-->

Pengertian, acuan dan hukum Idzhar Halqi Lengkap

Salah satu bahan yang selalu menjadi awal pembahasan Istilah aturan Dalam Ilmu Tajwid dan Bahasannya yaitu kajian wacana 5 aturan nun mati dan tanwin bertemu huruf hijaiyyah. Pada hukum inilah ada satu istilah aturan yang disebut dengan Idzhar Halqi. Idzhar Halqi bahkan menjadi awal aturan yang dibahas dalam bahan wacana aturan nun mati dan tanwin. kemudian bagaimana pengertian, referensi dan aturan Izhar Halqi itu?

Pengertian Idzhar Halqi


Secara pengertian, Idzhar yaitu terang atau terlihat. Ini berarti, bacaan Idzhar ialah bacaan yang memperlihatkan dengan terperinci makhraj-makhraj abjad yang ada dalam suatu lafadz. Kata Halqi sendiri mengacu pada karakter Halq yang menjadi pokok atau objek pembahasan dalam Idzhar Halqi, tentu saja selain nun mati dan tanwin.

Dari keterangan wacana idzhar, hasilnya sanggup ditarik kesimpulan bahwa membaca idzhar halqi ialah membunyikan suara nun mati dengan terang, terang. Dan pastinya, bunyi nun mati tersebut dikeluarkan tepat dari makhrajnya tanpa ada bunyi huruf lain yang mencampuri.

Dalam satu pendapat, memang, ada yang memberi aksesori, bacaan Idzhar yaitu bacaan yang tidak memperlihatkan bunyi ghunnah. Namun, mengetahui abjad nun mempunyai sifat bawaan ghunnah meskipun ghunnahnya hanya dibaca satu harokat, maka suplemen ini dirasa bertentangan. Selengkapnya, baca;  “Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Tutorial Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah

Hukum Idzhar Halqi


Hukum Idzhar Halqi terlaku untuk nun mati atau tanwin yang berhadapan pribadi dengan abjad-huruf yang keluar dari tenggorokan. huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan sendiri sering disebut dengan istilah huruf Halq. huruf-huruf Halq tersebut berjumlah enam. Keenamnya ialah karakter ء, هـ, ح, خ, ع, dan huruf غ.

Tingkat Idzhar Halqi


Ulasan pengertian, teladan dan aturan Izhar Halqi berikutnya ke soal tingkatan. Dalam Idzhar Halqi, terdapat juga tingkatan berpengaruh tidaknya bacaan Idzhar pada suatu lafadz. Tingkatan itu dilihat dari huruf Halq apa yang ada pada bacaan Idzhar tersebut, di mana letak makhroj huruf Halq tersebut. Semakin dasar makhroj abjad Halq tersebut, semakin berpengaruh juga bacaan Idzhar pada suatu lafadz. Ini tentu cukup simpel dipahami seolah-olah halnya memahami pengertian Idzhar Halqi.

Kembali pada tingkatan Idzhar Halqi, terdapat tiga tingkatan berpengaruh-tidaknya Idzhar. Satu, Idzhar yang paling berpengaruh. Tingkatan ini bila karakter Halq yang ada pada lafadz terkait yaitu huruf yang makhrojnya ada di pangkal tenggorokan. karakter tersebut ialah abjad hamzah dan huruf هـ.

Tingkatan di bawahnya, yang bunyi idzharnya berada di pertengahan, ialah jika karakter Halq itu mempunyai makroj di tengah tenggorokan. karakter-huruf itu yaitu karakter ع dan abjad ح. Sedang tingkatan terakhir yang bunyi idzharnya paling rendah ialah abjad yang makhrojnya ada di ujung tenggorokan. huruf-huruf tersebut yaitu huruf غ dan huruf خ.

Cara membaca Idzhar Halqi


Idzhar Halqi dibaca dengan bacaan terang. Tutorial membaca terang di sini maksudnya yaitu, suara nun mati terdengar lingkaran sesuai dengan makhroj di mana huruf tersebut keluar. Demikian juga dengan karakter Halq yang ada di depan nun mati. Sehingga, masing-masing karakter tersebut terang dan tidak menghipnotis bunyi huruf yang lain.

Idzhar sendiri, bergotong-royong disebabkan oleh jauhnya makhroj nun dengan makhroj karakter-huruf Halq. Makhroj yang jauh itu membuat karakter Nun dan huruf Halq sama sekali tidak bersinggungan. karena itu, suara nun mati dalam bacaan Idzhar Halqi ini menjadi amat terperinci.

Ini terlaku juga pada tanwin. sebab, secara pengertian tanwin ialah suara nun mati. Sehingga, dikala tanwin bertemu dengan huruf Halq, bunyi nun matinya terdengar amat jelas. Ini tentu berbeda dengan ketika aturan bacaan Idghom yang sama sekali tidak menunjukkan suara nun.

Contoh Idzhar Halqi


Contoh Idzhar Halqi yang sanggup Anda membantu Anda memahami keterangan di atas ialah lafadz يَنْئَوْنَ. Pada pola tersebut terdapat nun mati berhadapan langsung dengan Hamzah. contoh lain, yang memuat tanwin berhadapan dengan hamzah, mampu Anda cermati pada lafadz عَذَابٌ أَلِيمٌ.

Contoh berikutnya yang memuat nun mati dan karakter هـ ialah lafadz أَنْهَارٍ, sedang teladan yang memuat tanwin bertemu dengan هـ yaitu قَوْمٍ هَادٍ. Dalam teladan tersebut, terdapat kasrotain yang merupakan serpihan dari tanwin, berhadapan dengan huruf هـ. acuan berikutnya, yang memuat nun mati bertemu dengan karakter ح ialah lafadz يَنْحِتُوْنَ. Sedang untuk acuan tanwin yang bertemu dengan huruf ح ialah عَلِيْمٌ حَكِيْم.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, teladan dan hukum Izhar Halqi. Mungkin ada materi lain tentang Idzhar Halqi yang belum tercantum di sini, Anda mampu menambahkan sendiri untuk menyempurnakan. Selanjutnya, terima kasih dan selamat membaca Alquran. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

0 Response to "Pengertian, acuan dan hukum Idzhar Halqi Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel