-->

Amalan Doa Malam Nisfu Sya'ban 2019 Baca Yasin Dan Terjemahan

Amalan Doa Malam Nisfu Sya'ban 2019 Baca Yasin Dan Terjemahan - Malam nisfu sya'ban menjadi sebuah momentum penting yang tidak pernah di sia-siakan oleh masyarakat muslim akan kedatangannya. Malam Istimewa tersebut selalu di jadikan waktu untuk meningkatkan berbagai jenis amalan baik itu berupa doa dzikir sholat membaca surat yasik sebanyak-banyaknya sampai amalan lainnya mulai dari terbenam matahari hingga menjelang datangnya fajar pagi pada pertengahan bulan sya'ban.

Bahkan lebih banyak didominasi masyarakat muslim dunia khususnya indonesia selalu menimbulkan bulan sya'ban ini menjadi salah satu momen untuk di isi dengan berpuasa mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 15 yaitu bertepatan dengan malam nisfu sya'ban. karena ibadah yang satu ini mempunyai aturan sunnah dan di anjurkan untuk di laksanakan, maka dari itu hendaklah dalam menyambut tiba bulan tersebut untuk mempersiapkan diri dengan menghafal puasa nisfu sya'ban agar nanti mampu di amalkan pada waktunya.

Banyak sekali-keterangan-keterangan yang medorong dan memperkuat wacana pelaksanaan ibadah puasa di bulan sya'ban ini, terutama dari salah satu hadits yang di riwayatkan oleh "ibnu majah" Rosululloh saw bersabda, apabila malam nisfu bulan sya'ban datang maka beribadahlah di malam harinya serta berpuasalah di siang harinya, bahu-membahu ketika matahari telah terbenam di malam tersebut allah swt turun kelangit bumi lalu berkata:

Amalan Doa Malam Nisfu Sya'ban 2019 Baca Yasin Dan Terjemahan

"Adakah yang meminta ampunan kepadaku sampai aku mengampuninya, adakah yang memohon rezeki hingga aku memberinya, adakah yang sedang mengalami petaka sampai aku menyelamatkannya, adakah, adakah, demikian allah swt terus memberikan usulan kepada hamba-hambanya hingga tiba fajar" bunyinya hadist tersebut yaitu :

إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا. فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا. فَيَقُولُ: أَلاَ مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ أَلاَ مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلاَ مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلاَ كَذَا أَلاَ كَذَا، حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

Selain dalil di atas masih banyak lagi hadits-hadits lain yang menyuruh kepada umat islam untu memperbanyak amalan di malam nisfu sya'ban ini kemudian apa saja di antaranya yang bisa di kerjaka untuk amalan di waktu tersebut, beberapa di antaranya akan kami rangkum di bawah ini.

1. Sholat Sunnah Malam NIsfu Sya'ban.

Dalam pelaksanaannya, ulama khalaf telah mewarisi ulama salaf dalam menghidupkan malam nisfu sya'ban dengan melaksanakan sholat 6 rakaat dengan 1 kali salam tiap dua rakaat dan surat yang di baca sehabis fatihah tiap rakaat yaitu dengan membaca surat al lapang dada enam kali yang di laksanakan sehabis akhir sholat berjamaah maghrib.

2. Membaca Surat Yasin

Pelaksaan pembacaan surat yasin ini boleh secara di berjamaahkan di sebuah majlis atau secara sendiri-sendiri sebanyak 3 x bacaan dengan masing-masing tiap 1 kali di niatkan memohon di panjangkan umur untuk taat kepada allah swt, di murahkan rezeki dann mati khusnul khotimah, yang terakhir di jauhkan dari bala dan di kuatkan keyakinan.Membaca surat yasin ini bisa di laksanakan sesudah setalesai melaksanakan sholat sunnah nisfu sya'ban.

3. Membaca Doa Malam Nisfu Sya'ban

Ada banyak jenis doa yang biasa di bacakan oleh kalangan umat islam di malam nisfu sya'ban, tetapi salah satu yang paling mashur yaitu :

اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ

Sedikit perlu kita ketahui, bawhwa pada tanggal 15 bulan sya'ban ini terjadi sebuah sejarah penting yang berafiliasi dengan pengalihan kiblat dari ka'bah ke palestina ke Baitul Muqoddas dengan seizin allah yang kemudian di kembalikan lagi ke ka'bah yang ada di makah. Pengalihan kiblat dari baitul muqodas palesita ke ka'bah yaitu terjadi pada tanggal 15 bulan sya'ban, maka dari itulah umat islam selalu mengisi waktu tersebut dengan amalan-amalan kebaikan.

Nah itulah kiranya pembahsan mengenai amalan di doa malam nisfu sya'ban secara ringkas, jangan kita biarkan momen tersebut berlalu begitu saja tanpa di isi dengan memperbanyak ibadah dan kebaikan. Meskipun pembahasan cukup ringkas simpel-muahan mampu bermanfaat bagi kita semua, kususnya dapat menjadi pencerahan bagi orang yang sedang mencari amalan-amalan ini, untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang nisfu sya'ban silahkan anda kaji semua yang berafiliasi dengan keutamaan amalan doa malam nisfu sya'ban 2019 dan aturan puasa bid'ah, jatuh pada tanggal berapa, peringatan nisfu, merupakan, menurut islam.

0 Response to "Amalan Doa Malam Nisfu Sya'ban 2019 Baca Yasin Dan Terjemahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel