-->

“Idghom Mutanajanisain” Pengertian dan contohnya [Lengkap]

“Idghom Mutanajanisain” Pengertian dan acuannya


HukumTajwid.Com dalam ulasan kali ini akan mengemukakan wacana “Idghom Mutanajanisain” baik dari pengertian, acuan, ataupun Cara membacanya. Berikut klarifikasi Idghom Mutanajanisain tersebut;
Baca: “Idghom Mutamatsilain” Pengertian dan teladannya [Lengkap]

Pengertian Idghom Mutanajanisain



Mutanajanisain pada dasarnya memiliki arti dua hal yang sejenis. Oleh lantaran itulah secara umum Idghom Mutanajanisain didefinisikan sebagai bertemunya dua karakter yang sama mahkrojnya, berbeda sifatnya. Sedangkan untuk pengertian Idghom Mutanajanisain dalam nazam kitab Kaifa Taqroqul Qur’an yaitu apabila dua abjad bertemu, sama mahkrojnya beda sifatnya, maka wajb dinamakan dengan Idghom Mutanajanisain.

Huruf-Huruf yang Termasuk dalam Idghom Mutanajanisain
م ب -------  ت ط د -------- ذ ظ ث
Kedelapan kelompok tersebut berasal dari tiga kelompok makhroj aksara yang berbeda, yaitu;
  1. Huruf mim dan ba’, berasal dari makhroj asy-syafatain (dua bibir)
  2. Huruf Ta’, Tho’, dan Dal, berasal dari makhroj lisan tepatnya terletak pada ujung pengecap yang bertemu dengan pangkal seri ujung atas.
  3. Huruf Ha, Dzal, Dho’, dan Tsa’ berasal dari makhroj lisan, tepatnya terletak pada ujung lidah yang bertemu dengan ujung seri yang atas.

Contoh Idghom Mutanajanisain


Berikut akan diberikan beberapa teladan mengenai Bacaan Idghom Mutanajanisain

Cara Membaca Idghom Mutanajanisain

Cara membaca Idghom Mutanajanisain yaitu dengan memasukan bunyi aksara yang pertama kepada aksara yang kedua sehingga menjadi satu huruf dalam pengucapapan dan bukan dalam penulisan. Cara memasukan huruf dengan mensatsdidkan aksara yang kedua, sehngga abjad yang pertama diabadikan pengucapan dan diganti oleh abjad yang kedua. Akan tetapi apabila proses idhgom ini terjadi pada huruf qolqolah atau hamz maka kedua sifat tersebut tidak akan tampak, kerana dilebur makroj dan sifatnya pada abjad yang kedua.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Idghom Mutanajanisain, aksara Idghom Mutanajanisain, pola Idghom Mutanajanisain, dan Tutorial membaca Idghom Mutanajanisain. biar dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalai “Ilmu Tajwid”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya; 
  1. [4] Jenis-Jenis Waqaf dan penjelasannya 
  2. Pengertian Idgam menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap]
  3. Pengertian Qoth’u berdasarkan Bahasa dan Istilah 
  4. Pengertian Idgam Bigunnah dan 5 pola dalam Al-Qur’an [Lengkap]

0 Response to "“Idghom Mutanajanisain” Pengertian dan contohnya [Lengkap]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel