SUMBER ajaran SYIAH
Sebagaimana Ahlussunah mempunyai kitab hadits yang berasal dari Nabi,maka sebagai mazhab, syiah harus memiliki kitab-kitab yang berisi sabda para imam ahlulbait, mereka yang wajib diikuti bagi penganut syiah.
Lalu mengapa syiah mengemukakan dalil dari kitab kitab hadits sunni seperti shahih Bukhari dan Muslim? Mereka menggunakan hadits-hadits itu dalam rangka mendebat ahlussunah,
bukan lantaran beriman pada isi hadits itu. lalu apa saja acuan syiah Imamiyah?
Syiah Imamiyah menganggap sabda 12 imam ahlulbait sebagai ajaran yang wajib diikuti, ini sesuai dengan fatwa mereka yang menganggap 12 imam ahlulbait sebagai penerus risalah Nabi. Sabda-sabda tersebut tercantum dalam kitab-kitab syiah, namun sayangnya kitab-kitab itu tidak begitu dikenal atau tepatnya sengaja tidak disebarluaskan oleh penganut syiah di Nusantara. Insya Allah kami akan memudahkan pembaca untuk mendownload sebagian kitab tumpuan mereka yang memuat sabda-sabda para imam ahlulbait. Tapi pembaca niscaya ingin tau untuk membaca sabda ahlulbait, lantaran salah satu murid Imam Ja’far As Shadiq yang berjulukan Zurarah menyampaikan dalam sebuah riwayat dari Al Kisyi yang meriwayatkan dalam bukunya Rijalul Kisyi dengan sanadnya dari Muhammad bin Ziyad bin Abi Umair dari Ali bin Atiyyah bahwa Zurarah berkata: kalau aku
menceritakan seluruh yang kudengar dari bubuk Abdillah (Ja’far Asshadiq) maka laki-laki yang mendengar perkataan Imam Ja’far niscaya akan bangun kemaluannya. Rijalul Kisyi hal 134 (kira-kira kisah apa yang dibawa oleh Imam Ja’far sehingga membuat kemaluan bangun?) Sedangkan umat syiah mengatakan bahwa para imam mendapat ajaran
dari imam sebelumnya yang mendapatkan pedoman dari Nabi. Juga umat syiah mengajarkan bahwa pedoman para imam harus diikuti. Tapi ternyata imam yang satu ini suka mengajarkan kisah-cerita yang menciptakan kemaluan bangun. Jangan-jangan anutan di atas sudah disensor. kemudian bagaimana aturan menyensor pemikiran ahlulbait yang wajib diikuti?
Literatur syiah yang beliaunggap sebagai literatur utama yang memuat riwayat sabda ahlulbait ada 8 kitab utama, ulama mereka menyebutnya dengan sebutan “al jawami’ ats tsamaniah” (kitab kumpulan yang delapan) ini sesuai dengan yang tercantum dalam kitab Muftahul Kutub Al Arba’ah jilid 1 hal 5 dan A’yanus Syiah jilid 1 hal 288. Dalam makalahnya yang berjudul metode Mudah untuk pendekatan sunnah syiah (dimuat dalam perkara Risalatus Islam, juga dimuat bersama makalah lain yang iambil dari majalah yang sama dengan judul “persatuan islam” hal 233, Muhammad Shaleh Al Ha’iri menyampaikan: kitab shahih imamiyah ada delapan, empat di antaranya di tulis oleh tiga orang yang bernama Muhammad yang hidup terdahulu, tiga lagi ditulis oleh tiga orang yang berjulukan Muhammad yang hidup setelah tiga yang pertama, yang kedelapan ditulis oleh Al Husein Nuri Thabrasi.
Kitab pertama dan yang tershahih di antara delapan kitab di atas ialah Al Kafi. Ini seakan-akan disebutkan dalam kitab Adz Dzari’ah jilid 17 hal 245, Mustadrak Al Wasa’il jilid 3 ha 432, Wasa’il Asy Syi’ah jilid 20 hal 71. kitab-kitab di atas menyebutkan bahwa kitab Al Kafi ialah kitab yang tershahih dari empat kitab utama mereka, karena kitab Al Kafi ditulis pada era Ghaibah Sughra, yang mana ketika itu masih mungkin untuk mengecek validitas riwayat yang ada dalam kitab itu. karena pada era ghaibah sughra imam mahdi masih dapat dihubungi melalui “duta yang empat” yang mampu berhubungan dengan imam
mahdi dan menerima seperlima potongan dari harta syiah. Jumlah riwayat kitab Al Kafi ada 16099, seakan-akan diterangkan dalam kitab A’yanus Syi’ah jilid 1 hal 280. Kitab Al Kafi dijelaskan oleh para Ulama Syi’ah, di antaranya yaitu Al Majlisi –penulis Biharul Anwar- yang menulis penjelasan kitab Al Kafi dan diberi judul Mir’aatul Uquul. Dalam kitabnya itu Majlisi juga menilai validitas hadits Al Kafi, di antara hadits yang dianggapnya shahih adalah hadits yang menandakan bahwa Al Qur’an telah diubah. Berikut terjemahan nukilan dari Mir’atul Uqul: bubuk Abdillah berkata: “Al Qur’an yang diturunkan Jibril kepada Muhammad ialah 17 ribu ayat”. Al Kafi jilid 2 hal 463. Muhammad Baqir Al Majlisi berkata bahwa riwayat ini ialah muwathaqah. Lihat di Mir’atul Uqul jilid 2 hal 525.Begitu juga ada kitab lain yang berisi klarifikasi riwayat Al Kafi yaitu, Syarh Jami’ yang ditulis oleh Al Mazindarani begitu juga terdapat kitab yang berjudul As Syafi fi Syarhi Ushulil Kafi, ada lagi kitab yang judulnya At Ta’liqah Ala Kitabil Kafi yang ditulis oleh Muhammad
Baqir Al Husaini, tapi hanya menjelaskan sampai Kitabul Hujjah saja. Ada lagi kitab Al Hasyiyah Ala Ushulil Kafi karangan Rafi’uddin Muhammad bin Haidar An Na’ini, juga Badruddin bin Ahmad Al Husaini Al Amili.
Kitab kedua ialah Man la Yahdhuruhul Faqih yang ditulis oleh Muhammad bin babawaih Al Qummi, yang juga dikenal dengan sebutan As Shaduq, keterangan mengenai kitab ini adapat dilihat dalam kitab Raudhatul Jannat jilid 6 hal 230-237, A’yanus Syi’ah jilid 1 hal 280, juga dalam Muqaddimah kitab Man La Yahdhuruhul Faqih, kitab ini memuat 176 bab, yang pertama ialah bagian Thaharah dan ditutup dengan bagian Nawadir. Kitab ini memuat 9044 riwayat. Disebutkan dalam pengantar bahwa penulisnya sengaja menghapus
sanad dari setiap riwayat biar tidak terlalu memperbanyak isi kitab, juga disebutkan bahwa penulisnya mengambil riwayat untuk ditulis dalam buku ini dari kitab-kitab yang populer dan dapat mengemban amanah, penulis hanya mencantumkan riwayat yang diyakini validitasnya.
Kitab Tahdzibul Ahkam, keterangan mengenai kitab ini mampu ditemui dalam kitab mustadrakul wasa’il jilid 4 hal 719, kitab adzari’ah jilid 4 hal 504, juga dalam pengantar tahdzibul ahkam sendiri. Kitab ini ditulis untuk memecahkan kontradiksi yang terjadi pada aneka macam riwayat syiah, kitab ini berisi 393 bagian. Mengenai jumlah haditsnya akan kita bahas kemudian.
Kitab Al Istibshar, yang terdiri dari tiga jilid, dua jilid memuat bab ibadah, sementara pembahasan fiqih lainnya dicantumkan pada jilid ketiga. Kitab ini memuat 393 bab, dalam kitabnya ini penulis hanya mencantumkan 5511 hadits dan menyampaikan: saya membatasinya supaya tidak terjadi perhiasan maupun pengurangan. Sementara dalam kitab Adz Dzari’ah ila Tashanifisy Syi’ah disebutkan bahwa jumlah haditsnya ada 6531, berbeda dengan penuturan penulisnya sendiri. Silahkan dirujuk ke Ad Dzari’ah jilid 2 hal 14, A’yanus Syi’ah jilid 1 hal 280, pengantar Al Istibshar, tulisan Hasan Al Khurasan. Kedua kitab di atas – Tahdzibul Ahkam dan Al Istibshar- ialah karya ulama tersohor syiah yang bergelar “ Syaikhut Tha’ifah” yaitu Abu Ja’far Muhammad bin Hasan At Thusi (wafat 360 H). Al Faidh Al Kasyani dalam Al Wafi jilid 1 hal 11 menyampaikan: seluruh hukum syar’i hari ini berporos pada empat kitab pokok, yang seluruh riwayat yang ada di dalamnya dianggap shahih oleh penulisnya. Agho Barzak Tahrani – salah satu mujtahid syiah masa sekarang mengatakan dalam kitab Adz Dzari’ah jilid 2 hal 14 : empat kitab ditambah dengan kitab kumpulan hadits ialah dasar bagi aturan syar’i hingga saat ini.
Pada era 11 Hijriah para ulama syiah menyusun beberapa kitab, empat di antaranya disebut oleh ulama syiah hari ini dengan : Al Majami’ Al Arba’ah Al Mutaakhirah” (empat kitab kumpulan hadits belakangan); empat kitab itu yaitu:
Al Wafi yang disusun oleh Muhamad bin Murtadha yang dikenal dengan julukan Mulla Muhsin Al Faidh Al Kasyani –wafat tahun 1091 H– terdiri dari tiga jilid tebal, dicetak di Iran, memuat 273 bagian. Muhammad Bahrul Ulum menyampaikan bahwa kitab Al Wafi memuat 50 000 hadits (lihat footnoote kitab Lu’lu’atul Bahrain hal 122) sementara Muhsin Al Amin menyampaikan bahwa Al Wafi memuat 44244 hadits, mampu dilihat dalam A’yanus Syi’ah.
Kitab Biharul Anwar Al Jami’ah Li Durar Akhbar Aimmatil At-har karya Muhammad Baqir Al Majlisi –wafat tahun 1110 atau 1111 H-. Ulama syiah menyatakan bahwa Biharul Anwar yaitu kitab terbesar yang memuat hadits dari kitab-kitab tumpuan syiah, mampu dilihat keterangan mengenai kitab ini dalam Adz Dzari’ah jilid 3 hal 27, juga
A’yanus Syi’ah jilid 1 hal 293.
Kitab wasa’ilus syi’ah ila tahsil masa’ilisy syari’ah yang disusun oleh Muhammad bin Hasan Al Hurr Al Amili, yang ianggap sebagai kitab terlengkap yang memuat hadits aturan fiqih bagi syiah imamiyah. Dalam kitab ini terkumpul riwayat dari kitab empat utama dan ditambah dengan riwayat lain dari kitab-kitab lain yang beliaunggap sebagai referensi, yang konon jumlahnya mencapai tujuh puluh kitab seakan-akan dikatakan oleh penulis kitab Adz Dzari’ah. Tetapi Syirazi dalam pengantar kitab wasa’il menyebutkan jumlah kitab yang menjadi referensi yaitu 180 kitab lebih, Al Hurr Al Amili menyebutkan judul judul kitab yang menjadi acuannya yang berjumlah lebih dari delapan puluh kitab, ia juga menyebutkan bahwa dia mengambil acuan dari kitab kitab selain yang telah disebutkan, tetapi ia merujuknya dengan perantaraan nukilan kitab lain. Silahkan merujuk pada Muqaddimatul Wasa’il yang situlis oleh Asyirazi, begitu juga A’yanus Syi’ah jilid 1 hal 292-293, Adz Dzari’ah jilid 4 hal 352-353, Wasa’ilusy Syi’ah jilid 1 hal 408, jilid 20 hal 36-49.
Kitab mustadrakul wasa’il wa mustanbtul masa’il yang disusun oleh Husein Nuri Thabrasi –wafat 1320 H-. Agho Barzak Tahrani mengatakan: kitab mustadrak wasa’il menjadi seakan-akan kitab kumpulan hadits lainnya yang harus ditelaah dan dijadikan referensi oleh para mujtahid dalam menetapkan aturan syareat, kebanyakan ulama kami saat ini tunduk mengikuti kitab itu. Lihat kitab Adz Dzari’ah jilid 2 hal 110-111. kemudian Agho Barzak memperkuat pernyataannya dengan nukilan dari ulama-ulama syiah yang mengakibatkan kitab mustadrak wasa’il sebagai rujukan utama mereka. Adz Dzari’ah jilid 2 hal 111.
Fashlul Khitab fi Itsbati Tahriifi Kitaabi Rabbil Arbab – pemutus perkara, penyusun kitab ini berjulukan Nuri Thabrasi, pembuktian bahwa kitab tuhan telah dirubah-, kitab itu menyebutkan dalil-dalil yang memperkuat pendapat bahwa Al Qur’an yang ada hari ini telah diselewengkan dan diubah oleh “tangan-tangan kotor”. Dalam muqaddimah mustadrakul wasa’il, Agha Barzak Tahrani menyampaikan : dia ialah salah seorang imam andal hadits dan rijalul hadits di masa ini, termasuk jajaran ulama besar syiah dan ulama besar islam di abad ini. Bagaimana orang yang tidak beriman pada Al Qur’an menjadi ulama besar syiah? Pada pengantar mustadrak wasa’il, Agha Barzak Thrani menyampaikan bahwa salah satu karya Husein Nuri Thabrasi adalah kitab Fashlul Khitab. Kita patut meragukan apakah sumber mereka masih orisinil atau sudah dipermak sana sini. Dengan mengetahui validitas sumber sebuah anutan, kita bisa menilai validitas anutan tersebut. Ada beberapa kitab yang dianggap oleh syiah sejajar dengan kitab empat di atas, artinya derajat validitas riwayatnya tidak berbeda, sehingga kitab itu berisi dalil-dalil yang valid untuk penyimpulan hukum syareat menurut syiah imamiyah. Hal ini seperti disebutkan oleh Al Majlisi pada pengantar Biharul Anwar –bisa dilihat pada jilid 1 hal 26-: kitab-kitab karya Ash Shaduq –selain lima kitab- sama terkenalnya dengan kitab empat. Majlisi meneruskan begitu; juga kitab Basha’ir Darajat termasuk literatur pokok yang juga dijadikan acuan oleh Kulaini dan lainnya. mampu dilihat di halaman yang sama, Majlisi juga menyebutkan kitab-kitab lain yang sederajat dengan kitab empat. Pendapat yang sama juga dinyatakan oleh Al Hurr Al Amili dalam kitab Wasa’il Syi’ah jilid 20. juga dalam pengantar setiap kitab disebutkan bahwa kitab itu sama validnya dengan kitab yang empat.
Nampaknya yang disebut adalah dua kitab itu, yaitu kitab-kitab As Shaduq dan Bashair Darajat lantaran kitab-kitab itu yaitu kitab-kitab besar kumpulan hadits, atau mampu Jadi juga untuk menyaingi mazhab ahlussunnah dan untuk sekedar promosi. Nampak hal itu terang ketika kita melihat kitab Al Wafi dimasukkan ke delapan kitab acuan utama, dan kitab itu beliaunggap sebagai kitab tersendiri, padahal isi kitab Al Wafi hanyalah kumpulan dari empat kitab utama (Al Kafi, Tahdzib, Al Istibshar dan Man La Yahdhuruhul Faqih), mengapa ianggap sebagai kitab baru, padahal isinya hanyalah pengulangan dari empat kitab yang terdahulu. Ini semua dalam rangka membuat image bahwa syiah mempunyai banyak acuan, padahal isinya itu-itu juga, pengulangan dari empat kitab acuan. Begitu juga kitab AL Istibshar beliaunggap sebagai kitab tersendiri, padahal kitab Al Istibshar hanyalah ringkasan dari kitab Tahdzibul Ahkam, seolah-olah dijelaskan oleh Thusi sendiri pada pengantar kitab Al Istibshar – jilid 1 hal 2-3- begitu juga siapa saja yang menelaah kedua kitab itu akan terang mendapati bahwa kitab Al Istibshar hanyalah ringkasan dari kitab Tahdzibul Ahkam.
Semua ini jelas dalam rangka promosi mazhab. Begitu juga anda akan menemukan bahwa kitab Biharul Anwar karya asli penulisnya hanya sebanyak 25 jilid, lalu lantaran jilid ke 25 nampak terlalu besar maka dipisah menjadi 2 jilid, jadinya jumlah keseluruhan kitab Biharul Anwar hanyalah 26 jilid. bisa dilihat hal ini dalam kitab Dzari’ah jilid 3 hal 27. Tetapi kitab Biharul Anwar hari ini berjumlah 110 jilid, dimulai dari jilid 0, supaya nampak intelek. Pembaca yang “intelek” akan bertanya-tanya wacana asal pelengkap kitab Biharul Anwar dari jilid 27 sampe jilid 110, hasil karya Majlisi sendiri –yang menulis 26 jilid- atau ada tangan-tangan lain yang menambah supaya nampak tebal?
Syiah memang senang sekali dengan yang demikian, biasanya ada sekelompok orang yang digaji khusus oleh hauzah ilmiyah untuk menulis sebuah buku, lalu buku itu dibuat seolah ditulis oleh satu orang, seakan orang itu menulis buku yang besar yang sangat sulit untuk ditulis oleh sendirian, seperti bisa kita perhatikan kitab Al Ghadir – yang konon ditulis oleh seorang berjulukan Abdul Husein Al Amini-, selain itu syiah juga gemar mengaku-aku, bahwa syiah adalah pionir dalam semua cabang ilmu, padahal pengetahuan mereka hanyalah
mengambil dari kitab-kitab Ahlussunnah, mereka memiliki pendapat pendapat aneh yang membongkar kebohongan mereka.
Dalam kitab A’yanus Syi’ah aneka macam ulama ahlussunnah yang beliaunggap sebagai syiah imamiyah hanya lantaran mereka mempunyai sedikit kecondongan kepada Ali, padahal hal demikian itu tidak sampai membuat mereka masuk menjadi syiah rafidhah, lantaran kecintaan ahlussunnah pada ahlulbait yaitu kecintaan sejati, lebih dari kecintaan syiah rafidhah pada ahlulbait. Isi kitab-kitab utama syiah hanyalah maslah fiqih, kecuali dua jilid
pertama dari kitab Al Kafi memuat tentang doktrin syiah. kalau kita perhatikan, isi kitab fiqih mereka menyerupai dengan fiqih ahlussunnah, membuat kita makin percaya dengan keterangan para ulama yang menyebutkan bahwa ulama syiah banyak yang mencontek kitab
ahlusunnah, di antaranya ialah Ibnu Taimiyah dalam Minhajussunnah jilid 3 hal 264. Syiah memiliki pendapat-pendapat ajaib dalam fiqih, yang berbeda dengan ulama ahlusunah, pendapat pendapat itu kadang begitu abnormal dan tak terbayangkan bahwa pendapat-pendapat itu perlu ditulis dalam kitab tersendiri. Asy Syarif Al Murtadha mengumpulkan pendapat-pendapat syiah yang berbeda dengan ulama ahlussunah dalam kitabnya Al Intishar. Sebagai selingan, tidak ada salahnya bila kita menyimak sedikit pendapat-pendapat yang hanya dimiliki oleh syiah dari kitab Al Intishar:
- Keluar Madhi dan Wady tidak membatalkan wudhu – hal 119
- Wajib mengucapkan Hayya Ala Khairil Amal dalam adzan – hal 137
- Wajib aturannya shalat gerhana matahari maupun bulan, siapa yang ketinggalan harus mengqadha’ – hal 173
- Barangsiapa berpuasa ramadhan dalam keadaan musafir maka harus membayar puasanya – hal 190 –kasihan sungguh-
- Orang sakit yang memaksakan diri berpuasa di bulan Ramadhan – padahal beliau dibolehkan untuk tidak berpuasa- maka puasanya tidak sah dan tetap harus mengqadha’ – hal 192
- Jika menemukan bangkai ikan di tepi sungai, sedangkan dia tidak tahu apakah ikan tersebut mati atau disembelih, maka dicelupkan di air, kalau ikan tersebut mengambang di atas dadanya maka ikan itu disembelih, jikalau mengambang di atas punggungnya maka ikan itu mati dengan sendirinya tanpa disembelih – hal 402 [dimana letak perbedaan antara punggung dan dada ikan?]
- Sembelihan hebat kitab haram dimakan – hal 403
- Haram memakan kuliner buatan orang kafir – hal 409
Ibnu Aqil Al Hanbali menukil pendapat-pendapat itu dan dia pun merasa heran, goresan pena Ibnu Aqil dinukil juga oleh Ibnul Jauzi dalam kitab Al Muntazham –jilid 8 hal 120- juga Ibnul Jauzi menuliskan dalam Al Maudhu’at: Rafidhah telah membuat kitab fiqih yang mereka sebut
sebagai mazhab imamiyah, di dalamnya memuat pendapat yang menyimpang dari ijma’ kaum muslimin tanpa dalil apa pun. Lihat Al Maudhu’at jilid 1 hal 338.
Sementara bahasan lain yang terdapat dalam Al Kafi dan Biharul Anwar adalah wacana tauhid, al adl , imamah.. kebanyakan berisi keyakinan mereka perihal imamah dan para imam yang dua belas, tentang penunjukan mereka dari Allah, sifat-sifat para imam, kisah hidup mereka dan keutamaan berziarah ke kubur mereka. Begitu juga membahas wacana musuh para imam, terutama para teman Nabi SAW, jikalau kita perhatikan, mayoritas bahasan adalah tentang imamah dan para imam. Pembaca yang menelaah kitab hadits syiah akan mendapati jurang perbedaan antara kitab hadits syiah dan kitab hadits ahlussunnah, begitu juga perbedaan yang ada para riwayat ahlussunnah dan syiah
imamiyah. Kitab sunnah yang meriwayatkan hadits, hanyalah meriwayatkan hadits Nabi, dan hanya hadits Nabi-lah yang disebut dengan hadits. Sedangkan kitab hadits syiah dominan memuat riwayat dari salah satu dari dua belas imam mereka, selain itu mereka juga berkeyakinan bahwa riwayat yang berasal dari imam sama dengan riwayat yang berasal dari Nabi, artinya sabda imam sama seolah-olah sabda Nabi.
Jika kita perhatikan kitab hadits syiah, kita akan menemukan bahwa hadits yang berasal dari Nabi sangatlah sedikit, sedangkan mayoritas riwayat Al Kafi yaitu dari Ja’far Ash Shadiq, sangat jarang sekali yang berasal dari ayahnya Muhammad Al Baqir, apalagi yang berasal dari Amirul Mukminin Ali, jumlahnya lebih sedikit, begitu juga yang berasal dari Nabi SAAW, jauh lebih sedikit Begitu juga kita perhatikan, empat kitab utama syiah disusun pada
abad ke sebelas Hijriyah, dan sesudahnya, yang terakhir ditulis oleh Husein Nuri Thabrasi, -judulnya Mustadrakul Wasa’il- yang wafat tahun 1320 H –hidup sejaman dengan syaikh Muhammad Abduh- Kitab itu memuat 23000 hadits dari para imam syiah [lihat Ad Dzari’ah
jilid 7 hal 21] yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Kitab itu ditulis ratusan tahun sehabis wafatnya para imam, kalau memang benar kitab itu berisi riwayat bersanad dari para imam bagaimana orang bakir mampu percaya pada riwayat yang belum pernah ditulis semenjak 11 kurun atau 13 masa kemudian ? bila memang riwayat itu tertulis dalam kitab, mengapa kitab itu baru ditemukan di era 14 Hijriah? Sebagian penulis kitab syiah menyatakan bahwa merka menemukan buku yang belum pernah ditemukan sebelumnya, Al Majlisi mengatakan: Alhamdulillah, di depan kami terkumpul sebanyak 200 judul buku, seluruh isinya telah kunukil dalam Biharul Anwar, [lihat I’tiqadat Al Majlisi hal. 24, lihat juga Al Fikr Asy Syi’I hal. 61] sementara Al Hurr Al Amili menyatakan bahwa dirinya mempunyai delapan puluh kitab selain empat kitab referensi mereka, isi kitab-kitab itu dituliskan dalam Wasa’ilusy Syi’ah [lihat Wasa’ilusy Syi’ah jilid 1, pengantar. Juga lihat Adz Dzari’ah jilid 4 hal 352-353].
Begitu juga Nuri Thabrasi ikutan mengklaim bahwa dirinya menemukan kitab-kitab yang belum pernah ditulis sebelumnya walaupun dirinya hidup di periode 14 Hijriyah, Agho Barzak Tahrani menyampaikan: hal yang mendorong Husein Nuri Thabrasi untuk menulis mustadrak Al Wasa’il adalah karena Thabrasi menemukan kitab-kitab penting yang belum pernah ditulis dalam kitab-kitab kumpulan hadits syiah sebelumnya [lihat Ad Dzari’ah jilid 21 hal 7].
Ulama syiah menganggap hadits-hadits gres hasil inovasi Nuri Thabrasi yang dituliskan dalam Mustadrak Al Wasa’il sebagai hadits-hadits yang sangat penting dan dibutuhkan, tidak bisa ditinggalkan, ulama syiah yang bernama Al Khurasani –seperti dinukil dalam Adz Dzari’ah menyampaikan: setiap mujtahid dihentikan berijtihad sebelum merujuk ke kitab Mustadrak Al Wasa’il dan menelaah hadits-hadits yang termuat di dalamnya, [lihat Ad Dzari’ah jilid 2 hal 111], apakah ini berarti sebelum adanya kitab Mustadrak Al Wasa’il ucapan ulama mereka tidak mampu dijadikan pegangan? Silahkan anda merasa heran,
barangkali masih ada lagi hadits yang gres ditemukan.
Riwayat-riwayat itu tidak ditemukan di literatur kuno syiah, mengapa demikian? Mengapa Kulaini tidak meriwayatkannya padahal beliau dapat menghubungi empat “dubes” imam Mahdi?Kulaini memberi judul kitabnya dengan Al Kafi lantaran dianggapnya cukup bagi syiah, bahkan kitab Al Kafi telah ditunjukkan kepada imam Mahdi –yang bersembunyi hingga hari ini- melalui “duta besar ”, kemudian Imam Mahdi memberikan komentar: kitab ini cukup bagi syiah kami, begitu juga At Thusi menyatakan, bahwa dirinya mengumpulkan haditshadits
syiah yang berkaitan dengan fiqih dari kitab-kitab literatur inti syiah, dalam kitabnya Tahdzibul Ahkam, tidak ada yang terlewatkan kecuali hanya sedikit saja [lihat Al Istibshar jilid 1 hal 2].
Apakah kitab-kitab ini ditulis pada era dinasti shafavid di iran kemudian ditulis atas nama para ulama klasik syiah? mampu Makara, dan sangat mungkin. Bahkan empat kitab syiah yang utama [Al Kafi, Tahdzibul Ahkam, Al Istibshar dan Man La Yahdhuruhul Faqih] tidak luput dari pemanis dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Salah satu buktinya, mampu
dilihat dalam kitab Ad Dzari’ah –jiild 4 hal 504- dan A’yanus Syi’ah – jilid 1 hal 288- juga keterangan ulama syiah hari ini, bahwa jumlah hadits Tahdzibul Ahkam ialah 13950 hadits, tetapi penulisnya sendiri menyatakan dalam kitab Iddatul Ushul [jilid 1 hal 139 ,cetakan sitarah- Qum] bahwa jumlah hadits Tahdzibul Ahkam hanya 5000 lebih, artinya
tidak mencapai jumlah 6000. bisa dilihat dalam kitab Al Imam As Shadiq hal 485. Ternyata jumlah hadits Tahdzibul Ahkam bertambah lebih dari dua kali lipat, inilah bukti konkret yang ada di depan mata. Begitu juga ulama syiah masih berbeda pendapat, apakah kitab Raudhatul Kafi –kitab Al Kafi jilid 8- termasuk dalam kitab Al Kafi yang ditulis oleh Kulaini,
ataukah merupakan pemanis yang ditulis sesudah kitab Al Kafi, bisa dilihat dalam kitab Raudhatul Jannat jilid 6hal 176-188, seolah-olah penambahan dalam kitab adalah hal biasa dan sangat mungkin terjadi..
Yang lebih berbahaya, seorang ulama syiah terkemuka yang berjulukan Husein bin Haidar Al Karki Al Amili [wafat th 1076 H] menyampaikan: kitab Al kafi berjumlah lima puluh jilid, memuat riwayat dengan sanad yang bersambung pada para imam [Raudhatul Jannat jilid 6 hal 114], sementara Thusi [wafat 360 h] mengatakan bahwa kitab Al Kafi berjumlah 30 jilid,…. [lihat Al Fahrasat hal 161].
Apakah kitab Al Kafi mengalami penambahan selama kurun waktu antara periode ke lima dan sebelas hijiriyah? komplemennya pun bukan sedikit, tapi 20 jilid, padahal setiap jilid terdiri dari banyak bagian yang memuat banyak hadits. Mungkin hal ini tidak menjadi masalah bagi
syiah, bila mereka berani memalsu riwayat dari Nabi SAW dan Ahlulbait, mestinya memalsu buku dari gurunya bukanlah hal susah, bukti dalam hal ini sangat banyak, yang kami paparkan sudah cukup bagi mereka yang mau menggunakan akalnya yang masih sehat.
Kita tanyakan lagi pada penganut syiah, mana sumber anutan agama kalian? Kalian banyak menggunakan nalar dan mantiq lantaran miskin dalil naqli, apalagi sesudah tahu bahwa kitab literatur kalian terbukti masih harus diragukan lagi validitasnya.
0 Response to "SUMBER ajaran SYIAH"
Post a Comment