-->

Pengertian Qolqolah menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap]

Pengertian Qolqolah berdasarkan Bahasa dan Istilah


Qolqolah (قلقلة) menjadi salah satu pembahasan yang tak boleh terlewatkan dalam Ilmu Tajwid. Hal ini lantaran hampir setiap surat di dalam Al-Qur'an selalu ditemukan qolqolah, baik itu qolqolah sugro ataupun qolqolah qubro. Sebagai uraiannya, berikut HukumTajwid.Com akan menjelasakan pengertian Qolqolah berdasarkan Bahasa dan Istilah.

Pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah



Pengertian qolqolah menurut bahasa artinya bergerak atau bergetar التحرك والاضطراب  Sedangkan pengertian istilah qolqolah yaitu bunyi perhiasan (pantulan) yang besar lengan berkuasa dan terperinci yang terjadi pada huruf yang mati sesudah menekan pada makrojul karakter tersebut. Hal ini sebagimana yang terdapat dalam Kitab Al-Qoulus Sadid, halaman 15.
Baca: Pengertian Ilmu Tajwid menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Sedangkan dalam pandangan atau pengertian para andal, salah satunya Ustadz Mas’ud Syafi’i menganalogikan bahwa qolqolah sebagai bola yang jatuh ke tanah kemudian memantulkan lagi ke atas. Pandangan ini sebagimana terdapat dalam Buku Pelajaran Tajwid, halaman 47.

Huruf Qolqolah

Untuk aksara qalqalah ada 5, yaitu:  ق ط ب ج د  (Qo, Dzo, Ba’, Jim, Dzal). Apabila ada dinatara salah satu aksara-huruf dalam qolqolah tersebut sakin (mati) dan juga berada di tengah ataupun berada di balasan kata, maka aturannya wajib untuk dibaca qalqalah.

Sebab dilakukannya atau berlakunya hukum Qalqalah yaitu bilamana 5 karakter tersebut  bersukun baik di akhir ataupun di tengah kata, kelima karakter ini mempunyai  sifat Jahr dan sifat syiddah dimana syiddah mengharuskan tertahannya suara dan jahr mengharuskan tertutupnya nafas, kapanpun kelima huruf dibaca dengan sukun maka dzatnya karakter aksara ini tidak mampu tampak sehingga untuk menampakkannya kita perlu melepaskan bunyi yang tertahan dengan pantulan suara yang berpengaruh, pantulan suara yang besar lengan berkuasa itulah yang disebut dengan Qalqalah.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Qolqolah menurut Bahasa dan Istilah semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang ingin atau akan memperdalami ilmu tajwid, khususnya perihal qolqolah. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;
  1. Hukum Lam Jalalah (اللة) dalam Ilmu Tajwid [Lengkap]
  2. [4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya
  3. Pengertian Waqof berdasarkan Bahasa dan Istilah Lengkap 
  4. Pengertian Qoth’u menurut Bahasa dan Istilah

0 Response to "Pengertian Qolqolah menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel