-->

Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah

Dalam kajian Ilmu Nahwu, Alif Lam disebut sebagai Al Ta’rif. Alif Lam ini hanya ada pada kata benda saja. Sedang dalam kajian Ilmu Tajwid, Alif Lam menjadi serpihan dari materi karena mempunyai dua Tutorial baca berbeda saat berhadapan dengan huruf Hijaiyah. Dua Cara itu lantas memunculkan pembahasan tentang aturan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah.

Hukum Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah


Hukum bacaan yang dipergunakan dalam bahasan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah ini dipergunakan dalam ilmu tajwid sebagai salah satu langkah biar seseorang dapat mengetahui Cara Membaca aksara Hijaiyah yang Benar.

Alif Lam Syamsiyah


Pengertian Alif Lam Syamsiyah merupakan sebutan untuk Alif Lam yang berhadapan dengan 14 huruf selain alif dan karakter yang digandeng oleh Alif Lam Qomariyah. kalau begitu, karakter apa saja yang digandeng oleh Alif Lam Syamsiyah? Secara berurutan abjad-huruf itu yaitu karakter ط, ث, ص, ر, ت, ض, ذ, ن, د, س, ظ, ز, ش, ل.

Lalu bagaimana Cara membacanya? Cara membaca Alif Lam Syamsiyah ialah dengan dibaca Idghom. Itu artinya, suara lam tidak terdengar, digantikan oleh bunyi karakter yang ada sehabis Alif Lam Syamsiyah yang terdengar seperti didobel. huruf lam mati pada Alif Lam Syamsiyah seolah hilang dan berganti menjadi aksara seperti karakter yang ada sehabisnya.

Karena Tutorial membaca semacam inilah, setiap huruf sesudah Alif Lam Syamsiyah banyak yang ditulis dengan menambahkan tasydid di atasnya. Ini sebagai penanda bahwa Tutorial membaca Alif Lam Syamsiyah dengan Cara yang sudah disebutkan di paragraf sebelum ini. 

Contoh Alif Lam Syamsiyah seolah-olah yang bisa dilihat pada Surat Al Baqarah ayat 93 ialah وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ الطُّور. Pada kata الطُّور terdapat Alif Lam Syamsiyah yang berhadapan dengan abjad ط. contoh lain adalah مِنْ كُلِّ الثَّمَرَات dari Surat Al Baqarah ayat 266. Pada kata الثَّمَرَات Anda bisa melihat Alif Lam Syamsiyah bertemu dengan abjad ث.

Contoh lain mampu dilihat pada Surat Al Fatihah ayat 6 dan ayat 3. Terdapat Alif Lam Syamsiyah berhadapan dengan huruf ص pada kata الصِّرَاط dan dengan karakter ر pada kata الرَّحْمَن. teladan lain lagi, Anda mampu temukan pada Surat Al Baqarah ayat 54. Terdapat kata التَّوَّاب yang memuat Alif Lam Syamsiyah berhadapan dengan aksara ت.

Alif Lam Qomariyah


Pembahasan aturan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah, berlanjut pada pembahasan ihwal Alif Lam Qomariyah. lalu apakah Alif Lam Qomariyah itu? Bagaimana pula Cara membacanya? Berikut keterangan yang mampu Anda simak.

Pengertian Alif Lam Qomariyah ialah sebutan Alif Lam ketika berhadapan dengan 14 karakter yang terangkum dalam kalimat أَبْغِ حَجِّكَ وَخَفْ عَقِيْمَهْ. Cara membaca Alif Lam Qomariyah ini adalah dengan membaca Idzhar, dibaca terang. bunyi lam matinya jelas dan sama sekali berpisah dengan aksara di depan Alif Lam Qomariyah itu.

Contoh Alif Lam Qomariyah bisa Anda lihat pada Surat Al Baqarah ayat 8. Terdapat kalimat وَبِالْيَوْمِ الْآَخِرِ pada ayat tersebut. Anda bisa mencermatinya, Alif Lam yang terdapat pada kata الْآَخِرِ itu yaitu Alif Lam Qomariyah. Apa penyebabnya? lantaran di depan Alif Lam Qomariyah tersebut yaitu aksara Hamzah.

Lalu bagaimana Tutorial membaca Alif Lam pada contoh di atas? Tutorial membacanya dengan dibaca Idzhar, yaitu suara lam matinya terdengar terperinci dan berpisah dengan suara karakter Hamzah. Tidak ada dengung dan bunyinya mampu dilempar tetapi dihentikan terjadi pantulan.

Contoh Alif Lam Qomariyah berhadapan dengan aksara ب ialah kalimat يَكَادُ الْبَرْق yang ada pada Surat Al Baqarah di ayat ke-20. Pada ayat tersebut terdapat kata الْبَرْق yang memuat Alif Lam berhadapan dengan abjad ب. pola lainnya bisa Anda temui pada kata بِالْغَيْب yang ada dalam Surat Al Baqarah ayat 3. Terdapat Alif Lam berhadapan dengan abjad غ di sana.

Contoh lainnya mampu dilihat pada Surat Al Fatihah ayat 2. Terdapat kata الْحَمْد yang menyimpan Alif Lam berhadapan dengan huruf ح. acuan lain lagi yaitu kata الْجَنَّة yang mampu dilihat pada Surat Al Baqarah ayat 35. Terdapat Alif Lam Qomariyah berhadapan dengan aksara ج di sana. acuan Alif Lam Qomariyah yang berhadapan dengan 9 aksara lainnya bisa Anda cari sendiri di dalam Quran.

Demikianlah artikel tentang hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah yang bisa dengan sangat praktis Anda pelajari. Syaratnya, Anda hanya perlu tekun untuk meneliti dan memperhatikan setiap bacaan yang Anda temui di dalam Alquran. Selamat berguru.

0 Response to "Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel