-->

Waktu Puasa Nisfu Sya'ban Berapa Hari Dan Hukumnya

Puji serta syukur kita panjatkan kepada allah swt yang telah memberikan umur panjang kepada kita semua hingga masih di pertemukan dengan bulan atau nisfu sya'ban kali ini, simpel-mudahan juga di beri kesempatan untuk masih mencicipi atau sampai hingga bulan ramadhan nanti. Umur ini milik allah swt, sudah sepetutnya sebagai hamba kita melaksanakan segala perintah dan menjauhi semua larangannya agar kita selamat di dunia dan akhirat salah satunya dengan Tutorial memanfaatkan sisa umur ini dengan memperbanyak amalan-amalan.

Bulan sya'ban ialah bulan yang mulia, di mana baginda nabi sangat menyukai kedatangannya, alasannya di bulan ini allah swt akan turun kelangit dunia untuk mengampuni dosa-dosa seluruh umatnya kecuali mereka-mereka yang melaksanakan kemusyrikan dan sedang bertengkar. Bulan sya'ban juga menjadi sebuah waktu di kondusif amalan setiap menusia di angkat kepada allah swt, maka dari itulah baginda nabi selalu melakukan puasa sunnah dengan niat puasa sya'ban alasannya yaitu ia ingin berada dalam keadaan suci dikala amalnya di persembahkan kepada dzat yang paling tinggi penguasa seluruh allam, allah swt.

Aktivitas berpuasa tidak hanya berhenti sampai baginda nabi saja namun kesininya juga banyak di amalkan oleh para ulama-ulama tabi'in hingga umat-umat lainnya sampai kini, bahkan bukan hanya berpuasa sja yang sudah berkembang di kalangan umat islam sejak dulu namun amalan lainnya pun seperti melaksanakan sholat sunnah nisfu sya'ban, membaca surat yasin dan berdoa suda menjadi kegiatan yang umum di kerjakan hingga memperbanyak shadaqah dan menyantuni fakir miskin serta masih banyak lagi yang lainnya.

Waktu Puasa Nisfu Sya'ban Berapa Hari Dan aturannya

Waktu Puasa Sya'ban

Yang sering menjadi duduk perkara dari kebanyakan umat islam yaitu belum mengetahui puasa sya'ban berapa hari kapan di laksanakannya?. sehabis kami mencari berita seputar ini terutama yang tercantum dari beberapa sumber keterangan bahwa puasa nisfu sya'ban ini boleh di lakukan mulai dari tanggal 1 bulan sya'ban hingga tanggal 15. Sedangkan dari tanggal 16 hingga akhir bulan di haramkan sebagaimana menurut pendapat kebanyak dari ulama madzhab syafi'i yang merujuk pada sebiah hadits riwayat al’Allaa’ Bin Abdur Rohman dari ayahnya dari abu hurairah ra “Bila bulan sya’ban telah menjadi separuh, janganlah kalian berpuasa” HR . Ashaab assunan disahihkan oleh Ibnu Hibbaan dan lainnya.

Namun katanya hukum haram tersebut menjadi tidak berlaku apabila ada ketentuan-ketantuan sebagai berikut :
- Puasa wajib, seperti puasa nadzar dan qodlo

- Puasa sunnah yang sudah menjadi kebiasaannya, seakan-akan puasa daud atau senin kamis... kebiasaan puasa ini mampu dianggap sebagai 1 kali pekerjaan.

-Puasa pada tanggal 15 maka ia boleh puasa tanggal 16, kalau tanggal 16 puasa maka ia boleh puasa tanggal 17, dst... tapi kalau ia tidak puasa tanggal 18 maka ia haram puasa tanggal 19, dan seterusnya.

wallahualam

Maka bila mencermati pembahasan di atas, maka puasa nisfu sya'ban ini mampu di ambil kesimpulan yaitu di kerjakan mulai dari tanggal 1 hingga 15 bulan sya'ban, untuk berapa hari di laksanakannya, mohon maaf kami belum menemukan sumbernya apakah itu 1 hari, 2 atau tiga hari atau hingga 15 hari.

Mhon maaf bila pembahasannya cukup singkat dan sekilas, tetapi mudah-mudahan bisa menjadi sebuah pengetahuan yang langsung dapat di amalkan oleh para pembaca semua, biar mampu lebih memperdalam tentang puasa ini silahkan pelajari semua yang bersangkutan dengan waktu puasa nisfu sya'ban berapa hari dan hukumnya 2019, keutamaan, pengertian, bulan, jatuh pada tanggal, sebelum, merupakan menurut sunnah dan lain sebagainya.

0 Response to "Waktu Puasa Nisfu Sya'ban Berapa Hari Dan Hukumnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel