-->

Pengertian Makna Dan Sejarah 1 Muharram Tahun baru Islam

Pengertian Makna Dan Sejarah 1 Muharram Tahun gres Islam - Apabila mendengar kata muharram, maka umat islam khususnya akan eksklusif tertuju pada tahun gres hijriyah, tanpa mereka ketahui apa bahu-membahu makna dan sejarah dari tahun baru tersebut dan bagaimana muharram menjadi awal bulan dalam kalender umat islam. Bahkan kebanyakan umat islam hanya tahu bahwa muharram ialah bulan mulia yang harus di sambut dan di isi dengan amalan-amalan kebaikan. Memang benar semua itu tidak salah, menghidupkan bulan puasa agama islam ialah tanggung jawab kita semua namun alangkah lebih baiknya bila kita juga mengetui sejarah terbentuknya bulan muharram sebagai tahun baru hijriyah.

Sekarang ini sejarah-sejarah peradaban islam dunia sudah sangat jarang di ketahui oleh banyak orang terutama para pelajar, mungkin hal itu di alasannyanya karena sudah sangat minimnya orang-orang yang mau mempelajari hal tersebut. bila dulu anak kecil pun sudah tahu beberbagai jenis peperangan yang di alami oleh baginda rosul alam memperjuangkan agama islam, namun sekarang orang dewasa pun belum tentu mengetahuinya. Padahal salah satu benteng kuat terhadap keislaman seseorang yaitu dengan memahami sejarah-sejarah islam lantaran dengan begitu umat islam pun akan semakin besar lengan berkuasa kecintaannya terhadap agama.

Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan mencoba mengingatkan bagi yang lupa bagaimana awal sejarah terbentuknya bulan muharram sehiingga menjadi awal tahun baru. Di tetapkannya bulan muharram sebagai awal tahun bukan lah lantaran pada bulan ini terdapat puasa sunnah yang begitu di anjurkan yaitu puasa asyura dan tasu'a pada tanggal 9 dan 10 dan bukan pula lantaran menjadi salah satu bulan berkat yang harus di agungkan oleh umat islam, dan bukan pula lantaran menjadi bulan yang harus di isi dengan amal kebaikan, dan bukan juga lantaran banyaknya kisah para nabi di bulan ini.

Pengertian Makna Dan Sejarah 1 Muharram Tahun baru Islam

Tetapi awal mula di tetapkannya bulan muharram sebagai awal tahun baru tidak lepas dari sebuah sejarah khalifah Umar bin Khattab ra. Pada suatu hari khalifah umar bin khatab menerima sepucuk surat dari seorang sahabatnya bernama abu Musa Al-Asy’ari Ra yang mana pada surat tersebut tidak di dapati tanggal dan hari pengirimannya. Sehingga dengan adanya hal tersebut membingungkan ia untuk menyeleksi surat mana yang harus lebih dulu di urus, sebab antara surat lama dan yang baru sama sekali tidak ada tandanya. Setelah itu sayidina umar pun menetapkan untu mengadakan musyawarah yang di hadiri orang-orang terpandang dan para teman lainnya pada waktu tersebut untuk memilih tarikh Islam.

Dalam musyawarah tersebut terdapat beberapa pilihan yang menjadi patokan untuk memilih tarikh Islam tersebut yaitu pertama tahun kelahiran Nabi Muhammad, kedua hari kebangkitannya nabi menjadi Rasul, ketiga tahun wafat baginda nabi dan yang ke empat hijrahnya baginda nabi dari Makkah ke Madinah. Dari empat pilihan tersebut di sepakati bahwa poin yang keempat menjadi pilihan untu memilih tarikh islam sebagaimana juga yang di usulkan oleh Ali bin Thalib.

Penentuan awal tahun hijriyah berdasarkan hijrahnya baginda nabi bukanlah tanpa alasan, tiada lain di karenakan hijrahnya baginda nabi dari kota makah ke madinah mempunyai nilai yang sangat tinggi dalam perjalanan dakwah islam dimana sejak sesudah nabi hijrah perkembangan islam mulai hingga pada puncak kejayaannya yang begitu gemilang, seperti diketahui berasama sebelum addanya hijrah unat islam menjadi golongan yang selalu di tindas dan di cemoohkan oleh kaum musyrikin. Tetapi setelah hijrahnya nabi, islam pun menjadi lebih kuat, terbentuk sebuah negara islam yang mempunyai pimpinan, peratutan dan perundang ajakan.

Di sisi lain dengan mengambilnya hijrah baginda nabi sebagai patokan awal penanggalan tahun gres, di harapkan agar umat islam selalu mengenang tragedi hijrah tiap tahun dan bagai mana pengorbanan jiwa raga baginda nabi dan para sahabatnya dalam menegakan agama islam, serta di sisi lain adanya hijrah baginda nabi dari kota makah ke madinah menjadi suatu bukti bahwa allah swt memisahkan antara haq dan yang batal dan di sisi lain juga adanya hijrah menjadi awal dari kekuatan umat islam dalam memperjuangkan agama yang haq.

Apabila sejarah dari terbentuknya bulan muharram ini di jadikan sebagai bahan renungan oleh semua umat islam terutama hijrahnya nabi yang mengisahkan perjuangan berat yang bukan hanya harta sebagai taruhannya tetapi juga raga dan jiwa. Maka yakin akan membuahkan makna mendalam yang sanggup memperkokoh kecintaan seseorang terhadap agama islam. Oleh alasannya itu mari kita jadikan 1 muharram menjadi momen yang baik untuk mengenalkan belum dewasa terhadap sejarah agar mereka nanti menjadi orang islam yang benar-benar keislamannya, dan yang terakhir mari kita sambut bulan muharram sebagai momen untuk memperbanyak amalan terutama pada tanggal 9 dan 10 dengan puasa sunnah. Silahkan pelajari lebih lanjut lagi semua hal yang berkaitan dengan pengertian makna dan sejarah 1 muharram tahun baru islam ayat Quran tentang nasihat tujuan jatuh pada tanggal dan lain sebagainya supaya menjadi pengetahuan yang bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Makna Dan Sejarah 1 Muharram Tahun baru Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel