-->

Lafadz Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a 9 -10 Muharram 2019

Lafadz Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a 9 -10 Muharram 2019 - Segala sesuatu yang pernah dicontohkan oleh nabi saw, yakin di dalamnya mempunyai manfaat besar bagi setiap umatnya seperti halnya puasa-puasa sunnah yang di kerjkan pada bulan tertentu misalnya muharram. Selain menjadi tahun barunya umat islam, muharram juga termasuk bulan yang di dalamnya pernah terjadi berbagai peristiwa penting serta menjadi suatu dikala yang baik untuk melaksanakan banyak sekali ibadah sunnah seperti asyura dan tasu'a.

Puasa asyura merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan pada tanggal 10 bulan muharram sedangkan tasu'a merupakan pada tanggal ke 9 nya, awal mula atau sejarah di mulainya puasa ini yaitu suatu ketika di mana rosul saw mendapati orang-orang yahudi sedang berpuasa pada blan muharram tanggal 10, semoga tidak menyamai mereka maka rosul pun memerintahkan puasa pada tanggal 9 atau 11 nya. Dalam tata Cara dari puasa ini sama seperti pada umumnya baik itu dalam pembatalannya atau syarat-syaratnya, perbedaannya hanya pada niatnya saja.

Besar sekali keutamaan dan fadhilah atau hikmah dari puasa asyura ini, yang mana hal tersebut akan di dapatkan oleh mereka yang mau menjalankan, seakan-akan contohnya akan menghapus dosa selama setahun yang kemudian, namun tentunya bukan dosa besar, hal ini sudah di jelaskan dalam sebuah hadist shahih. Maka dari itu mari kita sambut bulan muharram ini dengan banyak sekali amal kebaikan terutama pada tanggal sepuluhnya. Tidak hanya hingga di situ saja, puasa asyura juga termasuk yang paling Istimewa selain ramadhan, bila di ibaratkan seperti halnya shalat sunat malam.

Lafadz Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a 9 -10 Muharram 2019

Sementara puasa tanggal 9 muharram yaitu tasu'a menjadi pembeda antara puasa umat islam dan Kristen, mengingat pada tanggal tersebut pun kaum Kristen sama melaksanakannya sebagai mana dalam sebuah hadist dikatakan

فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ – إِنْ شَاءَ اللَّهُ – صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ

“Apabila datang tahun depan –insya Allah (jika Allah menghendaki)– kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas menyampaikan, Namun sebelum sampai pada tahun depan nabipun wafat.

Nah untuk anda yang ingin melaksanakannya, berikut ialah niat puasa asyura dan tasu'a lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya.

Niat Puasa Tasu'a Tanggal 9 Muharram

نويت الصوم في يوم تاسوعاء سنة لله تعالي

Nawaitu Shauma fi Yaumi Taasu’a Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Tasu’a, sunnah lantaran Allah ta’ala.

Niat Puasa Asyura Tanggal 10 Muharram

نويت الصوم في يوم عاشوراء سنة لله تعالي

Nawaitu Shauma fi Yaumi ‘Asyura Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Asyura, sunnah lantaran Allah ta’ala.

Niat ini tidak boleh tertinggal harus di bacakan, lantaran menjadi penentu antara syah atau tidaknya puasa tersebut, sementara untuk menghadirkannya cukup di dalam hati saja karena tempatnya niat di dalam hati, dan ini sepekat para ulam. Maka dari itu bagi anda yang lupa atau belum tahu dengan bacaan niat puasa asyura dan tasu'a tersebut silahkan hafalkan dengan sebaik mungkin serta pelajari juga apa yang berkaitan dengan lafadz niat puasa sunnah asyura dan tasu'a 9 -10 muharram 2019 kapan puasa asyura, jatuh pada tanggal, tanggal berapa, hukum, pahala, manfaat, ba'da asyura, , yaumul bidh dan yang lainnya.

0 Response to "Lafadz Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a 9 -10 Muharram 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel