatsilain. semoga dengan adanya bahasan ini mampu bermanfaat bagi segenap pembaca yang sedang mendalami “Ilmu Tajwid”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

0 Response to "“Idghom Mutamatsilain” Pengertian dan misalnya [Lengkap]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel