-->

Mad Tamkin: Pengertian, Cara Baca, dan contohnya


Secara umum, hukum Mad di dalam Al-Quran dibagi menjadi dua, ialah Mad orisinil dan Mad Far’i. Mad orisinil adalah Mad yang lebih dikenal dengan Mad Thobi’i. Sedang Mad Far’i mempunyai pembagian lain yang lumayan banyak. Nah, di luar pembagian itu, terdapat jenis Mad yang disamakan dengan Mad Thobi’i dan bukan termasuk golongan Mad Far’i. Salah satu Mad tersebut yaitu Mad Tamkin.

Mad Tamkin

Mad Tamkin merupakan istilah untuk menyebut bacaan Mad yang terjadi lantaran adanya pertemuan dua buah huruf Ya’. Ya’ yang pertama memiliki harakat kasrah serta menyandang tasydid di atasnya. Sedangkan Ya’ yang kedua yaitu Ya’ Mati. Ya’ terakhir ini yang lebih dikenal dengan huruf Mad Thobi’i.

Pengertian Mad Tamkin

Pengertian mad tamkin diartikan sebagai Mad Thobi’i yang didahului oleh huruf hijaiyah Ya’ kasroh bertasydid. Namun tentu saja, karakter yang ada pada Mad Thobi’i tersebut yaitu karakter Ya’, bukan huruf Wawu atau pun Alif meskipun semua aksara tersebut sama-sama karakter Mad. Selengkapnya, baca; Huruf Mad orisinil dan tumpuannya

Cara Membaca Mad Tamkin

Ada empat macam jenis Mad yang disamakan dengan Mad Thobi’i. Satu, yaitu Mad Iwad. Dua, Mad Tamkin. Tiga, ialah mad layyin atau mad lin. Empat, yaitu Mad Silah. Keempatnya dibaca sesuai dengan panjang Mad Thobi’i lantaran mad-mad ini diilhakkan atau disamakan dengan Mad Thobi’i.

Lantas berapa panjang bacaan Mad Tamkin? Panjang bacaannya dua harakat. alasannya, Mad Thobi’i mempunyai panjang dua harakat. Dan lantaran diilhakkan pada Mad Thobi’i, maka panjang Mad Tamkin pun adalah dua harakat.

Hal lain yang perlu menjadi catatan yaitu, Mad Tamkin yang dibaca dua harakat ini adalah Mad Tamkin yang posisinya berada di tengah bacaan. Bukan di balasan bacaan atau waqaf. lantaran, bila diwaqafkan, aturan Mad yang terlaku bukan lagi Mad Tamkin, melainkan Mad ‘Arid Lissukun. Panjangnya pun bukan lagi dua harakat, tetapi lima harakat.

Contoh Mad Tamkin

Dibandingkan dengan bacaan Mad Thobi’i, jumlah Mad Tamkin di dalam Al-Quran jauh lebih sedikit. Hal ini disebabkan atas sedikitnya kosa kata di dalam Al-Quran yang mempunyai dua karakter Ya’ seperti yang disyaratkan dalam bacaan mad ini.

Imbasnya, mungkin Anda akan sedikit kesulitan mencari teladan Mad yang mempunyai panjang bacaan dua harakat ini. Perhatikan baik-baik tabel di bawah ini:

No
Lafadz
Penjelasan
1
النَّبِيِّيْن
Pada teladan tersebut, sebelum Ya’ Mati, terdapat Ya’ kasroh yang mempunyai tasydid.
2
حُيِّيْتُم
Sama dengan teladan pertama, pola ini memiliki Ya’ kasroh bertasydid sebelum Ya’ Mati.
3
الْأُمِّيِّينَ
Pada referensi ini pun, terdapat Ya’ Mati yang sebelumnya ialah Ya’ kasroh bertasydid.

Namun, perlu digarisbawahi, Mad Tamkin tersebut terlaku bila rujukan di atas dibaca washol, sedang posisi Mad Tamkin tidak berada di akhir waqaf. jikalau berada di tanggapan waqaf, maka Mad Tamkin harus dibaca panjang menjadi Mad Aridl Lissukun seakan-akan yang sudah dijelaskan di atas. Selengkapnya, baca; 22 pola Mad Tamkin dalam Al-Qur’an Beserta Surat dan Ayatnya

Demikianlah klarifikasi secara lengkap mengenai pengertian mad tamkin, Tutorial baca, dan acuannya. agar dengan adanya tulisan ini sanggup menyampaikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasiih, 

0 Response to "Mad Tamkin: Pengertian, Cara Baca, dan contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel